Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Suka Mengalami Gangguan Tidur, Berikut Tips untuk Mengatasi Insomnia pada Remaja

Suka Mengalami Gangguan Tidur, Berikut Tips untuk Mengatasi Insomnia pada Remaja. Susah tidur yang sering kita dengar itu ternyata merupakan sebuah penyakit. Bagaimana tidak, sebab seseorang yang mengalami hal tersebut diikuti oleh gangguan fungsional. Insomnia yang sering terjadi pada anak yang beranjak remaja ternyata tidaklah baik. Insomnia atau yang biasa disebut dengan suah tidur ini merupakan perilaku yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Insomnia sebenarnya terjadi dan di sebabkan oleh beberapa hal.

Beberapa hal tersebut dapat mempengaruhi jam waktu tidur dan sangatlah mengganggu. Ketika seseorang telah tidur dengan nyenyak dan kemudian terbangun di tengah malam itulah yang dinamakan insomnia. Insomnia di akibatkan oleh beberapa hal yaitu pengaruh obat – obatan, pengaruh emosional serta tanda – tanda stres. Insomnia di akibatkan oleh beberapa hal: kelainan fisik, ciri mengalamai berbagai bentuk depresi dan masih banyak lagi gejala lainnya. Biasanya seorang remaja yang mengalami insomnia sangat senang dan bahkan membuat status di medsos.

Padahal perilaku insomnia itu tidaklah baik, jika mengalami insomnia lalu sholat tahajjud itu baru baik. Pada masa remaja, insomnia yang terjadi biasanya insomnia akut. Tetapi gangguan tidur biasanya terjadi pada waktu dan kondisi tertentu. Seorang remaja yang terbangun dari tidurnya biasanya selalu mengingat kejadian atau masalah yang dialaminya. Masalah tersebut yang akan menimbulkan stres dan susahnya untuk tidur lagi. Masalah didasari oleh beberapa faktor yaitu masalah keluarga, percintaan, pertemanan, sekolah dan kejadian yang membuat trauma berat.

insomnia

Tips Mengatasi Insomnia pada Remaja

Aturlah Waktu untuk Tidur

Hal yang paling utama untuk mengatasi insomnia adalah mengatur waktu tidur. Jam tidur untuk anak remaja memanglah sulit untuk dilakukan dan di terapkan. Sebab mereka terlalu banyak memikirkan hal – hal yang tidak begitu penting. Kita semua tau bahwa waktu yang tepat untuk remaja tidur adalah 8 jam. Dengan mengatur waktu tidur maka anda akan selalu merasa nyaman dan nyeyak. Dan anda juga akan terhindar dari yang namanya insomnia. Jam untuk tidur yang paling tepat adalah pada saat jam 9 – 10 malam sebab jika melewati maka anda akan susah untuk tidur.

Jauhkan Gadget/ Handphone dari Jangkauan

Pada masa – masa remaja sulitnya untuk melepas gadget walaupun hanya sebentar. Hal inilah yang akan memicu anda untuk susah tidur dan mengalami insomnia. Apalagi fitur yang telah di sediakan oleh gadget saat ini sangat menggiurkan. Dengan hadirnya fitur seperti chatting, game – game online, dan konten – konten youtube yang menarik. Hal ini yang mempengaruhi para remaja untuk selalu memainkan gadgetnya dan memilih untuk begadang. Dengan adanya pengaruh dari gadget maka rasa kantuk yang tadinya datang sekarang pun hilang dan akan terjadinya insomnia.

Rapikan Kamar Senyaman Mungkin

Langkah selanjutnya untuk menghindari insomnia adalah dengan merapikan kamar anda. Sebab dengan begitu anda akan merasa nyaman dan ingin selalu cepat tidur. Kamar sangatlah berpengaruh bagi kenyamanan anda untuk tidur. Sebab dengan kamar yang rapi dan indah anda akan selalu merasa nyaman dan tenang jika ingin tidur. Anda dapat menambahkan beberapa aksesoris atau barang – barang yang indah untuk dilihat di kamar agar kamar selalu rapi dan indah. Anda juga dapat menambahkan beberapa wewangian yang akan membuat kamar menjadi harum.

Telah dijabarkan mengenai tips untuk mengatasi insomnia pada remaja, jangan lupa untuk diterapkan ya teman.

 

Post a comment for "Suka Mengalami Gangguan Tidur, Berikut Tips untuk Mengatasi Insomnia pada Remaja"