Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sering Mengalami Nyeri Haid, Beberapa Cara yang Dapat Dilakukan Dirumah

Sering Mengalami Nyeri Haid, Beberapa Cara yang Dapat Dilakukan Dirumah. Sebagai seorang wanita pasti sering mengalami sakit perut atau kram ya kan. Hal ini sudah menjadi wajar dan sudah banyak wanita yng mengakuinya. Tidak tau bagaimana cara untuk mengatasi masalah kram pada perut ini. Efek yang dialami wanita pada saat mengalami menstruasi juga pun berbeda – beda. Ada yang merasakan sakit dan kram bahkan juga ada yang tidak merasakan sakit apapun. Sebenarnya kram dan sakit perut yang dialami tak perlu di khawatirkan sebab tidak berbahaya.

Sebelum anda mengetahui tips apa saja untuk menghilangkan nyeri pada haid ada baiknya jika mengetahui apa penyebabnya. Ketika kita mengalami menstruasi pasti keadaan tubuh itu lemas dan sulit untuk melakukan gerakan. Sehingga kita menjadi malas gerak atau yang disebut dengan mager. Hal itu yang akan membuat kita sebagai wanita tidak melakuka aktivitas atau melakukan kegiatan yang seperti biasanya. Semestinya hal seperti itu tidak terjadi sebab akan menghambat aktivitas anda dan membuat anda selalu merebahkan diri di kasur. Hingga malas – malasan pun terjadi.

Penyebab terjadinya nyeri haid pada saat menstruasi adalah pergerakan kontraksi yang di akibatkan oleh proses peluruhan darah di dinding rahim. Saat terjadinya menstruasi maka kontraksi dinding rahim akan lebih kuat dari biasanya. Rahim yang akan menekan pembuluh darah dan bahkan bisa memutuskan aliran darah yang membawa oksigen ke rahim. Oksigen yang ada di dalam rahim akan menjadi lebih rendah. Zat kimia prostaglandin ini akan memicu jaringan yang ada di dalam rahim dalam jumlah begitu banyak hingga menimbulkan rasa sakit.

nyeri haid

Beberapa Cara untuk Mengurangi Nyeri Haid

Konsumsi Air Hngat

Jika anda mengalami kram dan dakit perut pada saat menstruasi ada baiknya jika banyak mengkonsumsi air hangat. Meminum air hangat bukan menghilangkan kram di perut tetapi dapat mengurangi rasa kram yang terjadi. Untuk bisa mengurangi rasa kram anda dapat membawa sebotol air hangat saat melakukan semua kegiatan baik diluar maupun dalam rumah. Anda juga dapat menambahkan seidikit perasan air lemon agar menambah kesejukan dan keenakan saat diminum. Sebab terkadang kondsi suasana hati pada saat mengalami haid sering berubah – ubah.

Memijat Bagian Perut Bawah

Langkah selanjutnya untuk mengurangi nyeri haid adalah dengan memijat perut bagian bawah. Dengan memijat lembut perut bagian bawah dan dengan diolesi minyak esensial maka akan terasa nikmat dan dapat mengurangi nyerinya. Tujuan memijat perut agar otot – otot dipanggung lemas dan membuat rileks. Anda dapat memijat perut bagian bawah dengan cara awal memutarnya. Tak hanya itu anda dapat memijat bagian tubuh lainnya agar mengurangi nyeri pada saat haid. Pijatlah bagian diantara jempol dan telunjuk, diatas mata kaki serta di tempurung lutut.

Mengkonsumsi Makanan yang Tepat

Jika suasana hati anda lagi gundah pada saat mengalami menstruasi. Ada baiknya jika mengkonsumsi berbagai macam makanan yang dapat mengembalikan suasana hati anda. Terdapat beberapa makanan yang baik pula untuk seseorang yang mengalami nyeri haid. Makanan yang dimaksud adalah nasi merah, brokoli, alpukat, jagung, bayam, buncis, kangung dan masih banyak lagi jenis lainnya. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang telah disebutkan maka anda dapat mengurangi nyeri pada saat datang bulan tiba.

Nah telah disebutkan beberapa penjelasan mengenai nyeri haid dan sekarang anda dapat menerapkannya di rumah ya.

Post a comment for "Sering Mengalami Nyeri Haid, Beberapa Cara yang Dapat Dilakukan Dirumah"