Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Senam Kegel Merupakan Salah Satu Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

Senam Kegel Merupakan Salah Satu Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil. Semakin majunya media informasi menjadikan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mudah. Hal ini juga akan mempengaruhi beberapa hal yang akan membuat Anda lebih mengetahui berbagai macam informasi yang akan didapat dari majunya media tehnologi tersebut. Banyak hal yang dapat kita ambil hikmah dan manfaat dari perkembangan media informasi ini salah satunya adalah dalam hal kesehatan. Dengan mudahnya kita bisa mencari informasi yang ada dengan bantuan media informasi tersebut.

Kesehatan memang merupkan faktor utama yang dapat memberikan dampak yang baik dan buruk pada tubuh kita. Apalagi masalah kesehatan bagi ibu hamil ini sangat penting untuk diperhatikan banyak hal yang data dilakukan ibu hamil untu mencegah beberapa masalah yang terjadi pada masa kehamilan selain menjaga pola makan dengan gizi seimbang ibu hamil juga dapat melakukan senam rutin untuk menjaga kesehatan dan kondisi mental yang baik.

olahraga sehat untuk ibu hamil

Manfaat Olahaga Sehat Untuk Ibu Hamil Khususnya Pada Senam Kegel

Senam kegel siapa yang tidak tahu salah satu senam ini, bagi wanita yang sering olah tubuh pasti tidak asing ditelinga senam ini, namun ternyata banyak manfaat yang akan didapat dengan melakukan senam kegel ini pada ibu hamil. Senam kegel ini tetap aman dilakukan asal tetap memperhatikan gerakan mana yang boleh dan tidak dilakukan oleh ibu hamil.senam kegel juga dapat dijadikan alternatif sebagai olahraga sehat untuk ibu hamil. Beberapa manfaat senam kegel yang akan didapat jika ibu hamil melakukannya dengan rutin simak penjelasannya sebagai berikut

Memperkuat Otot-Otot Panggul

Melakukan senam kegel secara rutin ini juga akan menguatkan otot – otot sekitar panggul, kandung kemih dan usus besar. Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk mempersiapkan persalinan agar pada saat persalinan normal bagi calon ibu juga akan merasa nyaman dan otot tidak dalam keadaan kaku karena setiap hari telah melakukan olah tubuh yang memfungsikan otot - otot sekitar panggul. Hal ini juga akan memberikan kemudahan saat poses persalinan jika para calon ibu menghendaki untuk proses melahirkan secara normal.

Membantu Mengontrol Otot-Otot Saat Proses Persalinan

Bagi Anda ibu hamil melakukan olahraga sehat untuk ibu hamil dengan melakukan senam kegel juga dapat membantu mengontrol otot – otot daerah panggul ada saat proses persalinan. Apalagi jika memilih proses persalinan normal. Pada saat mengedan biasanya jika kurang mengontrol akan menimbulkan robekan yang lebar namun dengan melakukan senam kegel ini setiap hari Anda akan berlatih pernapasan dan tentunya sudah mampu untu mengontrol otot -otot daerah panggul pada proses persalinan.

Mencegah Wasir

Wasir adalah kondisi pembengkakan pembuluhan darah didaerah dubur yang banyak dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa ketidaknyamanan bahkan dalam kasus tertentu kondisi ini akan menyebabkan rasa nyeri hingga keluarnya darah. Namun Anda tidak usah khawatir dengan melakukan senam kegel secara teratur ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk menghindari terjadinya wasir pada Anda.

Mencegah Inkontinensia Urin

Pada ibu hamil rahim yang membesar akan menekan kandung kemih ini akan berakibat bagi beberapa orang ibu hamil akan mengalami inkontinenia urine. Meskipun hal ini wajar namun tidak ada salahnya jika Anda melakukan senam kegel sebagai salah satu olahraga sehat untuk ibu hamil agar meminimalisir proses kasus inkontinensia ini. Karena senam kegel mampu mengontrol otot -otot panggul untuk lebih memberikan kekuatan.

Beberapa manfaat senam kegel bagi ibu hamil sangat luar biasa ternyata jika dilakukan dengan benar dan tentunya olahraga ini dapat Anda lakukan dirumah. Itulah mengapa senam kegel merupakan salah satu olahraga sehat untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan.


Post a comment for "Senam Kegel Merupakan Salah Satu Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil"