Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selain Penyedap Makanan, Ini Manfaat Bawang Putih yang Harus Anda Ketahui

Selain Penyedap Makanan, Ini Manfaat Bawang Putih yang Harus Anda Ketahui. Bawang putih selama ini identik digunakan sebagai penyedap makanan. Ini karena tanaman yang memiliki nama Latin Allium sativum ini memiliki aroma yang khas. Namun, tahukah anda jika bawang putih rupanya juga miliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Betul, bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, apa saja kiranya manfaat dari tanaman yang dimanfaatkan umbi kecil atau siungnya ini? Berikut adalah selengkapnya pemaparan mengenai manfaat dan kegunaan bawang putih.

manfaat bawang putih

Selain Penyedap Makanan, Ini Manfaat Bawang Putih yang Harus Anda Ketahui

Penanganan berbagai masalah kesehatan kini tidak hanya mengandalkan obat-obatan konvensional saja. Namun, tidak sedikit orang yang mulai beralih menggunakan obat-obat herbal yang ada di sekitar Anda. Salah satunya dengan memanfaatkan bawang putih. Di bawah ini adalah paparan mengenai beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh.

Antibiotik alami

Manfaat yang pertama adalah dapat digunakan sebagai bahan antibiotik alami. Hal ini karena bawang putih pengandung diallyl sulfide yang dapat melawan bakteri jahat pada pencernaan. Bakteri tersebut adalah bakteri campylobacter. Bahkan, bawang putih ini diklaim 100 kali lebih efektif dibandingkan dengan antibiotik yang umum digunakan.

Obat sakit gigi yang ampuh

Manfaat bawang putih berikutnya adalah dapat digunakan sebagai penawar nyeri sakit gigi. Yup, bawang putih sudah turun temurun dipercayai sebagai obat sakit gigi yang ampuh. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Yakni hanya dengan menghaluskan bawang putih tersebut lalu meletakkannya pada bagian yang sakit. Dengan sendirinya, nyeri pada gigi akan berangsur-angsur hilang.

Penurun tekanan darah

Kegunaan bawang putih bagi kesehatan berikutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada pengidap hipertensi. Mengonsumsi 3 hingga 4 siung bawang putih mentah setiap harinya diklaim dapat menurunkan tensi secara efektif. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa efek bawang putih ini setara dengan efek obat atenolol bagi pengidap hipertensi.

Lindungi jantung

Manfaat bawang putih berikutnya adalah dapat memperkuat jantung. Hal ini karena dalam bawang putih ini terkandung senyawa diallyl trisulfide yang bantu memulihkan jantung setelah serangan jantung maupun operasi. Meski begitu, manfaat untuk lindungi jantung ini perlu dikaji lebih mendalam. Sebab pengujian sementara masih dilakukan pada tikus yang mengalami serangan jantung.

Cegah alzheimer dan demensia

Bawang putih juga dikenal sebagai sumber yang kaya akan antioksidan. Mengingat banyaknya kegunaan antioksidan dalam tubuh, bawang putih yang berikan sensasi hangat ketika dikunyah ini dianjurkan untuk anda konsumsi. Sebab selain dapat hindarkan anda dari radikal bebas, bawang putih juga terbukti dapat mencegah penyakit alzheimer dan demensia.

Kurangi risiko kanker prostat

Dan manfaat bawang putih yang tidak kalah penting adalah dapat kurangi risiko kanker prostat. Manfaat ini bisa didapatkan baik dengan mengonsumsi bawang putih secara mentah maupun yang sudah dimasak. Meski begitu, mengenai keefektifannya masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Banyak manfaat bawang putih bagi kesehatan. Akan tetapi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bawang putih ini dengan wajar. Untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan itu pun, anda tidak boleh hanya mengandalkan kegunaan bawang putih saja. Anda harus tetap secara rutin mengonsultasikan kondisi kesehatan anda pada dokter dan menjadikan bawang putih ini sebagai penangan alternatif.

Post a comment for "Selain Penyedap Makanan, Ini Manfaat Bawang Putih yang Harus Anda Ketahui"