Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sehat dengan Mengkonsumsi Biji Wijen Hitam?

Sehat dengan Mengkonsumsi Biji Wijen? – Pernahkah kalian mencicipi jajanan tradisional yang bernama onde-onde? Onde-onde adalah jajanan tradisional yang bentuknya bulat dan diselimuti biji wijen di seluruh permukaannya. Biji wijen yang digunakan pada jajanan onde-onde ini warnanya putih. Selain putih, biji wijen juga ada yang berwarna hitam. Kali ini kita, akan membahas biji wijen hitam yang belum banyak diketahui masyarakat.

Biji wijen hitam (black sesame seeds) berasal dari tanaman Sesamum indicum. Tanaman ini berasal dari negara-negara di Asia, namun keberadaannya mudah ditemukan di seluruh dunia. Mendengar kata biji wijen hitam, mungkin dibenak Anda sudah membayangkan bentuknya yang kecil dan warnanya yang hitam. Sebenarnya dibalik ukurannya yang mungil, biji wijen hitam mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

mengkonsumsi biji wijen

Mengkonsumsi Biji Wijen Hitam

Warna hitam pada biji wijen menunjukkan antioksidannya tinggi. Selain antioksidan, biji wijen hitam mengandung makromineralnya yang cukup banyak. Kandungan makromineral dalam biji wijen hitam, antara lain magnesium dan kalsium yang dapat menurunkan tekanan darah. Makromineral lainnya berupa zat besi, copper, dan mangan yang berfungsi penting untuk metabolisme tubuh, fungsi sel, dan kekebalan tubuh. Manfaat tersebut dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi biji wijen.

1.       Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Tak banyak orang tahu tentang manfaat biji wijen yang satu ini. Biji wijen mengandung magnesium yang cukup besar. Tiap 100 gram biji wijen hitam mengandung magnesium sebanyak 351 mg. Magnesium ini sangat diperlukan untuk mencegah dan penyembuhan penyakit diabetes.  Kandungan magnesium dalam biji wijen dapat meningkatkan fungsi obat diabetes, mengatur insulin dan kadar glukosa dalam darah.

2.       Mencegah Penyakit Kanker

Telah disebutkan di atas bahwa biji wijen hitam mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Sebagai antioksidan yang tinggi, bijji wijen hitam dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kanker, seperti leukemia, kanker payudara, kanker pankreas, dan kanker prostat. Untuk mendapatkan manfaat dari zat anti-karsinogenik ini, cukup dengan mengkonsumsi biji wijen hitam sebanyak satu sendok setiap harinya.

3.       Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat biji wijen hitam yang lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang terdapat dalam biji wijen hitam. Selain kalsium, biji wijen hitam juga mengandung seng dan fosfor. Perpaduan tiga zat ini mampu mengatasi berbagai keluhan tulang, seperti osteoporosis, peradangan pada tulang atau masalah persendian lainnya. Selain itu, kandungan kalsium, seng, dan fosfor dapat menciptakan materi tulang yang baru, memperkuat dan memperbaiki tulang yang lemah akibat cedera.

4.       Memerangi Bakteri MRSA

MRSA (Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus) adalah suatu infeksi dalam tubuh yang disebabkan bakteri Staphylococcus aureus. Pada awalnya, bakteri Staphlococcus dapat diatasi dengan antibiotik. Penggunaan antibiotik yang tidak rasional selama beberapa dekade, menyebabkan bakteri ini menjadi resisten terhadap antibiotik. Namun setelah dilakukan penelitian oleh University of Health Sciences in Lahore, menyatakan bahwa bakteri MRSA dapat diperangi dengan mengonsumsi biji wijen hitam.

Nah itu tadi, beberapa manfaat mengkonsumsi biji wijen hitam. Untuk mendapatkan manfaatnya, jangan asal mengonsumsinya begitu saja. Anda perlu memperkaya lagi literasi tentang biji wijen hitam ini. Anda juga perlu mencari tahu adakah efek samping atau dampak buruk yang ditimbulkan, jika rutin mengonsumsi. Terakhir, Anda juga harus mencari tahu takaran atau dosis yang digunakan untuk mendapatkan manfaat dari biji wijen hitam ini. Selamat mencoba!

 

         

 

 

Post a comment for "Sehat dengan Mengkonsumsi Biji Wijen Hitam?"