Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Tiap Trimester

Rekomendasi Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Tiap Trimester. Banyak calon ibu dan ibu yang lebih berpengalaman sering bertanya tentang cara berolahraga yang benar selama kehamilan. Untuk itu kami mencoba merangkumkan kepada Anda, bagaimana cara memulai dan menjalankan olahraga yang benar selama kehamilan. Menurut sumber terpercaya, wanita dengan kandungan normal harus melakukan latihan aerobik dan latihan kekuatan baik sebelum, selama, dan setelah kehamilan. Ini bisa menjaga tubuh mereka tetap bugar dan lebih siap saat melakukan persalinan.

Sementara itu, ada banyak manfaat fisik dan mental dari olahraga selama kehamilan. Jadi untuk Anda yang belum terbiasa olahraga, maka penting untuk berolahraga sekarang dan mendapatkan kehamilan yang sehat. Cobalah untuk aktif setiap hari jika Anda bisa. Tidak perlu sportif dengan bergabung ke gym atau kelas olahraga untuk membuat perubahan kecil pada tubuh Anda. Namun cukup lakukan hal-hal sederhana untuk membuat perbedaan selama kehamilan, seperti berjalan ke toko atau yang lainnya.

olahraga sehat untuk ibu hamil

Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Seperti Apa yang Bisa Dilakukan Tiap Trimester Kehamilan?

Trimester pertama

Selama trimester pertama (minggu 1 hingga 13), Anda bisa melanjutkan kebiasaan olahraga Anda sama seperti saat belum hamil. Namun hindari kebiasaan olahraga sehat untuk ibu hamil itu jika memiliki risiko terlalu panas atau bisa menyebabkan jatuh. Contohnya seperti lari jarak jauh, menunggang kuda, bermain seluncur, bermain voli, basket dan sebagainya. Sementara untuk Anda yang tidak terbiasa olahraga, maka mulailah dengan hal sederhana seperti berjalan. Mulailah dengan berjalan dan tingkatkan menjadi jogging.

Untuk Anda yang menyukai bersepeda sebelumnya, namun khawatir jatuh saat hamil trimester pertama, maka lebih baik beralih ke sepeda statis dalam ruangan. Sementara untuk Anda yang menyukai olahraga berkelompok seperti yoga, pilates, atau renang, maka bisa bergabung dengan pusat kebugaran atau gym setempat. Namun pastikan Anda meminta saran bidan atau ahli kebugaran Anda, tentang kelas olahraga yang bisa Anda ikuti.  

Trimester kedua

Selama trimester kedua (minggu 14 hingga 27), maka benjolan bayi Anda akan semakin besar. Jadi ini mungkin saat yang tepat untuk mengubah latihan berdampak tinggi Anda seperti berlari atau melompat. Akan lebih baik jika Anda memiliki kegiatan olahraga sehat untuk ibu hamil dengan dampak rendah, seperti berjalan atau berenang. Namun jika Anda gemar berlari sebelumnya, maka itu baik-baik saja untuk diteruskan asalkan Anda nyaman. Jika Anda khawatir, maka bicaralah dengan dokter atau bidan Anda.

Kelas yoga, pilates, dan aqua aerobik juga sangat bagus pada saat-saat ini. Namun jika ini bukan kelas kehamilan, maka penting untuk memberi tahu instruktur Anda bahwa Anda hamil. Sementara itu, hindari olahraga yang mengharuskan Anda berbaring telentang selama lebih dari beberapa menit. Karena itu bisa mempengaruhi suplai darah Anda dan membuat Anda merasa sakit atau pusing.

Trimester ketiga

Pada trimester ketiga (minggu ke 28 hingga 40), Anda bisa terus melakukan olahraga sehat untuk ibu hamil. Asalkan Anda merasa baik-baik saja dan nyaman saat melakukannya. Anda bahkan bisa terus aktif hingga kelahiran bayi Anda. Namun tetap lakukan aktivitas berdampak rendah, seperti berjalan dan berenang. Anda juga bisa melakukan peregangan lembut untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Itulah beberapa panduan singkat olahraga sehat untuk ibu hamil, yang bisa Anda lakukan tiap trimester kehamilan. Cobalah untuk menjadikan kegiatan aktif di kehidupan sehari-hari Anda untuk berolahraga. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebani. Sementara jika Anda tidak terlalu aktif sebelumnya, maka cobalah untuk meningkatkan ini secara bertahap.

Post a comment for "Rekomendasi Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Tiap Trimester"