Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peregangan di Dalam Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

Peregangan di Dalam Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil. Merasa sakit atau tidak nyaman selama kehamilan? Peregangan yang aman akan membantu Anda dalam meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ini juga dapat meredakan stres dan ketegangan. Peregangan dapat membantu memperpanjang otot Anda, melemaskan seluruh tubuh untuk membuat Anda lebih nyaman saat hamil.

olahraga sehat untuk ibu hamil

Yang Harus Anda Ketahui Tentang Peregangan Dalam Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

Manfaat peregangan saat hamil

Saat kehamilan Anda berlanjut, postur tubuh Anda akan bergeser untuk mendistribusikan berat pada perut dan payudara Anda. Bagi banyak wanita, ini dapat menyebabkan sesak di bagian punggung, leher, dan dada bagian bawah. Berita baiknya, “peregangan” terutama ketika dilakukan setiap hari, dapat membantu mengurangi rasa sakit selama kehamilan dan meningkatkan rentang gerak Anda. Dengan demikian Anda bisa menikmati kehamilan yang lebih sehat dan lebih nyaman.

Cara melakukan peregangan dengan aman

Selama Anda mendapatkan persetujuan dokter untuk melakukan aktivitas olahraga sehat untuk ibu hamil, maka Anda bisa memperoleh manfaat dari peregangan. Untuk melakukannya dengan aman, maka awali dengan pemanasan. Peregangan otot-otot dingin dapat menyebabkan cedera, jadi selalu lakukan pemanasan sebelum beraktivitas. Anda bisa melakukan kegiatan berjalan cepat selama beberapa menit atau bergantian mengangkat lutut di tempat.

Hindari kegiatan seperti melompat, karena ini bisa menyebabkan otot Anda tertarik. Alih-alih melompat, fokuslah melakukan peregangan selama 20-30 detik. Bergeraklah sejauh yang Anda bisa ke dalam setiap posisi, lalu pertahankan ini untuk merasakan peregangan tapi tidak sakit. Selanjutnya usahakan aktivitas yang Anda lakukan tidak berlebihan. Karena saat hamil, tubuh Anda akan menghasilkan hormon yang disebut relaxin. Ini dapat melonggarkan ligamen di panggul untuk mempermudah persalinan. Namun ini juga bisa mempengaruhi sendi lain, yang bisa menimbulkan cedera jika terlalu berlebihan.

Apakah membengkokkan badan berbahaya selama kehamilan?

Meskipun terasa canggung dengan benjolan bayi trimester ketiga, namun membengkokkan badan umumnya aman selama kehamilan. Kecuali dokter Anda menyarankan Anda sebaliknya. Olahraga sehat untuk ibu hamil dengan cara membengkokkan badan bisa membantu meredakan nyeri punggung dan pinggul terutama ketika Anda sering duduk. Namun ini bisa menjadi masalah ketika Anda melipat tubuh ke depan (bukan ke samping seperti peregangan).

Bisakah Anda meregangkan perut saat hamil?

Tentu saja bisa. Meregangkan otot perut dengan lembut saat Anda hamil bisa dibilang aman. Anda hanya perlu menghindari peregangan yang melibatkan tekukan punggung dalam. Ini seperti membuat punggung Anda melengkung dan perut Anda terentang. Kondisi ini tidak baik, terutama jika Anda memiliki risiko diastasis recti.

Peregangan apa yang harus Anda hindari selama kehamilan?

Peregangan olahraga sehat untuk ibu hamil yang melibatkan pose meliuk atau lengkungan punggung, seperti pose unta atau busur dalam yoga, tidak dianjurkan selama kehamilan. Anda mungkin akan mengalami kram betis saat jari-jari kaki Anda diarahkan. Jika itu masalahnya, maka lenturkan kaki Anda sebagai gantinya. Pastikan juga untuk tidak berbaring telentang untuk waktu yang lama setelah trimester pertama. Karena ini bisa mempengaruhi suplai darah dan membuat Anda pusing.

Masih khawatir dengan peregangan yang dilakukan dalam olahraga sehat untuk ibu hamil? Itu wajar. Namun jangan isolasi diri Anda untuk mendapatkan manfaat yang baik dari peregangan olahraga. Lihatlah beberapa kelas yoga prenatal atau bicaralah dengan ahli untuk mendapatkan manfaat dari peregangan yang aman. Sementara itu, pastikan peregangan yang Anda lakukan terasa nyaman, jika tidak maka berhentilah atau pilih yang lain.

 

Post a comment for "Peregangan di Dalam Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil"