Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya

Penyakit asam lambung dan cara mengatasinya. Naiknya asam lambung ke esofagus atau kerongkongan menyebabkan terjadinya penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Meskipun kondisi ini umum namun tidak jarang menimbulkan rasa nyeri di ulu hati. Kadang juga muncul rasa terbakar sebab asam lambung tersebut naik. Penyakit asam lambung terjadi di saluran pencernaan yang menghubungkan lambung dengan perut. 

asam lambung

Cara Mengatasi Asam Lambung

Asam lambung diproduksi oleh tubuh yang berfungsi mencerna makanan. Namun, asam lambung yang berlebih tersebut menjadi sebuah masalah karena menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan. Biasanya ini bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat. Nah, untuk Mengatasi asam lambung sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena bisa kamu lakukan tanpa menggunakan obat dokter. Cara tersebut diantaranya sebagai berikut:

Mengurangi makanan yang memicu asam lambung naik

Makanan yang mengandung banyak lemak dapat memicu naiknya asam lambung. Karena proses pencernaan makanan berlemak sangat lama sehingga asam yang di produksi oleh tubuh juga banyak. Kelebihan produksi asam ini akan berpotensi naik ke tenggorokan.  Kopi, coklat, alkohol dan makanan pedas seharusnya juga dihindari. Pasalnya, makanan ini dapat membuat rileks katup kerongkongan bagian bawah sehingga memudahkan asam lambung naik ke atas.

Mengatur porsi makan

Keadaan yang terlalu lapar membuat nafsu makan meningkat. Sehingga porsi yang kita makan bisa melebihi porsi biasanya. Keadaan ini dapat menyebabkan tubuh memproduksi asam lambung lebih banyak untuk mencerna makanan tersebut. Selain itu, dengan penuhnya lambung dapat menyebabkan asam naik ke kerongkongan sehingga menimbulkan rasa nyeri di ulu hati. Untuk menghindari hal tersebut makanlah secara perlahan dengan mengunyah makanan hingga lembut dan makan dalam porsi yang kecil.

Hindari berbaring setelah makan

Salah satu pemicu naiknya  asam lambung ke kerongkongan adalah kebiasaan yang tidak sehat. Kebiasaan tersebut adalah merokok dan berbaring setelah makan. Jadi, kebiasaan tersebut sangat perlu kamu hindari untuk mencegah munculnya asam lambung. Setelah makan setidaknya berikan jeda tiga jam untuk kemudian berbaring. Atau lebih baik jangan makan sebelum tidur guna mengantisipasi naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Memakai pakaian yang longgar

Asam lambung naik juga dapat disebabkan karena pakaian yang ketat. Karena dengan tertekannya lambung menyebabkan isi lambung tersebut naik ke kerongkongan bahkan bisa jadi muntah.  Sebaiknya gunakan pakaian yang longgar, khususnya dibagian perut. Selain nyaman pakaian longgar tidak akan menekan isi lambung dan juga lebih aman bagi penderita asam lambung.

Istirahat yang cukup

Istirahat atau tidur juga dapat berpengaruh terhadap produksi asam lambung. Akibat kurang tidur tubuh kamu akan memproduksi hormon stress yang dapat memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Jika keadaan ini kamu abaikan, akan berdampak sangat buruk karena bisa menyebabkan komplikasi, menyebabkan penyakit semakin kronis, pada akhirnya akan memicu kematian dan menurunnya angka harapan hidup.

Menghindari gerakan yang menekan perut

Agar kamu tetap sehat tentunya harus diirngi dengan olahraga. Namun, ada beberapa gerakan menekan perut yang sebaiknya kamu hindari jika kamu memiliki penyakit asam lambung. Gerakan tersebut bergoyang-goyang atau pun melompat. Selain itu, waktu untuk berolahraga juga perlu diperhatikan. Hindari olahraga setelah selesai makan, setidaknya berikan  jeda waktu 2-4 jam baru berolahraga.

Asam lambung dapat dihindari dengan mengubah gaya hidup. Jika kamu menerapkan beberapa cara mengatasi asam lambung naik di atas, maka resiko naiknya asam lambung dapat dicegah tanpa menggunakan obat-obatan. Cara ini juga lebih ampuh serta lebih aman. Namun, jika gaya hidup yang kamu terapkan tidak sehat, jangan harap asam lambung yang kamu derita bisa sembuh tetapi bisa jadi malah semakin memburuk.

Post a comment for "Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya"