Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya melakukan Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil secara Teratur

Pentingnya melakukan Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil secara Teratur - Hamil bukan berarti membuat calon ibu harus istirahat hingga 24 jam sehari, lantaran takut beraktifitas. Padahal untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, calon ibu sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga walau pun sedang berbadan dua. Hal ini jika dilakukan secara teratur akan membuat calon ibu merasa lebih nyaman dan terhindar dari kondisi kesehatan yang kurang baik.

Namun sebagian ibu hamil sering kali enggan melakukan olahraga, lantaran takut mengalami kelelahan dan khawatir olahraga bisa membahayakan calon bayi. Padahal kondisi tersebut tidak akan terjadi jika ibu olahraga tepat dan memperhatikan kemampuannya. Selain itu, ibu pun bisa melakukan konsultasi dengan dokter agar lebih tahu apa saja manfaat olahraga saat hamil dan jenis latihan aap saja yang bisa dilakukan. Lebih baik ketahuilah banyak manfaat olahraga bagi ibu hamil, supaya anda mulai melakukannya. Berikut penjelasannya!

olahraga yang sehat untuk ibu hamil

Pentingnya Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil

Mempermudah proses kelahiran

Ketahuilah bahwa melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil bisa mempermudah dan mempercepat waktu berlangsungnya persalinan hingga bati lahir. Dengan olahraga secara teratur, otot panggul dan jalan lahir calon ibu akan menjadi lebih kuat dan sistem peredaran darah akan jadi makin lancar.

Menurunkan risiko komplikasi saat kehamilan

Salah satu manfaat penting melakukan olahraga bagi ibu hamil yaitu mampu mencegah resiko terjadinya komplikasi atau masalah kandungan saat tengah hamil. Karena dimasa ini kadar gula darah dalam tubuh ibu cenderung lebih tinggi, yang membuatnya lebih rentan terserang berbagai penyakit.

Membantu ibu tidur lebih nyenyak

Menemukan posisi tidur yang nyaman selama hamil bisa menjadi pekerjaan sulit yang sering kali dialami oleh para calon ibu. Maka dari itu, selalu melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil secara teratur agar mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Ketahuilah juga bahwa tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat tubuh memproduksi hormon endorfin yang berfungsi sebagai penenang pikiran, mengurangi stres, serta meningkatkan kebahagiaan.

Mempercepat penurunan berat badan setelah melahirkan

Olahraga secara rutin ternyata mampu menurunkan resiko berat badan berlebih selama kehamilan, serta mempercepat penurunan berat badan setelah melahirkan. Tentu hal ini sangat diinginkan oleh para para ibu setelah selesai kelahiran, tanpa harus mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayi.

Mengurangi rasa sakit atau nyeri

Pentingnya melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil selanjutnya yakni mampu membantu tubuh dalam mengatasi rasa sakit yang muncul selama hamil. Rasa sakit atau nyeri ini biasa terjadi pada area punggung panggul, kaki, serta beberapa bagian tubuh lain. Untuk mengurangi rasa nyeri ada beberapa latihan olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil . Seperti halnya melakukan renang senam hamil, senam kegel, Yoga, jalan-jalan dan beberapa latihan lain.

Mencegah terjadinya sembelit

Sembelit merupakan kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil yang disebabkan oleh tingginya kadar hormon progesteron,  melambatnya sistem pencernaan, serta tekanan pada organ pencernaan seiring bertambahnya ukuran perut. Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan olahraga secara teratur yang diimbangi dengan menambahkan lebih banyak serat pada porsi atau menu makanan.

Olahraga yang sehat untuk ibu hamil memang memberikan berbagai manfaat terkait kondisi Ibu maupun calon bayi. Sebaiknya lakukan olahraga tersebut secara teratur sesuai kondisi tubuh, jangan lupa konsultasikan dengan dokter terkait pergerakan yang dilakukan. Dokter akan menentukan jenis olahraga yang bisa anda lakukan dan tidak, beserta manfaat yang didapatkan.


Post a comment for "Pentingnya melakukan Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil secara Teratur"