Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penting Diketahui! Inilah 5 Tips Menjaga Kesehatan Lidah

Penting diketahui! Inilah 5 Tips Menjaga Kesehatan Lidah - Lidah sebagai bagian panca indera yang memiliki fungsi untuk mendukung berbagai aktivitas tubuh, seperti mengecap, menelan, dan berbicara. Akan tetapi, sering terabaikan kesehatan dan kebesihannya. Padahal, lidah berperan penting dalam kesehatan tubuh sebab dari lidah sering muncul bebagai macam penyakit. Lidah yang sehat ditandai dengan prmukaan yang berwarna merah muda dan terlihatnya bintil-bintil atau papillae.

Perawatan lidah yang terbaikan akan menimbulkan efek negatif, yaitu muncul tanda-tanda masalah yang dialami berupa perubahan warna yang signifikan dari warna normal, rasa sakit saat makan, minum, atau menelan, kemudian rasa tidak nyaman disebabkan ada benjolan atau bentukan tidak normal pada lidah.. Lidah yang mengalami perubahan warna atau sakit bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius seperti kekurangan vitamin, kanker mulut, bahkan AIDS.


menjaga kesehatan lidah 

5 Tips Menjaga Kesehatan Lidah


Untuk menghindari dan mencegah berbagai penyakit juga infeksi yang mungkin terjadi pada lidah, berikut tips menjaga kesehatan lidah yang perlu diketahui :

 

Membersihkan Lidah Menggunakan Alat Khusus


Bakteri atau kuman yang banyak tertampung dan menumpuk pada permukaan lidah dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, seperti bau mulut. Bakeri yang terkurung di lidah bisa melakukan perjalanan ke bagian lain mulut yang dapat menimbulkan penumpukan plak sehingga menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit pada gusi. Kemudian, pertumbuhan bakteri berlebih dapat menyebabkan perubahan warna lidah dari kuning, putih, dan hitam.

 

Para ahli mengatakan bahwa cara terbaik merawat lidah adalah menggunakan alat khusus pengikis lidah atau scrapper. Dengan alat ini, maka bakteri akan hilang dan bersih dari permukaan lidah. Cara menggunakannya dengan menariknya dari pangkal ke ujung lidah.kurang lebih 2 sampai 3 kali. Perlu diingat untuk menjaga kesehatan lidah dengan cara dibersihkan tidak perlu sering tetapi dilakukan jika dirasa ada lapisan yang mengganggu atau minimal sehari sekali setelah gosok gigi di pagi atau malam hari. Lalu kumur air hangat atau obat kumur non-alkohol.

 

Perhatikan Jenis Makanan


Selain membersihkan lidah menggunakan alat pembersih lidah, ternyata makanan yang dikonsumsi berpengaruh pada kesehatan lidah. Contoh makanan yang baik untuk kebersihan lidah adalah keju, stroberi, jahe, nanas, wortel, seledri, kemangi, apel, air lemon, teh hijau, dan salmon. Selain itu, para ahli kesehatan menyarankan ntuk mengkonsumsi makanan atau minuman prebiotik seperti yogurt yang membantu mnghilangkan bakteri dalam tubuh terutama bagian lidah.

 

Biasakan Berkumur atau Sikat Gigi Setelah Makan


Berkumur atau menggosok gigi setelah makan sangat membantu menjaga kesehatan mulut karena dapat menghilangkan sisa-sisa makan yang tertinggal atau terselip pada gigi. Untuk menjaga kesehatan lidah bisa juga dengan berkumur air garam. Caranya, isi gelas setengah penuh dengan air hangat lalu tambahkan satu sendok teh garam dan aduk hingga tercampur kemudian gunakan untuk berkumur. Air garam bermanfaat untuk meningkatkan pH di mulut sehingga dapat menghalangi pertumbuhan bakteri.

 

Hindari Menggunakan Aksesoris di Lidah


Menurut Canadian Dental Assosiation bahwa melakukan tindik pada lidah memiliki resiko tinggi terkena infeksi dikarenakan pada mulut dan lidah terdapat banyak bakteri. Aksesoris atau perhiasan berbahan logam yang dipakai dapat merusak gigi dan gusi. Menindik lidah juga bisa merusak saraf dan mengurangi kepekaan lidah serta meningkatkan bakteri maupun kuman pada lidah.

 

Tidak Sering Konsumsi Alkohol dan Kafein


Terlalu sering mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein tidak baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan pada bagian mulut. Senyawa yang terkandung dalam alkohol dan kafein berupa partikel-partikel mampu melapisi bagian dalam mulut termasuk lidah, hingga sebabkan bau mulut. Dengan menghindari dan mengurangi konsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein merupakan cara menjaga kesehatan lidah yang harus dilakukan dan perhatikan.

 

Jika ingin terhindar dari berbagai penyakit, mulailah untuk mempraktikkan 5 tips menjaga kesehatan lidah tersebut supaya lidah menjadi sehat, bersih, dan terawat.

 

 

 

Post a comment for "Penting Diketahui! Inilah 5 Tips Menjaga Kesehatan Lidah"