Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Metode dan Cara Penanganan Bipolar

Panduan Metode dan Cara Penanganan Bipolar – Apa yang ada di kepala Anda bila mendengar istlah ‘Bipolar’? Salah satu gangguan mental yang diderita oleh seorang karakter film Joker atau Marshanda, seorang artis Indonesia ? Yah bipolar memang merupakan gangguan mental yang berhubungan dengan suasana hati si penderita. Cara penanganan bipolar biasanya dilakukan dengan pemberian obat dan psikoterapi.

Penanganan  bertujuan untuk mengurangi dan meredakan gejala yang muncul. Proses penanganannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, dibutuhkan kepatuhan dari pasien yang dsertai pengawasan keluarga.

Untuk menentukan metode atau cara penanganan biporal yang tepat, pasien dianjurkan untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter atau psikiater. Hal ini agar dokter dapat menentukan langkah selanjutnya yang harus dilaksanakan oleh pasien. Berikut ini metode penanganan untuk bporal.

cara penanganan biporal

Obat

Salah satu cara penanganan biporal yang paling umum yaitu dengan mengonsumsi obat. Tetap, seperti yang disebutkan di awal, pasien dianjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau psikiater. Pemberian obat berguna untuk meredakan gejala bipolar.

Terdapat beberapa jenis obat yang digunakan untuk menangani bipolar dengan fungsi yang berbeda-beda setiap  jenisnya. Penanganan biporal dengan obat, dinilai cukup efektif. Obat yang digunakan, meliputi;

Moodstablizer, berguna untuk mengendalikan depresi pada penderita bipolar. Golongan dari obat jenis ini seperti lithium, carbamazepine, dan lamotrigine.

Antikonvulsan, berguna untuk mengembalikan kestabilan sel saraf. Golongan obat ini juga bisa untuk bisa digunakan untuk penyakit epilepsi. Sedangkan untuk meredakan gejala pada penderita bipolar, menggunakan valporat

Antipsikotik, berguna untuk meredakan gejala psikosis. Golongan dari obat ini seperti aripiprazole, olanzapine, quetiapine dan risperidone

Antidepresan, berguna untuk mengurangi depresi pada penderita bipolar dan gejala-gejala psikis lainnya. Golongan dari obat ini yaitui fluxetine, escitalopram dan sertraline.

Biasanya dokter juga akan melakukan kombinasi antara dua jenis obat ataupun lebih. Cara penanganan bipolar yang seperti ini dilakukan untuk pasienyang mengalami perubahan sangat cepat. Perlu diperhatikan juga, baik penggunaan maupun penghentian obat harus dilakukan dengan resep dokter.

Psikoterapi

Pskoterapi merupakan salah stau metode yang digunakan untuk meredakan gejala atau gangguan bipolar. Agar metode penanganan tepat,berkonsultasilah dengan dokter atau psikiater. beirkut metode psikoterapi yang digunakan untuk menangani bipolar.

Interpersonal and Social Rhythm Therapy, merupakan metode penanganan bipolar yang fokus pada kestabilan ritme aktvitas pasien dalam kesehariannya. Seperti ketika tidur, bangun, makan dan kegiatan lainnya. Dengan ritme yang teratur dalam beraktvitas akan membantu pasien untuk mengendalikan gejala bipolar.

Cognitive Behavioral Therapy, merupakan metode penanganan bipolar yang bertujuan untuk mengganti sesuatu yang positif pada pasien dengan mendeteksi hal yang menjadi pemiucu timbulnya gejala bipolar

Psychoeducation, merupakan metode yang digunakan dokter untuk mengedukasi pasien penderita bipolar terkait dengan kondisinya. Dengan cara ini, pasien akan mengidentifikasi penyebab gejala bipolar

Pada metode dan cara menangani bipolar, peran keluarga sangatah penting untuk membantu pasien menghadapi dan mencegah gejala tersebut. Keluarga juga berperan untuk menangani pasien bila gejala bipolar muncul. Selain dari metode yang disbeutkan diatas, dokter juga biasanya menggunakan metode terapi listrik yang disebut dengan elektrokonvulsif.

Perubahan Gaya Hidup

Agar resiko gejala gangguan bipolar tidka semakin buruk, penerapan pola hidup sehat akna snagat membantu. Berikut ini pola hidup sehat yang bisa diterapkan oleh pasien.

  • Tidak mengonsumsi alkohol atau NAPZA
  • Jalin hubungan sehat dengan keluarga seerat mungkin
  • Cukupi cairan tubuh
  • Atur rutinitas sehat, mulai dari bangun tidur dan mengonsumsi makanan seimbang.

Gangguan bipolar bukanlah aib untuk keluarga. Meksipun banyak orang berpendapat bahwa bipolar seperti orang gila. Tetaplah untuk berada di samping pasien, karena hal ni merupakan cara penanganan bipolar yang sederhana.

 

Post a comment for "Panduan Metode dan Cara Penanganan Bipolar"