Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Olahraga yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda, Jangan Lupa Untuk Dipraktikkan ya, Moms

Olahraga yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda, Jangan Lupa Untuk Dipraktikkan ya, Moms - Hamil bukan menjadi alasan bagi Bunda untuk puasa olahraga, lho. Olahraga justru dianjurkan untuk Ibu hamil untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit. Dengan olahraga yang teratur juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh. Selain itu beberapa keluhan yang dirasakan saat hamil bisa diatasi dengan melakukan olahraga, menghilangkan stress, dan membangun stamina yang dibutuhkan saat persalinan nanti.

olahraga yang sehat untuk Ibu hamil muda

Manfaat Olahraga yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Olahraga untuk Ibu hamil muda mempunyai manfaat yang luar biasa. Dapat membantu mengatur kenaikan berat badan, menyiapkan tubuh agar lebih siap untuk melahirkan, memperbaiki mood yang naik turun serta menjaga kondisi fisik dan mental. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu harus memperhatikan batasan energi agar tidak lemas dan menghindari jatuh. Apalagi hamil muda masih terlalu rawan. Pastikan dokter atau bidan Bunda tahu tentang olahraga yang dilakukan. Ingin tahu seperti apa olahraga yang sehat dan aman untuk Ibu hamil muda, berikut ini rangkumannya;

Pilates dapat Jadi Pilihan Aman Saat Hamil Muda

Melakukan olahraga yang sehat untuk Ibu hamil muda mempunyai tantangan tersendiri. Utamanya bagi Bunda yang mengalami  morningsickness. Namun, dengan melakukan gerak secara aktif dipercaya dapat membantu kondisi lebih baik dan dapat tidur dengan nyenyak. Pilates sendiri menjadi salah satu olahraga yang aman dan membawa banyak manfaat pada masa kehamilan. Manfaat yang terasa adalah mengatasi masalah nyeri punggung bawah dan keseimbangan tubuh. Pada saat pilates hindari berbaring telentang dan tidak memaksakan diri melakukan latihan yang berfokus pada perut.

Olahraga Yoga Untuk Persiapan Melahirkan

Olahraga selanjutnya yang baik dan rekomended untuk Ibu hamil adalah yoga. Yoga sendiri memiliki banyak manfaat seperti membantu membangun kekuatan dan keseimbangan, melatih olah pernafasan, mengurangi tekanan darah dan menjaga otot tetap luntur. Dengan semakin menjamurnya kelas yoga saat ini, memudahkan Bunda untuk ikut serta. Namun, pastikan bahwa Bunda tidak melakukan pose atau gerakan yang berbahaya saat hamil. Selama masa hamil, Bunda bisa secara rutin melakukannya cukuo 30 menit saja untuk sesi satu minggu dan tidak perlu memaksakan diri apabila tubuh merasa lelah.

Jalan Kaki Menjadi Olahraga yang Murah Meriah Untuk Dijadikan Pilihan

Menikmati udara yang bersih dan segar saat pagi hari dengan berjalan kaki sangat baik untuk kesehatan Bunda pada masa kehamilan. Olahraga yang sehat untuk Ibu hamil muda ini termasuk ringan, mudah dan murah meriah. Jalan kaki dapat membantu tubuh tetap fit saat masa kehamilan. Olahraga jalan kaki secara teratur juga dapat membantu membangun kekuatan tubuh bagian atas. Lakukan secara ritun selama 30 menit setiap harinya untuk mendapatkan manfaat yang banyak. Hindari jalan berbatu dan rusak agar tetap aman dan nyaman.

Berenang Sekaligus Untuk Menikmati Masa Santai

Berenang dipercaya menjadi olahraga andalan selama masa kehamilan. Berenang dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk membangun kekuatan yang dibutuhkan saat persalinan nanti. Cukup lakukan dengan rutin seperti sebelum masa hamil, tapi sebisa mungkin hindari memutar tubuh bagian tengah terlalu banyak dan jangan sampai kelelahan. Bunda bisa melakukan olahraga ini 3-5 kali seminggu dengan durasi waktu 30 menit setiap berenang.

Berbagai macam olahraga yang sehat untuk Ibu hamil muda boleh saja dilakukan secara rutin dengan catatan olahraga yang dilakukan tidak membahayakn kondisi Ibu dan janin. Saat merasa lelah, Bunda harus segera berhenti dan istirahat sejenak. Hindari gerakan yang terlalu aktif dan berbahaya. Hindari juga durasi olahraga yang terlalu lama karena dapat memicu kelelahan. Waktu yang dibutuhkan idealnya adalah 30 menit saja. Semoga bermanfaat.

 

Post a comment for "Olahraga yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda, Jangan Lupa Untuk Dipraktikkan ya, Moms"

Berlangganan via Email