Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan di Kantor

Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan di Kantor. Terjebak di meja kantor selama kehamilan memang tidak nyaman dan bisa sangat pegal. Untuk itu, cobalah beberapa peregangan atau olahraga berikut ini untuk membantu tubuh Anda tetap rileks dan nyaman. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan cuti kehamilan terlalu cepat dan bisa tetap beraktivitas selama kehamilan.

 olahraga sehat untuk ibu hamil 

Tips Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil di Kantor

Lingkaran bahu

Melingkarkan bahu beberapa kali akan membuat Anda lebih rileks dan bisa meredakan ketegangan. Ini juga bisa mencegah nyeri pada bagian leher. Lakukan ini saat Anda duduk. Putar bahu Anda ke belakang dan ke bawah, dan cobalah untuk membuat lingkaran terbesar yang Anda bisa. Dengan begitu, ini akan membuka dada Anda lebih lebar dan melancarkan napas Anda.

Ekstensi kaki

Ekstensi kaki adalah jenis peregangan yang sangat bagus untuk memperkuat otot paha, sehingga dapat bermanfaat ketika melakukan persalinan. Untuk melakukan olahraga sehat untuk ibu hamil ini, maka awali dengan ‘zip up’ terlebih dahulu. Ini akan melindungi punggung dan perut Anda. Caranya, bayangkan seutas benang melekat di dalam pusar Anda lalu tarik ke arah tulang belakang. Saat melakukan ini, letakkan jari Anda di pusar. Lalu rasakan otot-otot di sekitar perut Anda mengencang, namun Anda masih bisa bernapas secara normal.

Selanjutnya, untuk melakukan ekstensi kaki, maka cobalah untuk duduk di kursi selebar pinggul kaki. Lutut dan pinggul menghadap ke depan, sementara bahu mundur. Setelah itu, angkat satu lutut Anda ke ketinggian yang nyaman, dengan menjaga kaki tetap tertekuk. Dengan kaki masih terangkat, cobalah untuk meluruskan kaki secara perlahan tanpa mengunci lutut. Lalu perlahan kembalikan kaki ke posisi semula (menekuk) sambil menjaga paha tetap terangkat. Lakukan ini setidaknya 8-12 kali di satu sisi, kemudian ganti dengan sisi lainnya.

Sit-up di kantor

Sit-up adalah jenis olahraga sehat untuk ibu hamil yang bisa membantu mengencangkan kaki dan otot glutes (otot yang berperan dalam pergerakan pinggul). Namun sebelum melakukannya, pastikan kursi kantor Anda tidak memiliki roda atau pastikan ini terkunci agar Anda tidak tergelincir. Sebelum melakukan peregangan ini, maka awali dengan ‘zip up’ dahulu. Selanjutnya cobalah berdiri secara perlahan, ambil berat badan Anda melalui tumit kaki dan jaga bahu Anda ke belakang dan ke bawah. Jaga juga agar pinggul dan perut Anda tetap bagus dan kencang.

Setelah Anda berdiri (dengan lutut sedikit ditekuk), maka selanjutnya turunkan tubuh Anda secara perlahan kembali ke kursi. Dorong pantat Anda keluar ke belakang kursi, lalu duduklah sejenak dan ulangi langkah di atas. Setidaknya cobalah untuk mengulangi ini sebanyak enam kali, dengan waktu istirahat selama 30 detik.

Memiringkan panggul

Punggung dan panggul adalah dua bagian tubuh yang sangat penting untuk menopang bayi Anda. Untuk itu, kebanyakan duduk akan membuat punggung dan panggul Anda bekerja lebih keras dan mudah lelah. Selama Anda masih bekerja di kantor, maka cobalah untuk meringankan sakit punggung Anda dengan melakukan peregangan olahraga sehat untuk ibu hamil.

Caranya, duduklah di kursi Anda dengan kaki persegi di lantai. Selanjutnya kencangkan otot-otot dasar panggul Anda. Lalu peras bagian bawah tubuh Anda dengan lembut, dan lengkungkan atau tenggelamkan dalam tulang ekor Anda. Tahan tubuh Anda dengan posisi ini selama 5 detik, lalu lepaskan dengan lembut. Selanjutnya ulangi ini hingga 10 kali.

Itulah beberapa peregangan olahraga sehat untuk ibu hamil, yang bisa dilakukan selama di kantor atau ruang kerja. Cobalah lakukan ini selama waktu istirahat, atau ketika tubuh Anda sudah sangat lelah. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kembali energi untuk bisa bekerja selama kehamilan.

Post a comment for "Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil yang Bisa Dilakukan di Kantor"

Berlangganan via Email