Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Seperti Apakah yang Aman Dilakukan?

Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Seperti Apakah yang Aman Dilakukan? Anda masih bisa terus berolahraga, sama seperti saat Anda belum hamil. Menurut beberapa ahli ini cukup aman dan sehat, asalkan dilakukan dengan cara yang benar. Beberapa jenis olahraga seperti berlari, pilates, angkat beban, yoga, dan renang, masih bisa dilakukan selama kehamilan. Dengan tujuan untuk menjaga tingkat kebugaran Anda tetap baik selama kehamilan dan persalinan.

olahraga sehat untuk ibu hamil

Jenis Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil yang Bisa Meningkatkan Kebugaran

Latihan aerobik

Latihan aerobik adalah aktivitas yang bisa membuat jantung Anda berdetak lebih cepat. Ini termasuk jalan cepat, berenang, atau berbagai aktivitas senam yang diiringi dengan musik. Jika Anda baru melakukan latihan aerobik, maka mulailah secara perlahan. Kemudian secara bertahap, tingkatkan latihan ini hingga maksimal empat sesi setengah jam dalam seminggu.

Bersepeda

Bersepeda adalah latihan aerobik dengan risiko rendah yang baik untuk ibu hamil. Namun jangan lakukan olahraga sehat untuk ibu hamil ini ketika benjolan bayi Anda mulai membesar. Jika Anda terbiasa bersepeda sebelumnya, maka Anda bisa melanjutkan aktivitas ini dengan cara yang aman. Namun jika Anda merasa kurang stabil dari biasanya, maka yang terbaik adalah menjauhi sepeda atau beralih ke sepeda statis hingga bayi Anda lahir.

Pilates

Tujuan pilates adalah untuk meningkatkan keseimbangan, kekuatan, fleksibilitas, dan postur tubuh. Ini juga bisa membantu tubuh Anda menahan beban ekstra dari bayi yang sedang berkembang. Selain itu, latihan pilates juga dapat membantu Anda dalam mempersiapkan persalinan yang sehat. Bahkan ini juga bisa mempercepat pemulihan kondisi tubuh Anda pasca persalinan.

Lari

Jika Anda seorang pelari atau gemar berlari sebelumnya, maka ini cukup aman dan sehat untuk melanjutkan aktivitas tersebut selama kehamilan. Jenis olahraga sehat untuk ibu hamil ini diperbolehkan, asalkan Anda merasa baik-baik saja saat melakukannya. Mengingat berlari adalah latihan aerobik yang bagus, maka bayi Anda juga tidak akan dirugikan dengan gerakan lari.

Latihan kekuatan

Latihan kekuatan adalah jenis olahraga yang bisa membuat otot Anda lebih kuat. Ini termasuk berenang, mengangkat beban, berjalan menanjak, dan lain-lain. Latihan kekuatan ini adalah cara yang baik untuk menjaga otot Anda tetap kencang selama kehamilan. Dengan begitu, ini akan menjaga Anda dari risiko keguguran, serta dapat membantu tubuh Anda lebih siap selama persalinan.

Renang

Berolahraga dalam air umumnya dapat mendukung perkembangan janin Anda, dan ini juga tidak akan membuat perut buncit Anda tegang. Olahraga sehat untuk ibu hamil ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan detak jantung Anda, tanpa memberi tekanan ekstra pada sendi dan ligamen Anda. Jika Anda tidak memiliki kolam sendiri di rumah, maka cobalah mengikuti kelas aquanatal khusus ibu hamil. Ini adalah kelas yang aman dan menyenangkan, karena Anda mungkin akan bertemu calon ibu lainnya.

Berjalan

Berjalan adalah olahraga dasar yang bagus untuk menjaga kebugaran selama kehamilan. Anda bahkan bisa melakukannya sembilan bulan penuh, selama Anda merasa nyaman. Selain itu, berjalan adalah jenis olahraga yang gratis dan tidak memerlukan alat. Bahkan jika Anda belum terbiasa dengan olahraga, maka berjalan adalah opsi yang bagus untuk mengawalinya.

Yoga

Yoga adalah kegiatan yang berfokus pada kesejahteraan mental dan fisik. Olahraga sehat untuk ibu hamil ini menggunakan serangkaian posisi tubuh (yang disebut postur) dan latihan pernapasan. Untuk yoga kehamilan biasanya menggunakan teknik relaksasi dan pernapasan yang disesuaikan bagi ibu hamil. Jadi Anda tidak akan menemui gerakan yoga yang “panas” atau sulit dilakukan.

Kehamilan bukanlah suatu alasan untuk membatasi ruang gerak Anda dalam beraktivitas. Untuk itu melakukan beberapa olahraga sehat untuk ibu hamil masih dianggap aman dan sehat jika diteruskan. Mempertahankan olahraga yang sehat akan membuat tubuh Anda lebih bugar. Dengan demikian janin yang Anda kandung juga lebih sehat.

Post a comment for "Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Seperti Apakah yang Aman Dilakukan?"