Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Olahraga Sehat Puasa Ramadan, Badan Bugar Puasa Lancar!

Olahraga Sehat Puasa Ramadan, Badan Bugar Puasa Lancar! – Menjalankan puasa di bulan Ramadan adalah ibadah yang harus dijalankan oleh seluruh umat muslim yang telah memenuhi syarat wajib puasa. Biasanya saat sedang berpuasa sebagian besar orang merasa malas melakukan kegiatan olahraga dengan alasan takut haus dan capek. Padahal olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar di samping menjaga asupan makanan dan minuman dan menghindari stress.


Walaupun sedang puasa, sebaiknya Anda tetap melakukan kegiatan olahraga. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum kamu berolahraga. Salah satunya adalah makan teratur dan cukupi kebutuhan nutrisi serta cairan saat sahur maupun berbuka puasa. Makan sahur sebaiknya dilakukan mendekati waktu imsak, dan tidak menunda-nunda untuk berbuka puasa. Jaga pola tidur dengan teratur untuk mencukupi waktu istirahat dan menghindari stress.

olahraga sehat puasa

Jenis Olahraga Sehat Puasa

Sangat penting untuk tetap bergerak maupun berolahraga ringan agar tubuh tetap seimbang dan bugar. Saat berpuasa kita harus tetap melakukan olahraga agar sirkulasi darah tetap lancar, tidak mudah malas dan nengantuk, serta mencegah penyakit diabetes. Berikut beberapa jenis olahraga sehat puasa yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan.


Bersepeda


Olahraga ringan yang dapat dilakukan saat berpuasa adalah bersepeda. Anda dapat melakukan kegiatan ini setelah Subuh, pagi hari atau sore menjelang berbuka. Jenis sepeda statis maupun dinamis tentu dapat Anda gunakan. Lakukan aktivitas ini selama 45 menit hingga satu jam untuk menjaga tubuh tetap bugar.


Bila Anda memilih bersepeda dinamis saat olahraga sehat puasa, jangan pilih jalur yang berat seperti jalan yang menanjak agar energi tidak cepat terkuras. Lakukan kegiatan bersepeda dengan kecepatan biasa dan santai di jalan yang rata. Anda bisa bersepeda bersama teman ataupun anggota keluarga. Melakukan kegiatan bersama orang-orang terdekat selain memberi manfaat kesehatan juga dapat meningkatkan perasaan bahagia dan meredakan stres.


Jogging


Jogging santai mengelilingi area perumahan sangat baik dilakukan selama berpuasa. Anda bisa melakukan kegiatan ini beberapa jam setelah sahur atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Melakukan jogging bersama orang terdekat selama 30 menit sudah cukup membuat badan tetap bugar dan hati Anda merasa senang. Kegiatan olahraga ini sebaiknya dilakukan dengan intensitas ringan untuk menghindari badan yang terlalu lelah dan kekurangan cairan.


Yoga


Yoga termasuk kegiatan olahraga sehat puasa yang bisa dijadikan alternatif. Melakukan gerakan lembut dan perlahan, peregangan otot, dan teknik pernafasan yang dilakukan dapat membantu mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Olahraga ini juga membantu melancarkan suplai oksigen ke dalam otak sehingga kita tetap merasa rileks selama berpuasa. Anda dapat melakukan olahraga yoga kapan pun, pilihlah rangkaian gerakan yang mudah dan lakukan di tempat yang tenang agar Anda bisa berkonsentrasi.


Olahraga dengan Naik dan Turun Tangga


Kegiatan naik-turun tangga adalah olahraga yang paling ringan dan mudah dilakukan. Tapi jangan salah, dengan melakukannya selama lima hingga sepuluh menit jumlah kalori yang dibakar sekitar 175-500 kalori per jam. Lakukan olahraga ini selama tiga puluh detik, selingi dengan istirahat selama 30 detik. Lanjutkan lagi selama tiga puluh detik sambil diselingi istirahat selama 30 detik. Terus lakukan kegiatan ini berselang-seling selama lima hingga sepuluh menit.


Demikianlah beberapa jenis olahraga sehat puasa yang bisa dilakukan. Perlu diingat bahwa sebelum melakukan olahraga, Anda harus mengkonsumsi makanan bernutrisi lengkap yaitu yang mengandung karbohidrat, protein, serat, dan vitamin. Minumlah air putih dengan jumlah yang cukup banyak untuk mencegah tubuh kekurangan cairan saat berolahraga.  


Post a comment for "Olahraga Sehat Puasa Ramadan, Badan Bugar Puasa Lancar!"