Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Olahraga Sehat Puasa, Mitos atau Fakta?

Olahraga Sehat Puasa, Mitos atau Fakta? Sebagian orang saat berpuasa memilih untuk tidak melakukan olahrgaga. Alasannya beragam, ada yang merasa badan menjadi lemas. Ada yang khawatir tidak kuat dan efeknya puasanya menjadi batal. Namun sebenarnya bagaimanakah efek puasa pada tubuh. Apakah memang puasa membuat tubuh menjadi lemas dan bahan berpotensi membatalkan puasa atau justru olahraga sangat dianjurkan saat puasa? Simak deh fakta mengenai olahraga saat berpuasa.

olahraga sehat puasa.

Manfaat Puasa

Puasa adalah menahan makan dan minum dari terbit matahari sampai terbenam matahari. Beberapa manfaat puasa adalah menyehatkan jantung, mengurangi resiko terkena penyakit kanker, menjaga berat badan dalam kondisi ideal, dan banyak lagi manfaat puasa. Dengan berpuasa maka seseorang seperti dipaksa untuk makan dengan disiplin yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Perhatikan asupan cairan yang masuk agar kondisi tubuh tidak dehidrasi.

Intensitas Olahraga Sehat Puasa

Intensitas olahraga saat berpuasa bisa diturunkan sedikit dari yang biasa. Untuk yang sudah rutin dan terbiasa memang tidak masalah. Untuk yang kurang terbiasa, ada baiknya ditingkatkan perlahan-lahan intensitasnya. Awali dengan yang ringan, ketika mulai terbiasa dan merasakan nyaman, tingkatkan sedikit. Begitu sudah nyaman di intensitas sedang, bisa ditingkatkan menjadi lebih berat, sampai akhirnya sama dengan kondisi saat tidak puasa. Agar tidak dehidrasi, dapat dilakukan jelang berbuka. Sekitar satu atau dua jam sebelum Maghrib merupakan waktu terbaik olahraga sehat puasa.

Jenis Olahraga Sehat Puasa

Meskipun sebenarnya olahraga tidak menjadi penghalang untuk tetap menjalankan olahraga, namun bagi sebagian orang yang belum terbiasa sebaiknya memang memilih olahraga yang ringan. Sehingga kekhawatiran akan rusaknya puasa tidak perlu terjadi. Namun untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan metabolism tetap terjaga dengan baik, olahraga perlu dilakukan. Latihan yang rutin justru membuat tubuh lebih kuat dan tidak lemas meskipun dalam kondisi berpuasa.

Olahraga sehat puasa yang paling ringan misalnya yoga. Dengan yoga anda tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak tenaga. Namun efek yang dirasakan cukup baik untuk tubuh. Bahkan dengan berada di rumah dalam kondisi duduk pun yoga dapat dilakukan. Yoga lebih berfokus pada latihan pernafasan yang fungsinya agar oksigen mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Olahraga ringan berikutnya adalah angkat beban. Tidak perlu terlalu berat beban yang diangkat, asalkan ada proses berlatih yang terjadi agar otot tetap aktif dan tidak kaku.

Selanjutnya dapat memilih olahraga seperti jalan santai. Olahraga ini tidak memerlukan usaha dan tenaga yang besar untuk melakukannya. Seperti halnya jalan santai, dua olahraga lain yang bisa menjadi pilihan saat puasa adalah jogging ringan dan bersepeda di sore hari. Cukup aman dilakukan bagi mereka yang memang tidak terbiasa berolahraga saat berpuasa. Badan tetap fit dan puasa juga lebih terjaga. Metabolisme tubuh dan manfaat puasa akan lebih terasa di tubuh.

Olahragawan Yang Rutin Puasa Saat Pertandingan

Terdapat dua atlet internasional yang rutin berpuasa saat pertandingan.  Yang pertama Zinedine Zidane, atlet sepakbola. Zidane terkenal dengan kebiasaannya puasa Senin Kamis selain tentu saja puasa Ramadhan. Pemain terbaik dunia ini adalah kapten tim nasional Prancis. Saat ini Zidane sudah pensiun dan aktif sebagai pelatih. Sedangkan atglet kedua yang rutin olahraga sehat puasa adalah Hakeem Olajuwon, pebasket berprestasi yang tidak pernah meninggalkan puasa saat bertanding.

Mereka berdua selalu olahraga sehat puasa meskipun sedang menghadapi pertandingan yang penting. Mereka bahkan merasa lebih kuat ketika bertanding saat berpuasa. Sesungguhnya tingkat keimanan yang dapat mengatasi segala kekhawatiran dalam berpuasa. So, terbukti kan puasa tidak membuat lemas. Untuk yang masih khawatir stamina akan turun bahkan batal karena tidak terbiasa, silakan lakukan olahraga ringan. Bisa juga melakukan olahraga saat jelang adzan Maghrib atau setelah berbuka puasa. Usahakan jangan tinggalkan olahraga meski sedang berpuasa ya agar manfaat optimal berpuasa didapatkan.


Post a comment for "Olahraga Sehat Puasa, Mitos atau Fakta?"