Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Obat Penambah Darah Alami yang Aman untuk Dikonsumsi

qsehat.com - Obat penambah darah alami menjadi salah satu pilihan bagi sebagian orang yang terkena anemis. Selain mudah didapatkan, murah juga aman untuk dikonsumsi. Anemia merupakan suatu kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Oksigen di bawa ke seluruh tubuh dengan menggunakan hemoglobin.

Berbeda dengan obat-obatan kimia yang cenderung memiliki efek samping. Seperti menyebabkan kantuk, sehingga kurang cocok diminum ketika akan berangkat kerja. makanan atau minuman penambah darah alami sangat dianjurkan bagi Anda karena biasanya akan minim resiko untuk tubuh.


Obat penambah darah alami
Obat penambah darah alami
Inilah Pilihan Makanan Penambah Darah Paling Ampuh

Tidak banyak yang tahu, jika beberapa makanan di sekitar kita dapat menjadi obat anemia alami, diantaranya:

1. Kurma yang Berfungsi untuk Mengontrol Jumlah Darah Merah

Makanan penambah darah paling ampuh yang pertama ada pada buah kurma. Meskipun seringkali lebih banyak tersedia di bulan Ramadhan, akan tetapi Anda juga tetap bisa menjumpainya di hari-hari biasa. Banyaknya online shop akan memudahkan Anda untuk mendapatkan kurma apa saja setiap harinya.

Zat besi, vitamin C, Vitamin B, serta antioksidan terkandung di dalam kurma. Kandungan nutrisi tersebut sangat membantu tubuh untuk mengontrol jumlah darah merah di dalam tubuh. Mulailah rutinkan mengonsumsi kurma untuk obat penambah darah alami yang aman dan banyak khasiatnya.

2. Sumber Zat Besi pada Buah Apel

Selain zat besi, di dalam buah apel juga terkandung vitamin dan mineral yang banyak. Maka dari itu, apel menjadi salah satu makanan penambah darah paling ampuh yang aman untuk dikonsumsi. Nutrisi yang terkandung di dalam buah apel akan membantu meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh.

Jika Anda belum terbiasa mengonsumsi apel, mulailah dengan memakan satu apel setiap harinya. Lalu, jadikan mengonsumsi satu buah apel tersebut sebagai kebiasaan baik untuk obat penambah darah alami.
3. Nutrisi di dalam Buah Pisang yang Bermanfaat untuk Penambah Darah

Zat besi, kalium, vitamin, serta mineral terdapat di dalam buah pisang. Ketika Anda rutin memakan satu buah pisang perharinya, banyak manfaat yang akan didapatkan. Di antaranya membantu menyembuhkan anemia, serta sangat baik bagi kesehatan tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi minimal satu buah pisang setiap harinya.

4. Kismis untuk Meningkatkan Kadar Darah

Makanan penambah darah paling ampuh selanjutnya ada pada kismis. Zat besi, kalsium, kalium serta nutrisi lainnya ada pada makanan yang satu ini. Kadar darah Anda akan meningkat dengan baik jika Anda rutin mengonsumsinya.

5. Jumlah Hemoglobin dapat Ditingkatkan dengan Mengonsumsi Madu

Madu menjadi salah satu obat penambah darah alami yang wajib masuk daftar list makanan Anda. Kaya akan zat besi, vitamin, serta mineral membuat madu sangat direkomendasikan bagi penderita anemia. Kandungan nutrisi tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh.

Jika Anda tidak suka menikmati madu saja, Anda bisa menambahkan lemon di dalamnya. Cukup siapkan segelas air hangat, 2 sendok makan madu dan satu buah lemon. Campurkan madu dan air hangat, lalu tambahkan perasan lemon di dalamnya kemudian aduk merata.

Karena selain madu, lemon yang kaya akan vitamin C juga sangat baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi yang ada pada lemon membantu penyerapan zat besi dalam darah. Buah lemon juga salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita anemia.

Demikianlah beberapa obat penambah darah alami yang aman untuk Anda konsumsi. Jadikan mengonsumsi beberapa makanan tersebut sebagai menu wajib harian Anda. Tidak harus semua makanan Anda pilih, cukup salah satu atau dua saja, lalu jadikan itu sebagai kebiasaan.

Post a comment for "5 Obat Penambah Darah Alami yang Aman untuk Dikonsumsi"