Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Obat Batuk Berdahak Alami untuk Anak, Wajib Coba!

qsehat.com - Memilih obat batuk berdahak alami untuk anak tidak boleh coba-coba alias sembarangan. Khususnya saat pergantian musim, imun tubuh sang buah hati sangat rentan. Bila sedang sakit dan hanya diberi obat asal-asalan, kondisi kesehatannya dikhawatirkan bisa menjadi lebih parah.

Selain tentunya berkonsultasi dengan dokter ahli, Anda bisa memberikan perawatan pertama di rumah dengan memberikan obat yang terbuat dari bahan alami tanpa efek samping. Berikut ini beberapa rekomendasi terbaik pengobatan alami batuk pada anak!

obat batuk berdahak alami untuk anak
obat batuk berdahak alami untuk anak

Inilah Rekomendasi Obat Alami Batu untuk Anak

Mudah didapat, harga terjangkau, tidak ada efek samping, dan mudah dibuat serta diaplikasikan, ini dia bahan-bahan alami untuk mengobati batuk anak Anda:

1. Teh Herbal & Madu 

Madu merupakan obat batuk berdahak alami batuk anak karena memberikan efek lega di tenggorokan. Cara penggunaanya yaitu campurkan dua sendok teh madu dengan air hangat atau lebih baik teh herbal. Minum campuran ini satu atau dua kali sehari. Tetapi perlu diingat, jangan berikan kepada bayi di bawah usia satu tahun karena rentan menimbulkan reaksi alergi.

2. Jahe

Selain digunakan sebagai obat alami batuk kering, jahe juga bermanfaat sebagai bahan jamu untuk segala kebutuhan, termasuk sebagai obat batuk berdahak alami untuk anak. Jahe  memiliki formula anti peradangan yang dapat melemaskan membran di saluran udara sehingga secara otomatis intensitas batuk akan berkurang.

Cara menggunakan jahe sebagai obat alami batuk adalah: seduh 20-40 gram irisan jahe ke dalam secangkir air panas, setelah itu diamkan selama beberapa menit sebelum di minum. Anda juga bisa menambahkan madu atau perasan lemon untuk meningkatkan khasiatnya. Namun Anda perlu mengurangi porsi nya jika anak Anda mempunyai riwayat masalah pada lambung.

3. Air putih

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangat penting bagi anak Anda yang sedang batuk. Meminum air putih dengan suhu ruangan terbukti efektif meredakan gejala batuk, pilek dan bersin-bersin. Bila anak Anda batuk berdahak disertai gejala flu berat, maka air hangat adalah pilihan terbaik.

4. Berkumur Air Garam

Konon, garam adalah obat alami batuk kering dan berdahak yang paling mudah dan murah. Karena garam bekerja menyerap cairan berlebih dari jaringan tenggorokan yang bengkak, sehingga banyak dipakai untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Menggunakan air garam sebagai obat batuk berdahak alami untuk anak, caranya adalah aduk rata satu sendok teh garam dengan satu gelas air hangat, lalu minta anak berkumur di bagian belakang tenggorakan selama beberapa saat sebelum membuangnya. Ini akan mengurangi dahak sehingga anak pun tidak terganggu dengan tenggorokan gatal lagi.

5. Jus Lemon Segar

Jus lemon merupakan salah satu obat batuk berdahak alami untuk anak populer yang  juga telah direkomendasikan oleh Mayo Clinic. Kandungan antioksidan dan vitamin C tinggi dalam jus lemon segar membantu mengatasi pilek, flu, dan laringitis.

Berikan satu sendok teh jus lemon segar untuk anak Anda secara berkala setiap tiga jam. Perlu diperhatikan, jus lemon dapat menyebabkan dehidrasi, maka pastikan anak Anda juga minum banyak air putih.

6. Ekspektoran

Bila pengobatan alami tidak mengatasi batuk anak, maka Anda bisa memberikan obat ekspektoran; obat yang digunakan sebagai pereda batuk berdahak dengan cara mengencerkan dahak.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan humidifier atau pelembab udara untuk menciptakan kelembaban udara yang baik dan menenangkan si kecil saat tidur.

Nah, setiap obat batuk berdahak alami untuk anak yang direkomendasikan di atas dapat Anda berikan pada si kecil sebagai minuman hangat, karena tentu akan terasa lebih nyaman mengkonsumsi minuman hangat saat batuk. Jika batuk anak tak kunjung sembuh, segera konsultasikan dengan dokter ahli agar mendapat perawatan yang tepat.

Post a comment for "6 Obat Batuk Berdahak Alami untuk Anak, Wajib Coba!"

Berlangganan via Email