Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Rekomendasi Menu Diet Diabetes Melitus, Wajib Dicatat!

Qsehat.com - Menu diet diabetes melitus merupakan menu yang harus dikonsumsi oleh penderita kencing manis. Menyandang status sebagai pasien diabetes melitus bukanlah sesuatu yang menyenangkan, bukan? Pasalnya, banyak jenis makanan yang terpaksa harus dikurangi atau bahkan dihindari.

Hal seperti ini mau tak mau harus dilakukan, karena makanan adalah pemicu utama kenaikan kadar gula di dalam darah. Oleh karena itu, pada beberapa kasus, pasien diharuskan melakukan diet. Lantas, apa saja menu diet penderita diabetes melitus yang direkomendasikan dokter dan aman untuk dikonsumsi?

menu diet diabetes melitus
menu diet diabetes melitus
Daftar Menu Diet Diabetes Melitus yang Enak dan Aman 

Diabetes melitus bukan penyakit musiman yang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, butuh perawatan dan pengendalian diri untuk jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, perubahan dalam gaya hidup perlu dilakukan, salah satunya yaitu tentang makanan alias menu diet diabetes melitus.

Hal yang harus disadari adalah penderita diabetes pun membutuhkan asupan nutrisi. So, keputusan untuk menghentikan salah satu asupan nutrisi adalah salah. Tindakan yang perlu dilakukan hanyalah memilih sumber nutrisi yang tepat dan sehat. Seperti menu makan diet diabetes melitus di bawah ini

1. Sumber Karbohidrat

Orang Indonesia memang sangat identik dengan keberadaan nasi putih. Namun, sumber karbohidrat yang satu ini sangat tidak disarankan ada di menu makanan diet diabetes melitus. Hal ini dikarenakan nasi putih memiliki kandungan glikemik yang cenderung lebih tinggi dari sumber karbohidrat lainnya.

Sehingga dokter menyarankan untuk mengganti dengan nasi merah. Karena terbukti tidak hanya tinggi serat dan vitamin, tetapi kadar glikemiknya juga lebih rendah. Sehingga sangat cocok dijadikan salah satu menu diet Diabetes Melitus. Sumber karbohidrat lainnya yang patut dicoba adalah oat, gandum utuh, serta kentang.

2. Sumber lemak

Kehadiran lemak di dalam tubuh berperan sebagai sumber energi cadangan. Namun, asupannya harus tetap dibatasi sekitar ≤ 30% dari total kebutuhan energi atau sekitar 20-25% dari kebutuhan kalori. Contoh menu diet diabetes melitus yang berfungsi sebagai sumber lemak adalah susu beserta produk olahannya.

3. Sumber Protein

Untuk mendukung keberlangsungan sel-sel di dalam tubuh, asupan protein tak boleh terlewatkan. Pastikan ada sumber protein yang tepat di dalam menu diet diabetes melitus. Seperti kacang-kacangan, aneka ikan, daging tanpa lemak, cumi, udang, tahu, tempe, maupun ayam tanpa kulit.

4. Sumber Serat

Pada penderita diabetes, kebutuhan serat per harinya berkisar antara 25 sampai 35 gram. Selain itu, serat juga dapat menyempurnakan menu diet untuk diabetes melitus. Karena dapat membuat rasa kenyang lebih lama, menurunkan kadar gula, dan lain-lain. Sumber serat bisa didapatkan dalam aneka sayur dan buah-buahan.

5. Sumber Gula

Diabetes melitus memang penyakit yang disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Namun, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan gula sama sekali. Hal yang perlu diketahui adalah batas aman konsumsi dalam menu diet diabetes melitus. Bukankah segala sesuatu yang berlebihan juga tidak baik?

Untuk meningkatkan peran insulin di dalam tubuh, pilih gula yang mengandung kromium. Yaitu sejenis zat yang berguna untuk meningkatkan kontrol gula di dalam tubuh. Hindari segala macam minuman kemasan yang banyak mengandung bahan pemanis sintetis (buatan) di dalam menu diet pasien diabetes melitus.

Demikian ulasan mengenai menu diet diabetes melitus yang aman untuk tubuh. Imbangi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti rutin berolahraga, istirahat yang cukup, serta hindari stres. Mengubah gaya hidup sama dengan memberi waktu lebih lama pada tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan salam hidup sehat bebas diabetes.

Post a comment for "5 Rekomendasi Menu Diet Diabetes Melitus, Wajib Dicatat!"