Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggerakkan Badan Untuk Olahraga Sehat Puasa

Menggerakkan Badan Untuk Olahraga Sehat Puasa – Saat puasa harus tetap bergerak agar badan tetap bugar dan sehat selama menjalakan ibadah puasa, dengan harapan antara ibadah dan pekerjaan bisa dilalukan bersamaan. Mengingat pentingnya olahraga maka ada baiknya tetap dikerjakan di bulan puasa meskipun dengan penyesuaian yang ada. Puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib bagi umat muslim yang sudah baliq, tidak makan dan minum dimulai dari terbit fajar sampai matahari terbenam ditandai dengan berkumamdangnya adzan magrib. Saat sudah boleh berbuka puasa.


Jadi pada siang hari perut dalam keadaan kosong dan mungkin ada juga yang merasakan badannya lemas kurang bersemangat. Oleh karena itu menjaga fisik tetap semangat disiang hari harus diupayakan. Olahraga merupakan jawaban dari  pernyataan supaya  badan tetap bersemangat. Namun, jenis olahraga apa yang cocok saat menjalankan kewajiban puasa? Karena pada saat olah raga tubuh banyak ber keringat.

olahraga sehat puasa

Cara melakukan olahraga sehat puasa

Olahraga saat perut dalam keadaan kosong tidak dianjurkan, karena itu supaya tetap sehat maka perlu memilih cara melakukan olahraga sehat puasa di saat yang tepat. Beberapa pendapat menyatakan bahwa pagi hari sesudah salat subuh dan menjelang berbuka puasa waktu yang baik untuk berolahraga.  Sebagaian ada yang mengatakan sesudah berbuka puasa sampai menjelang salat isya’ dapat dimanfaatkan untuk berolahraga.


Banyak yang memilih untuk melakukan jogging atau sekedar jalan -jalan, sesudah salat subuh. Waktu tersebut udara masih segar dan tubuh pun juga masih bugar, ini termasuk juga olahraga sehat saat puasa. Kurang lebih sekitar tiga puluh menit saat ngabuburit atau sebelum berbuka puasa juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan olahraga. Usai olahraga, cairan tubuh yang hilang segera bisa diganti saat berbuka puasa.

Jenis olahraga sehat puasa yang aman dikerjakan

Untuk menciptakan tubuh yang sehat kala puasa tidak setiap jenis olahraga bisa dilakukan. Lalu olahraga apa yang nyaman untuk dilakukan waktu puasa? Baiknya olahraga ringan dan tidak banyak mengeluarkan energi supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi. Olahraga sehat puasa yang ringan bisa dipilih seperti misalnya bersepeda, jalan kaki, jogging dan yoga. Jika harus melakukan olahraga berat saat puasa, bisa dilakukan menjelang berbuka. Karena setelah olahraga cairan tubuh yang hilang dapat segera diganti.


Jalan kaki merupakan salah satu olah raga ringan dan tidak banyak mengeluarkan tenaga. Ini sangat pas dengan keadaan saat puasa. Selain itu jogging juga olahraga yang mudah dikerjakan waktu menjalankan ibadah puasa. Memang harus jeli untuk memilih olahraga saat puasa yang bertujuan untuk menggerakkan badan agar sehat selama berpuasa. Salah memilih jenis olahraga justru akan membuat tubuh tersiksa.


Bersepeda berkeliling di lingkungan tempat tinggal juga bisa menjadi pilihan, karena tidak banyak mengeluarkan energi  dan juga bisa dikerjakan dengan santai bersama keluarga, atau teman sebaya dan juga dengan tetangga. Manfaatnya tentu banyak, hubungan keluarga bisa lebih dekat dan pertemanan juga bisa lebih baik. Jadi sehatnya dapat dan silaturahminya juga dapat. Itulah olahraga sehat puasa, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.


Bila tidak menginginkan olahraga diluar rumah, olahraga yoga bisa dijadikan pilihan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran waktu puasa. Yoga bisa dilakukan didalam rumah atau dikamar dengan mengunakan matras sebagai alas, bisa juga selimut tebal.  Yoga merupakan kegiatan mengolah badan  dan jiwa yang terpusat pada kekuatan, fleksibilitas atau kelenturan dan olah pernapasan, keluar masuknya napas melalui hidung dengan konsentrasi untuk meningkatkan kualitas keseimbangan antara jiwa dan raga. Rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen pokok yoga. Jadi Yoga bisa dipilih untuk olahraga sehat puasa

 


Post a comment for "Menggerakkan Badan Untuk Olahraga Sehat Puasa"