Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Tidur Siang, No 3 Bikin Tak Percaya

Manfaat Tidur Siang, No 3 Bikin Tak Percaya - Kamu pasti tidak pernah mengira bukan jika tidur siang ternyata membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh? Tidak hanya untuk anak-anak, menurut penelitian tidur siang juga bermanfaat untuk orang dewasa. Jadi, apabila Kamu bekerja tidak ada salahnya apabila mengambil waktu sejenak di sela kerja untuk tidur siang sebentar. Tidur siang justru meningkatkan kinerja dan daya ingat, sehingga Kamu bisa lebih produktif.

Manfaat Tidur Siang yang Jarang Dikeahui

Tidak semua orang dapat meluangkan waktu tidur siang dengan cukup. Apalagi untuk orang dewasa yang bekerja di kantor. Padahal tidur siang sangat bermanfaat dan baik sekali untuk kesehatan tubuh. Tidur siang meskipun Cuma setengah jam saja, dianggap sudah memberi manfaat yang besar untuk tubuh. Jadi, akan lebih baik apabila Kamu meluangkan waktu sebentar saja untuk sekedar tidur siang di sela-sela kerja. Penasaran apa saja manfaatnya, yuk simak di sini:

Manfaat tidur siang

Meningkatkan Daya Ingat

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa tidur siang memiliki peran penting bagi otak dalam menyimpan ingatan. Manfaat tidur siang, Kamu bisa mengingat hal-hal yang telah dipelajari pada hari itu. Manfaat lain yang dapat dirasakan adalah mencegah Kamu melupakan hal-hal yang penting. Misalnya saja keterampilan motorik, ingatan verbal dan lain-lain. Inilah mengapa tidur siang sangat dianjurkan mengingat manfaatnya yang baik untuk otak.

Aktivitas Tetap Produktif

Apa yang Kamu rasakan apabila seharian mengerjakan tugas? Tentu saja selain merasakan lelah, kinerja Kamu cenderung menurun seiring berjalannya waktu. Maka, jangan heran apabila setelah jam makan siang berlalu, banyak pekerja yang konsentrasinya mulai menurunn dan tidak fokus. Akibatnya beberapa pekerjaan akan terkendala. Untuk mengatasi hal tersebut tidur siang bisa membantu mengembalikan kinerja dan konsentrasi.

Meningkatkan Mood dan Mengembalikan Suasana Hati

Manfaat tidur siang tidak hanya untuk meningkatkan daya kreativitas otak dan produktivitas saja. Bagi Kamu yang sedang merasakan suasana hati yang sedih atau bad mood, cobalah sejenak untuk tidur siang. Cara ini dirasakan cukup efektif untuk mengembalikan semangat. Tidak harus lama, tidur siang yang efektif untuk mengistirahatkan tubuh bisa walau hanya satu jam saja. Penelitian para ahli relaksasi mengatakan bahwa berbaring atau beristirahat dapat menambah suasana hati menjadi lebih baik, baik Kamu tertidur atau tidak.

Meningkatkan Kreativitas

Dalam keseharian terdapat pekerjaan yang memang menuntut kreativitas yang tinggi. Ditengah tuntutan  tersebut, ada kalanya Kamu akan merasa buntu. Jika merasakan hal tersebut, Kamu bisa mencoba untuk tidur siang beberapa menit saja untuk mengembalikan kreativitas yang buntu. Bahkan manfaat ini telah dibuktikan oleh study yang dilakukan olehpsikiater dari Universitas California. Studi tersebut membuktikan bahwa orang yang mempunyai kegiatan tidur siang akan lebih kreatif dari pada mereka yang jarang tidur siang.

Meningkatkan Kesabaran

Suka tidak sabaran? Mengapa tidak mencoba untuk tidur siang walau hanya sebentar saja. Penelitian yang dilakukan bahwa manfaat tidur siang bisa membuat Kamu menjadi lebih sabar, lho. Dalam penelitian ini, koresponden diminta untuk mengerjakan tugas yang sangat menyebalkan. Dari hasil penellitian tersebut didapatkan bahwa koresponden yang telah tidur siang mampu bersabar mengerjakan tugas tersebut dalam waktu yang lebih lama. Sedangkan yang tidak tidur siang hanya mampu mengerjakannya selama 45 menit saja.

Nah, itulah beberapa manfaat tidur siang yang jarang diketahui banyak orang. Kini, dengan mengetahui manfaatnya, tentunya Kamu akan lebih sering meluangkan waktu untuk beristirahat walau hanya sebentar saja. Setelah itu, Kamu bisa merasakan manfaatnya yang luar biasa. Tubuh yang lelah setelah seharian bekerja akan kembali prima dan produktif. Begitu pula dengan kinerja otak. Semoga bermanfaat dan selamat beristirahat siang!

Post a comment for "Manfaat Tidur Siang, No 3 Bikin Tak Percaya"