Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Tanaman Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tanaman Kelor Bagi Kesehatan Tubuh. Alam memang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, oleh karenanya banyak sekali tumbuhan dan tanaman yang mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah tanaman kelor. Kelor biasa disebut juga dengan merunggai, ia merupakantanaman dari jenis moringaceae. Di beberapa negara, tanaman ini memiliki beberapa nama yang berbeda di antaranyaben-oil, drumstick, horse radish tree, malungg gay, dan kugamoringa.

Meskipun dianggap liar, ternyata tanaman ini juga bisa dijadikan sayur.  Di Indonesia daun kelor biasanya dijadikan sayur bening. Namun ada juga yang menambahkannya pada sayur sop, telur dadar, adonan tempe maupun bakwan. Selain dijadikan penganan, kenyataannya tanaman ini mempunyai banyak manfaatbagi tubuh.

Manfaat tanaman kelor 

Manfaat Tanaman Kelor

Sebagai anti oksidan

Manfaat tanaman kelor salah satunya adalah sebagai sumber anti oksidan bagi tubuh. Daun kelor ternyatamempunyai kandungan anti oksidan yang tinggi, yang bergunadalam perlindungan terhadap sel tubuh dari pengaruh radikal bebas.

Sumber nutrisi tubuh

Daun kelor mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan mineral dan vitamin pada daun kelor dapat diperoleh dengan cara mengonsumsinya sekitar 20 gram sehari, agar mendapatkan manfaat yang diinginkan.

Membantu menambah daya ingat

Manfaat tanaman kelor yang lainnya adalah mampu menambah daya ingat. Ini dikarenakankandungan anti oksidan dan zat kimia di dalam daun kelor dapat mengurangi stres. Selain itu juga mampu meredakan peradangan di otak. Hal tersebut sehingga mampu meningkatkan daya ingat pada otak. 

Manfaat Tanaman Kelor Dalam Mengatasi Penyakit

Membantu menurunkan gula

Bagi Anda penderita penyakit diabetes, cobalah untuk mengonsumsi daun kelor ini secara rutin. Dengan mengonsumsinya secara rutin akan mendapatkan perbedaan pada tubuh. Namun tetap harus melakukan pengecekan kadar gula agar terpantau hasilnya secara klinis.

Menurunkan kolesterol

Manfaat tanaman kelor untuk menurunkan kolesterol memang sudah dibuktikan. Karena dengan mengonsumsi daun kelor setara dengan Anda mengonsumsi oats atau almond yang terbilang cukup mahal. Sedangkan dengan mengonsumsi daun kelor lebih hemat. Dengan rutin makan daun kelor mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Dapat mencegah terjadinya anemia

Daun kelor mengandung zat besi yang tinggi, sehingga baik bagi tubuh. Dengan begitu hemoglobin di dalam tubuh akan cepat terbentuk dengan bantuan zat besi yang cukup. Sehingga tubuh dapat terhindar dari anemia. Mengonsumsi daun kelor secara rutin akan membuat wajah dan kulit menjadi lebih segar karena efek dari kebutuhan sel darah merah yang cukup.

Dapat mencegah penyakit kanker

Manfaat tanaman kelor dapat memperlambat pertumbuhan dari sel-sel kanker. Dengan makan daun kelor secara teratur akan membantu proses kemoterapi penyembuhan kanker menjadi lebih efektif. Oleh karenanya bagi pasien pengidap kanker dalam menu dietnya dianjurkan untuk ditambahkan daun kelor.

Membantu mengatasi infeksi bakteri

Daun kelor mengandung antimikrobial, yang mana dapat memusnahkan bakteri gram positif.Umumnya infeksi ini terjadi pada kulit maupun pada kasus diare. Dengan memakan daun kelor yang sudah diolah dapat membantu pemulihan pada kejadian diare maupun infeksi kulit.

Membantu meredakan asam urat

Isotiosianat yang terkandung pada daun kelor mampu menjadikan manfaat tanaman keloruntuk  membantu mengurangi rasa sakit pada gejala asam urat yang tinggiataupun kasus reumatik. Karena isotiosianat merupakan anti peradangan.

Daun kelor memang mempunyai bayak manfaat, dengan berkembangnya teknologi, saat ini sudah banyak dijumpai ekstrak kelor baik dalam bentuk kapsul maupun disajikan seperti minum teh. Karena banyaknya manfaat tanaman kelor inilah banyak orang membudidayakan tanaman ini.Caranya cukup gampang, hanya dengan menancapkan batang kelor di tanah ia dapat tumbuh dengan segera. Nah bagi Anda yang ingin hidup sehat jangan lupa konsumsi daun kelor ya. Selamat mencoba

Post a comment for "Manfaat Tanaman Kelor Bagi Kesehatan Tubuh"