Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Olahraga yang Sehat bagi Ibu Hamil Muda

Manfaat olahraga yang sehat bagi ibu hamil muda. Kondisi sedang mengandung tentunya bukan alasan untuk ibu hamil muda tetap berada di atas tempat tidur sepanjang hari. Ini karena aktivitas fisik ringan atau dnegan menyengaja memberi waktu untuk berolahraga akan membuat tubuh ibu hamil lebih bugar.

Ada banyak referensi olahraga aman bagi ibu hamil, di antaranya ialah yoga, kegel, pilates dan lain sebagainya. Jika sebagian ibu hamil enggan berolahraga karena takut kelelahan dan berdampak buruk pada janin, maka sebaiknya ibu hamil perhatikan beberapa manfaat olahraga bagi ibu hamil di bawah ini.

olahraga yang sehat bagi ibu hamil muda 

Manfaat Olahraga yang Sehat bagi Ibu Hamil Muda

Berikut adalah beberapa manfaat melakukan olahraga yang sehat bagi ibu hamil muda:

Mengelola kenaikan berat badan

Manfaat olahraga yang dilakukan ketika masa kehamilan yakni dapat mengelola kenaikan berat badan. Dengan dibarengi pola makan yang sehat, ibu hamil dapat mencegah risiko kelebihan berat badan tidak nomal ketika mengandung. Selain itu, ibu hamil juga akan lebih mudah menurunkan berat badan seusai melahirkan.

Membuat tidur lebih nyenyak

Tidak dapat dipungkiri bahwa stess menjadi salah satu sebab orang mengalami gangguan tidur. Namun dengan rutinnya ibu hamil muda melakukan olahraga yang sehat bagi ibu hamil muda, tubuh secara alamiah akan menata tidur supaya lebih cepat terlelap dengan tidur yang berkualitas. Dihasilkannya hormon endorfin dalam tubuh pun akan membuat ibu hamil merasa tenang, menghindarkan dari stress dan semakin meningkatkan kualitas tidur.

Mempermudah proses persalinan

Berdasarkan beberapa penelitian, kegemaran ibu hamil muda rutin berolahraga dapat mempermudah dan mempersingkat waktu persalinan. Ini karena dengan berolahraga, jalan lahir bumil dan otot panggul akan lebih kuat. Selain itu, ibu hamil tentunya juga memiliki tenaga dan dtamina yang lebih tinggi untuk mendorong keluarnya janin dari rahim.

Meringankan risiko komplikasi selama kehamilan

Selama hamil, kadar gula darah dalam tubuh cenderung meningkat ketimbang sebelum masa kehamilan. Inilah yang membuat ibu hamil rentan mengidap diabetes gentasional. Nah, salah satu manfaat dari olahraga yang sehat bagi ibu hamil muda adalah dapat mencegah risiko terjadinya komplikasi. Selain itu, olahraga saat hamil juga mampu meringankan risiko preeklamsia.

Mengurangi rasa sakit dan nyeri otot

Tidak dapat dipungkiri bahwa nyeri otot adalah hal yang lumrah bagi ibu hamil. Namun rutinnya olahraga yang sehat bagi ibu hamil akan dapat mengurangi rasa nyeri punggung dan tulang ekor yang dirasakan. Di antara jenis olahraga yang disarankan untuk mengurangi rasa sakit ini yakni dengan berjalan kaki, senam kagel, berenang, dan yoga.

Meringankan risiko sembelit

Kondisi lumrah bagi ibu hamil muda berikutnya yakni sembelit. Kondisi ini disebabkan oleh tingginya hrmon prodesteron, lambannya gerak makanan melalui daluran pencernaan, dan tekanan pada dubur selama hamil. Namun ibu hamil tidak perlu cemas, karena denga rutin melakukan olahraga yang sehat bagi ibu hamil muda akan dapat meringankan risiko sembelit.

Mengurangi risiko keharusan persalinan caesar

Dengan melakukan olahraga seperti berjalankaki, berenang, senam kagel, pilates, dan olahraga-olahraga ringan lainnya harinya dapat membantu anda jika merencanakan kehamilan secara normal. Karena itu, untuk mengurangi risiko keharusan melakukan persalinan caesar, forsep maupun, episiotomi dapat anda lakukan dengan rutin 20 – 30 menit dalam sehari melakukan olahraga ringan tersebut.

Masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan olahraga yang sehat bagi ibu hamil muda. Meski olahraga ringan seperti jalan kaki, renang, dan lain sebagainya aman bagi kandungan, olahraga-olahraga tersebut sebaiknya dihindari bagi ibu hamil yang memiliki komplikasi kehamilan.

Post a comment for "Manfaat Olahraga yang Sehat bagi Ibu Hamil Muda"