Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil. Berolahraga mungkin adalah hal terakhir yang Anda pikiran selama kehamilan. Padahal banyak penelitian menyebutkan jika olahraga memiliki banyak manfaat bagi Anda dan juga bayi Anda. Dengan jalan-jalan sederhana di sekitar blok, atau melakukan sesi peregangan ringan, maka Anda akan terhindar dari mood yang buruk selama kehamilan. Ini juga dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak, dan membantu persalinan Anda lebih mudah ke depannya.

Selain itu, beberapa olahraga ringan seperti yoga, renang, atau jogging juga bisa dibilang cukup aman dilakukan selama kehamilan. Ini dipercaya bisa membantu Anda menjaga berat badan dan dapat meningkatkan denyut jantung secara moderat. Jadi ada lebih banyak alasan untuk tetap bergerak atau olahraga selama kehamilan. Untuk Anda yang masih penasaran, tetaplah baca ulasan berikut.

olahraga sehat untuk ibu hamil

Mengapa Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Itu Penting?

Dapat mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan persalinan

Sebagian olahraga sehat untuk ibu hamil itu penting karena bisa mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan dan saat persalinan. Dalam sebuah studi tahun 2017, wanita yang berpartisipasi dalam program kebugaran cenderung lebih kecil kemungkinannya menjalani operasi sesar. Sementara dalam penelitian lain, disebutkan bahwa wanita yang berolahraga tiga kali seminggu kemungkinannya lebih sedikit memiliki bayi makrosomik. Bayi makrosomik adalah bayi yang memiliki berat lebih dari 4,5 kg saat lahir, sehingga bisa menyebabkan komplikasi bagi ibu atau bayi selama persalinan.

Dapat mempercepat pemulihan pasca persalinan

Semakin Anda meningkatkan kebugaran saat hamil, maka semakin cepat Anda pulih secara fisik pasca melahirkan. Ini juga dapat membuat Anda lebih bugar setelah persalinan. Dalam sebuah studi tahun 2012, wanita yang gemar olahraga saat hamil cenderung pulih lebih cepat setelah persalinan. Bahkan mereka juga bisa melanjutkan pekerjaan rumah tangga lebih cepat dibandingkan yang tidak berolahraga.

Meningkatkan suasana hati

Satu dari dua wanita umumnya lebih rentan mengalami depresi atau cemas saat mereka hamil. Maka dari itu penting melakukan olahraga sehat untuk ibu hamil. Beberapa penelitian menunjukkan jika olahraga yang dilakukan selama hamil dapat membantu mengurangi depresi. Aktivitas olahraga ini dapat melepaskan endorfin yang mampu meningkatkan suasana hati sambil mengurangi stres dan kecemasan.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah kadang-kadang naik selama kehamilan, bahkan itu lebih tinggi dan dapat membahayakan kehamilan. Untuk itu, membuat tubuh Anda tetap aktif, seperti berjalan secara teratur akan membantu Anda menjaga tekanan darah tetap normal. Saat Anda berjalan, jogging, atau melakukan olahraga lainnya maka denyut jantung Anda cenderung meningkat secara moderat. Dengan begitu sirkulasi darah pada tubuh Anda juga akan tetap lancar.

Meringankan sakit punggung dan panggul

Bukan rahasia lagi bahwa benjolan bayi yang sedang tumbuh, akan memberi Anda tekanan ekstra pada bagian perut bawah. Keadaan ini akan membuat Anda mengalami nyeri punggung bagian bawah atau panggul yang sakit. Namun, banyak ahli mengatakan jika olahraga sehat untuk ibu hamil seperti yoga bisa mengatasi nyeri ini agar tidak lebih parah.

Memperbaiki tidur

Sementara banyak wanita hamil mengalami kesulitan tidur, mereka yang berolahraga secara konsisten malah memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Bahkan mereka juga bisa bangun dengan perasaan yang lebih bugar setelah istirahat. Namun pastikan untuk tidak melakukan olahraga mendekati waktu tidur, karena ini bisa membuat Anda tetap berenergi dan terjaga.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga sehat untuk ibu hamil. Tentu saja, tidak semua manfaat olahraga di atas bisa dirasakan secara instan bagi ibu hamil. Namun melakukan olahraga adalah cara yang baik untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan nyaman.

Post a comment for "Manfaat Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil"