Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan. Apakah Anda suka berjalan kaki? Di jaman sekarang dimana alat transformasi semakin menjamur, membuat aktivitas jalan kaki menjadi semakin jarang dilakukan. Sebab adanya kemudahan menuju suatu tempat dengan cepat, tanpa perlu berlelah-lelah berjalan kaki. Padahal jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jangan merasa takut lelah karena berjalan kaki, sebab aktivitas yang terlihat sepele ini memiliki dampak untuk kesehatan tubuh. Dalam sehari sebaiknya lakukan jalan kaki selama 30 menit. Namun, jika Anda belum terbiasa, coba lakukan cukup 10 menit dalam sehari agar tubuh tidak kaget. Lakukan jalan kaki secara rutin dan bertahap. Dalam jangka pendek memang efeknya belum dirasakan, namun seiring dengan waktu Anda akan mendapatkan manfaat berjalan kaki.

Manfaat jalan kaki

Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolesterol

Melakukan aktivitas jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, dan memperkuat jantung. Selain itu, rutin jalan kaki akan menurunkan kadar kolesterol, gula darah dan tekanan darah. Manfaat jalan kaki memang sangat baik untuk kesehatan jantung, namun apabila Anda memiliki masalah dengan jantung, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui kekuatan dan kapasitas tubuh Anda sendiri. Sehingga jantung Anda tidak berisiko saat melakukan jalan kaki.

Manfaat Jalan Kaki Sebagai Pereda Stres

Menghadapi rutinitas sehari-hari kadang membuat stres. Setiap hari harus menghadapi pekerjaan, orang-orang dan kegiatan lainnya. Salah satu cara menurunkan dan mencegah stres yaitu dengan melakukan jalan kaki. Hal ini karena saat berjalan kaki, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat rasa cemas serta depresi berkurang dan akan membuat Anda menjadi lebih baik. Selain itu, berjalan kaki juga dapat memperbaiki mood dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Menurunkan Berat Badan Dengan Jalan Kaki

Apakah Anda sedang melakukan program diet? Salah satu cara mudah menurunkan berat badan, yaitu dengan melakukan jalan cepat. Saat Anda berjalan cepat selama 30 menit, kalori dalam tubuh Anda akan terbakar setidaknya 150 kalori per harinya. Semakin cepat langkah kaki, semakin banyak pula kalori yang terbakar. Manfaat jalan kaki ini akan cepat terlihat jika Anda lakukan secara rutin dengan dibarengi pola makan yang sehat.

Jalan Kaki Sebagai Pencegah Osteoporosis

Osteoporosis terjadi karena disebabkan penipisan tulang, sehingga mengakibatkan tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Menjaga kesehatan tulang sangat penting dilakukan sejak dini. Selain melalui asupan makanan, kegiatan olahraga seperti jalan kaki juga penting dilakukan. Karena dengan berjalan kaki, Anda dapat mempertahankan dan membangun kekuatan tulang.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dengan Jalan Kaki

Tubuh yang jarang bergerak seperti berolahraga akan rentan terkena penyakit. Hal ini karena kekebalan tubuh yang lemah. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sebaiknya biasakan tubuh untuk bergerak seperti melakukan jalan kaki. Manfaat jalan kaki salah satunya dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang berfungsi melawan infeksi. Anda bisa melakukannya paling tidak 30 menit dalam sehari.

Itulah beberapa manfaat jalan kaki yang selama ini tidak kita sadari. Aktivitas ini mudah, sederhana dan tanpa biaya, namun dapat menjaga tubuh kita dari bermacam penyakit. Jika Anda tidak sempat melakukan jalan kaki selama 30 menit sehari, Anda bisa menggantinya dengan pergi keluar rumah dengan jalan kaki seperti saat ke warung atau ke tempat yang tidak terlalu jauh. Biasakan berjalan kaki saat ini juga. Karena kebiasaan ini akan membuat tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit.

 

Post a comment for "Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan"