Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan – Mulailah Dari 2 Pisang Sehari

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan – Mulailah Dari 2 Pisang Sehari. Pisang adalah makanan yang sangat populer dan selalu ada di setiap daerah. Buah yang satu ini mewakili tanaman paling berharga keempat di dunia. Mereka lezat dalam kondisi matang, setengah matang, dimasak, dan bahkan dikeringkan. Pisang juga merupakan makanan pelengkap dalam es krim, sereal, dan yoghurt yang enak. Ini adalah salah satu camilan tersehat dengan rasa manis, yang bisa membuat Anda lupa berapa banyak nutrisi di dalamnya.

Buah pisang umumnya kaya akan potasium, serat, vitamin C, dan B6 yang sehat. Meskipun ini memiliki banyak manfaat kesehatan, namun ini tidak disarankan untuk orang dengan kondisi tertentu. Lantas berapa banyak pisang yang harus Anda makan agar tidak overdosis? Dua pisang, itu sudah mencukupi kebutuhan harian Anda sebanyak 210 kalori. Biar kami beri tahu Anda, apa yang bisa didapat dari 2 buah pisang ini.

manfaat buah pisang bagi kesehatan

Makan dua buah pisang akan memberi Anda 210 kalori. Nutrisi yang didapat dari manfaat buah pisang bagi kesehatan ini jika dijabarkan akan seperti berikut:

·      900 mg Kalium (24% AKG)

·      54 g Karbohidrat (18% AKG)

·      2 g Serat makanan (24% AKG)

·      28 g Gula

·      6 g Protein (4% AKG)

Anda juga akan mendapatkan: 2% Vitamin A, 34% Vitamin C, 2% Besi, 40% Vitamin B6, dan 16% Magnesium. Jadi apa yang akan terjadi jika Anda mengkonsumsi ini setiap hari?

Apa Saja Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan?

1.    Memiliki Nilai AKG untuk Kalium yang Tinggi

Banyak dari kita tidak menyadari betapa pentingnya kalium bagi tubuh. Padahal ini adalah salah satu nutrisi penting yang digunakan oleh setiap sel dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Kalium juga berperan menjaga detak jantung tetap stabil, menjaga kesehatan tekanan darah, dan memicu pelepasan insulin untuk mengatur gula darah. Umumnya, AKG kalium untuk orang dewasa yang sehat berkisar antara 3500-4700 mg per hari. Jadi mengkonsumsi dua buah pisang adalah awal yang baik.

2.    Membantu Menjaga Tekanan Darah yang Sehat

Manfaat buah pisang bagi kesehatan selanjutnya yakni dapat menjaga tekanan darah yang sehat. Anda mungkin tahu bahwa terlalu banyak natrium akan menyebabkan tekanan darah tinggi. Namun yang tidak Anda tahu adalah keseimbangan natrium dan kalium bisa mengontrol hipertensi. Keseimbangan natrium dan kalium akan digunakan untuk menarik kelebihan air dari aliran darah menuju kandung kemih. Saat keseimbangan ini hilang, lebih banyak cairan akan ditahan dalam aliran darah, dan tekanan darah menjadi meningkat.

3.    Menurunkan Risiko Kanker

Mengkonsumsi makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran segar, bisa membantu meminimalkan risiko kanker. Terutama karena Anda bisa mendapatkan nutrisi penting dalam dosis harian, tanpa menambahkan banyak garam, gula, pewarna makanan, dan pengawet buatan. Sementara itu, Anda bisa memulai dengan mengkonsumsi dua buah pisang sehari. Ini sangat baik karena mengandung vitamin C yang tinggi, yang sangat penting dalam melawan radikal bebas karsinogenik. Serat dalam pisang juga penting untuk mengatur kesehatan pencernaan, dan dianggap dapat mengurangi risiko kanker kolorektal.

4.    Meredakan Perut yang Sakit

Jika Anda pernah ke dokter dengan sakit perut, maka kemungkinan besar dia akan merekomendasikan untuk Anda mengikuti pola makan BRAT. Ini adalah kependekan dari banana (pisang), rice (nasi), applesauce (saus apel atau apel yang dihaluskan), dan toast (roti panggang). Diet BRAT terdiri dari makanan pokok yang mudah dicerna, dan pisang adalah salah satunya. Manfaat buah pisang bagi kesehatan dapat menjaga perut dan sistem pencernaan Anda tetap bahagia. Potasium dalam pisang dapat membantu menstabilkan keseimbangan elektrolit, sementara serat dapat melancarkan pembuangan.

Bagi setiap orang yang sehat, makan dua buah pisang sehari adalah ide yang bagus. Mengingat ada banyak sekali manfaat buah pisang bagi kesehatan. Namun orang dengan kondisi tertentu, seperti diabetes mungkin harus berhati-hati. Jadi mintalah saran ahli nutrisi Anda sebelum mengkonsumsinya.

Post a comment for "Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan – Mulailah Dari 2 Pisang Sehari"