Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Air Liur untuk Kesehatan yang Penting Anda Ketahui!

qsehat.com - Manfaat air liur adalah menjaga kesehatan lingkungan mulut. Air liur adalah cairan bening, sebagian besar terdiri dari air yang disekresikan oleh enam kelenjar utama di mulut. Selain membantu mempermudah berbicara, serta mengunyah dan menelan makanan. Kurangnya air liur atau masalah dengan produksi air liur, juga disebut mulut kering, bisa menjadi masalah.

Mulut kering adalah masalah umum yang menyebabkan ketidakseimbangan di mulut yang dapat memengaruhi kesehatan mulut. Tak hanya itu, tetapi juga dapat menjadi indikasi masalah kesehatan yang serius seperti gangguan kekebalan, diabetes, atau penyakit Parkinson. Karena itu, sangat penting manfaat air liur untuk kesehatan dan Anda penting untuk mengetahuinya. Simak penjelasan berikut!

manfaat air liur
manfaat air liur

Inilah Khasiat Air Liur Bagi Kesehatan

Berikut adalah manfaat kesehatan mulut yang terkait dengan air liur:

1.Manfaat Air Liur sebagai Pembuangan Limbah

Di dalam mulut terdapat banyak bakteri, virus dan jamur yang dapat menempel pada gigi, gusi dan lidah. Meskipun sudah gosok gigi atau berkumur, semua benda yang menjadikan masalah kesehatan tersebut tetap ada di mulut. Lalu, jika dibiarkan maka, akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan lainnya. Semua benda asing tersebut bisa dikeluarkan dengan air liur.

Khasiat air liur dalam hal ini adalah bertindak sebagai agen pembuangan limbah alami yang secara fisik menyeka akumulasi tersebut. Oleh karena itu, penting sekali mulut memproduksi air liur yang cukup agar bisa dibuang keluar bersamaan dengan air liur. Sehingga, mulut dan gigi Anda tidak sering mengalami berbagai masalah kesehatan.

2. Khasiat Air Liur Sebagai Pelindung

Air liur membantu menetralkan asam dalam banyak makanan dan minuman yang kita konsumsi, mencegahnya merusak gigi dan jaringan lunak. Manfaat menelan air liur juga melindungi saluran pencernaan dengan melindungi kerongkongan dari iritan berbahaya, dan membantu mencegah refluks gastrointestinal (mulas). Tak heran bila para ahli mengatakan bahwa manfaat air liur juga melindungi saluran pencernaan.

3. Manfaat Air Liur untuk Mencegah Kerusakan Gigi

Khasiat air liur untuk kesehatan terbesar adalah perlindungan dari kerusakan gigi. Bakteri di dalam mulut dapat menghasilkan asam yang menyerang gigi, mengakibatkan gigi berlubang (gigi berlubang). Air liur berfungsi sebagai pelindung alami mulut terhadap asam-asam ini dengan cara membilasnya atau menetralkannya. Dimana juga mengandung ion kalsium dan fosfat yang mencegah proses pembusukan dengan membantu mineralisasi ulang gigi.

4. Khasiat Air Liur untuk Plak Sehat

Anda mungkin mengaitkan plak sebagai keburukan dalam hal kesehatan mulut, tetapi sebenarnya ada biofilm plak sehat yang dihasilkan oleh protein kekebalan dalam air liur. Setelah gigi dibersihkan dari plak atau kotoran yang buruk, email menjadi dilapisi dengan protein saliva yang disebut pelikel. Ini membantu menarik bakteri yang mengambang bebas di mulut, yang menumpuk menjadi gumpalan yang lebih besar dan lebih mudah dibuang saat air liur ditelan.

5. Manfaat Air Liur untuk Perawatan Luka

Jika Anda tidak sengaja menggigit bibir atau terkena sariawan, air liur dapat membantu mempercepat penyembuhan Anda. Khasiat air liur dalam kondisi ini yaitu membantu memperbaiki dan meregenerasi jaringan yang rusak. Sehingga, luka pada bibir anda bisa cepat sembuh dan Anda tidak akan merasakan keluhan-keluhan atau sakit lagi.

Demikianlah manfaat air liur untuk kesehatan gigi dan mulut. Sebenarnya, masih banyak lagi khasiat air liur untuk kesehatan lainnya. Oleh karena itu, simak artikel kami selanjutnya dan tetaplah bersama qsehat.com untuk informasi kesehatan Anda.

Post a comment for "5 Manfaat Air Liur untuk Kesehatan yang Penting Anda Ketahui!"