Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Pendamping ASI Sehat Sederhana, Bayi Pasti Suka!

Makanan Pendamping ASI Sehat Sederhana, Bayi Pasti Suka! - Usia enam bulan adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan bayi kepada makanan pendamping ASI. Kebutuhan gizi bayi mulai meningkat pada usia tersebut sehinga diperlukan makanan lain selain ASI agar angka kecukupan gizinya terpenuhi. Pada usia 6 bulan sistem syaraf, motorik, dan pencernaan bayi sudah mulai berkembang dan teroganisir sehingga mengurangi risiko gangguan pencernaan akibat pemberian makanan yang terlalu dini.

Untuk memenuhi kebutuhan kalori dan gizi harian bayi, para ibu bisa memberi makanan pendamping yang sederhana namun tetap sehat. Saat mengolah makanan jangan pernah mengabaikan kebersihannya. Lebih baik membuat sendiri makanan pendamping untuk bayi agar ibu dapat mengontrol keamanan bahan yang digunakan dan kebersihannya. Alangkah lebih baik jika mengolah makanan dengan menggunakan bahan-bahan organik untuk menghindari risiko residu pupuk maupun pestisida kimiawi di dalam bahan makanan.

Membuat makanan pendamping ASI sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Ibu dapat mencampurkan beberapa bahan untuk mengenalkan variasi rasa kepada si kecil. berilah menu yang berbeda-beda setiap harinya agar si kecil tidak merasa bosan dengan rasa yang itu-itu saja. Berikut beberapa contoh menu makanan pendamping yang bisa ibu berikan untuk ananda tercinta setiap harinya:

 

 makanan pendamping ASI

Makanan Pendamping ASI Sederhana  

Berikan makan sesuai dengan jadwal. Jangan mengganti-ganti jadwal makan agar bayi tidak mengalami kebingungan. Perlu diingat untuk tidak memberikan ASI minimal dua jam sebelum waktu makan bayi agar si kecil tidak merasa kenyang. Jadwal makan bayi terdiri atas makan pagi, makan siang, dan makan malam. Di sela-sela waktu makan, ibu diperkenankan memberi kudapan untuk menambah variasi.

Pure Pisang dan Alpukat

Menu makanan pendamping ASI ini kaya akan serat dan lemak nabati. Pisang banyak mengandung mengandung vitamin C, dan alpukat adalah buah yang sangat baik sebagai protein dan lemak nabati. Membuat puree ini sangat mudah, ibu hanya tinggal mencampurkan satu buah pisang yang sudah matang dengan setengah buah alpukat. Haluskan blender, campur dengan ASI atau larutan susu formula.

Pure jagung manis dan bayam

Menu makanan ini bagus untuk kebutuhan kalori, serat, dan vitamin. Bayam mempunyai kandungan zat besi yang tinggi. Jagung juga mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori sang buah hati. Cuci bersih satu buah jagung manis ukuran sedang dan 15-20 lembar daun bayam. Serut jagung kemudian rebus hingga empuk.

Campurkan jagung rebus dengan bayam yang sudah direbus juga, kemudian blender hingga halus, saat ibu hendak memberikan makanan ini untuk bayi, jangan lupa untuk menyaring makanan pendamping ASI terlebih dahulu untuk menyaring serat-serat kasarnya. Tambahkan sedikit ASI atau larutan susu formula agar puree tidak terlalu kental dan bayi tidak tersedak. Setiap membuat makanan, jangan menambahkan garam, gula, atau penyedap.

Pure Kentang, Daging, dan Wortel

Makanan sehat ini sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan serat, protein, dan karbohidrat si kecil. Ibu dapat menambahkan bumbu berupa bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang tapi tanpa penambahan gula dan garam. Gunakan 1 buah kentang, daging sapi cincang, dan 1 buah wortel. Ibu juga bisa menambahkan tomat sebagai bahan isian untuk variasi rasa.

Membuat makanan pendamping ASI ini tidaklah sulit. Ibu dapat merebus irisan bawang putih, bawang Bombay, daun bawang bersama dengan daging sapi cincang hingga daging menjadi lunak. Sementara itu kukus kentang, wortel, dan tomat. Blender daging dengan kukusan tomat hingga halus. Saring. Kemudian blender kentang dan wortel, saring. Campurlah hasil saringan daging-tomat degan kentang-wortel saat menyajikannya untuk si kecil.a

Demikianlah beberapa makanan pendamping ASI yang bisa dijadikan menu makanan untuk si kecil. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a comment for "Makanan Pendamping ASI Sehat Sederhana, Bayi Pasti Suka! "