Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Menu Makanan Diet Kolesterol dan Asam Urat untuk Mencegah Kambuh

Qsehat.com - Memilih makanan bagi penderita kolesterol dan asam urat harus sangat hati-hati. Makanan yang mereka konsumsi merupakan makanan diet kolesterol dan asam urat. Jika makanan yang penderita konsumsi tidak terawasi, maka dapat meningkatkan penyakit batu urat di ginjal dan jantung koroner.

Menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol harus dijaga baik-baik. Apalagi, bagi penderita yang sudah lanjut usia. Sebagai orang awam yang tidak memiliki kolesterol dan asam urat pun harus tetap berhati hati, agar memperkecil resiko terserang penyakit asam urat dan kolesterol.

makanan diet kolesterol dan asam urat
makanan diet kolesterol dan asam urat
Inilah Makanan Diet Kolesterol dan Asam Urat

Ada beberapa makanan diet kolesterol dan asam urat yang bisa dikonsumsi penderita asam urat dan juga kolesterol, antara lain

1. Makanan yang mengandung purin rendah

Asam urat adalah hasil dari purin yang pecah, yang berasal dari makanan dan dari tubuh. Jika menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol memiliki tingkat purin yang tinggi, maka purin yang ada di dalam tubuh juga tinggi sehingga dapat meningkatkan jumlah asam urat yang ada di dalam tubuh.

Makanan diet kolesterol dan asam urat yang mengandung sedikit purin diantaranya yaitu sayuran segar dan buah segar. Makanan lain yang mengandung purin rendah yaitu roti dan sereal yang tidak mengandung gandum, coklat, teh, biji kakao, kopi, telur, mentega, dan keju.

Sedangkan larangan menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol  yaitu jeroan, daging, roti manis, daging unggas, dan aneka seafood. Selain memiliki kandungan purin tinggi, makanan seperti seafood memiliki kandungan kolesterol dan lemak yang sangat tinggi.

Jika dalam makanan sehari hari yang kita konsumsi, jumlah purin yang terkandung antara 600 hingga 1000 mg/hari. Sedangkan, makanan diet kolesterol dan asam urat mengharuskan memiliki kandungan purin yang sangat rendah. Hanya berkisar antara 100 hingga 150 mg/hari.

2. Makanan yang mengandung kolesterol rendah

Kolesterol merupakan lemak lemak yang ada di dalam tubuh, tepatnya berada di dalam darah. Kolesterol berguna bagi tubuh, namun jika kebanyakan juga kan menimbulkan penyakit. Maka dari itu, menu makan bagi penderita asam urat dan kolesterol harus merupakan makanan yang memiliki tingkat rendah kolesterol.

Penyebab kadar kolesterol tinggi yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jahat yang tinggi. Sehingga, lemak lemak tersebut menumpuk dalam darah. Mengkonsumsi makanan diet kolesterol dan asam urat menjadi salah satu solusi agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi.

Menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol harus memiliki kandungan kolesterol
Kurang dari 200 mg/hari. Jika kandungan kolesterol yang terdapat pada makanan yang penderita kolesterol tinggi, maka akan mengakibatkan kadar kolesterol darah tinggi dan bisa menyebabkan penyakit jantung.

Beberapa makanan diet kolesterol dan asam urat yang boleh dikonsumsi bagi penderita kadar kolesterol tinggi antara lain: kacang kacangan, pisang, sayuran hijau segar, buah buahan segar, susu kedelai, oat dan sereal, kentang, ikan, tahu dan jamur.

Sedangkan larangan menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol antara lain kuning telur, hati, udang, cumi, fast food dan makanan yang mengandung banyak minyak. Kandungan kolesterol pada hati memiliki tingkatan yang sangat tinggi yaitu sekitar 564 mg / 100 gr hati.

Selain mengkonsumsi makanan diet kolesterol dan asam urat, penderita kolesterol tinggi harus rajin berolahraga. Olahraga yang baik dilakukan secara teratur dan terukur 3 atau 4 kali dalam satu minggu. Tak hanya itu, penderita juga diharapkan untuk tidak merokok. Karena rokok akan memperparah penyakit.

Di samping mengkonsumsi dan memilih menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol, anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari hari. Seperti minum air putih dan menjaga berat badan agar tidak overweight.

Itulah tadi beberapa makanan diet kolesterol dan asam urat. Anda bisa mencari berbagai sumber info lainnya terkait dengan menu menu dan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi. Anda jua bisa mengkonsultasikannya dengan dokter yang biasa menangani anda. Semoga, informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Post a comment for "2 Menu Makanan Diet Kolesterol dan Asam Urat untuk Mencegah Kambuh"