Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Pilihan Makanan Cair untuk Penderita Stroke, Wajib Perhatikan!

Qsehat.com - Menderita stroke memang sesuatu hal yang membuat susah.  Kebanyakan penderita stroke tidak bisa menggerakan badannya bahkan untuk mengunyah. Maka dari itu, makanan cair untuk penderita stroke  diberikan sebagai sumber nutrisi dan tenaga. Biasanya makanan itu diberikan melalui selang atau disebut sonde.

Resep sonde pasien stroke tidak boleh asal makanan dilumatkan saja. Tentu, pemberian makanan kepada penderita stroke harus yang kaya nutrisi dan juga kaya vitamin. Hal ini bertujuan agar kebutuhan nutrisi dan juga vitamin penderita tercukupi sehingga membuat penderita segera pulih dan sehat kembali.

makanan cair untuk penderita stroke
makanan cair untuk penderita stroke

Inilah Pilihan Makanan Diet Penderita Stroke

Berikut ini ada beberapa bahan makanan yang bisa dibuat sebagai makanan cair untuk penderita stroke antara lain:

Ikan salmon

Resep sonde pasien stroke  yang pertama adalah ikan. Ikan yang bagus dan sangat baik bagi para penderita stroke adalah ikan salmon. Ikan salmon banyak mengandung nutrisi dan vitamin, terutama omega 3. Omega 3 baik bagi penderita stroke karena bisa menormalkan kadar brain derived neurotrophic factor.

Makanan penderita stroke yang mengandung ikan salmon akan melindungi otak pasien stroke setelah mengalami cedera traumatis. Dengan mengaktifkan neuroplastisitas maka otak pasien stroke akan terlindungi dan akan segera pulih dengan segera.

Buah blueberry

Resep sonde pasien stroke berikutnya adalah buah buahan. Buah buahan sangat baik bagi perkembangan tubuh orang yang mengalami masalah kesehatan. Tak terkecuali dengan para penderita stroke. Para pasien stroke harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang banyak.

Buah bery beryan terutama blueberry yang dibuat sebagai makanan cair untuk penderita stroke. Buah blueberry memiliki kandungan flavonoid yang tinggi didalamnya, senyawa ini baik untuk meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Sehingga bisa meningkatkan daya ingat bagi penderita serangan stroke.

Buah delima

Selain buah blueberry, buah yang bisa dibuat resep sonde pasien stroke adalah buah delima. Buah delima adalah buah yang sangat bernutrisi. Seperti vitamin C, protein, vitamin K, kalium, dan folat. Sedangkan buah delima yang dihaluskan adalah sumber sukrosa, glukosa dan juga fruktosa yang sangat baik.

Selain itu, buah delima mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Jika delima dibuat sebagai makanan cair untuk penderita stroke, otak penderita akan terlindungi dan terhindar dari radikal bebas. Biasaya, otak penderita stroke akan sensitif terhadap radikal bebas sehingga harus terlindung.

Tomat

Buah tomah dan sayur tomat memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat yang bisa dijadikan sebagai salah satu resep sonde pasien stroke. Adapun kandungan yang ada di dalamnya yaitu vitamin K, vitamin A, vitamin B1, vitamin B5, vitamin B6 dan B7, vitamin C, folat, besi, kalium dan masih banyak mineral lainnya.

Makanan cair untuk penderita stroke  yang berbahan dasar atau memiliki campuran tomat akan mengurangi dampak kerusakan otak. Hal ini dikarenakan tomat memiliki kandungan likopen tinggi . Meskipun banyak suplemen likopen, namun lebih baik jika kandungan itu didapatkan dari buah buahan atau sayur.

Alpukat

Buah lainnya yang bisa dimasukan dalam resep sonde pasien stroke adalah alpukat. Alpukat bisa membantu pemulihan pasien pasca terserang stroke karena di dalam alpukat terdapat kandungan asam oleat. Banyaknya asam oleat dalam alpukat akan mempercepat proses pemulihan pasien yang menderita stroke.

Selain asam oleat, makanan cair penderita stroke yang memiliki kandungan alpukat juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral lainnya. Diantaranya seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B5, vitamin B6, folat serta vitamin E yang sangat berguna bagi tubuh.

Biji bijian dan kacang kacangan

Resep sonde pasien stroke  yang terakhir yaitu makanan yang mengandung biji bijian dan kacang kacangan. Biji bijian dan kacang kacangan banyak mengandung selenium, kromium, vitamin E dan vitamin B. Tak hanya itu, bahan makanan ini juga mengandung serat yang tinggi, antioksidan, lemak baik hingga protein.

Makanan cair untuk penderita stroke  yang mengandung biji bijian dan kacang kacangan akan membantu pemulihan penurunan kognitif karena mengandung antioksidan dan vitamin E yang tinggi.

Itulah beberapa menu makanan cair untuk penderita stroke yang bisa diolah dan mempercepat pemulihan pasien stroke. Anda juga bisa mengkonsultasikan beberapa bahan makanan tersebut karena ada beberapa pasien yang menderita stroke dan penyakit lainnya yang mengharuskan menghindari suatu makanan.

Post a comment for "6 Pilihan Makanan Cair untuk Penderita Stroke, Wajib Perhatikan!"