Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lebih Baik Mencegah Diabetes Sejak Dini Daripada Mengobati

Mencegah Diabetes Sejak Dini - Penyakit diabetes merupakan penyakit disebabkan oleh terganggunya kelenjar pankreas dalam memproduksi dalam tubuh sehingga kadar gula dalam darah tidak dapat dikontrol dengan baik. Apalagi beberapa tahun belakangan ini, menurut data dari WHO sebagai badan kesehatan dunia, bahwa kasus diabetes meningkat pesat. Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus waspada akan hal ini.

mencegah diabetes sejak dini

Penyebab Diabetes Pada Anak

Akan sangat baik bila kita mengenali gejala, mengetahui penyebabnya, juga jenis-jenis diabetes itu sendiri agar diabetes tidak mudah menghampiri anak-anak.Apakah selama ini sebagai orang tua kita telah lalai dan tanpa sadar melakukan hal-hal di bawah ini sehingga anak-anak terserang diabetes. Tindakan orang tua justru bisa jadi malah memicu timbulnya diabetes. Nah, sebenarnya apa saja sih penyebab-penyebab diabetes pada anak?

Terlalu sering konsumsi makanan yang manis

    Karena rasanya yang enak dan tujuan agar anak anak makan dengan lahap demi pertumbuhan makan orang tua seringkali menyuruh dan menyediakan makanan-makanan yang manis rasanya. Sayangnya makan dan minuman yang manis-manis beresiko menimbulkan diabet. Jika ingin mencegah diabetes sejak dini maka seharusnya orang tua tidak terlalu memanjakan lidah anak-anak dengan memprasaranai mereka memakan manis.

Kurang gerak

Anak jaman sekarang tidak seperti anak jaman dahulu yang aktif bergerak. Anak dahulu bermain dkes kesana kemari dengan gembira berjalan kaki, berjalan, dan bersepeda. Sedangkan anak sekarang lebih sering duduk di rumah dan bermain dengan gadgetnya. Kondisi seperti ini ditambah konsumsi makanan manis tadi, akan membuat kalori dan karbohidrat yang masuk tidak terbakar sehingga akan menimbulkan masalah pada kelenjar pankreas.

Konsumsi junk food

Bila tadi anak-anak sering mengkonsumsi makanan yang beresiko besar menimbulkan diabetes, maka kali ni makan cepat saji adalah makanan yang juga sangat tidak baik bagi kesehatan. Selain kurang serat, makan junk food biasanya mengandung bahan-bahan pengawet yang kutidak ramah di btubuh anak-anak. Memang rasanya enak namun bahayanya apabila mengkonsumsi akan dirasakan d kemudian hari. Mencegah diabetes sejak dini perlu digalakkan saat ini.

Infeksi kelenjar pankreas

Anak-anak rawan terserang infeksi karena daya tahan tubuhnya belum sebaik orang dewasa. Jika kelenjar pankreas terkena infeksi karena bakteri atau virus, maka penyakit diabetes dapat menyerang anak dengan sangat mudah. Karena itu jagalah kebersihan diri dan tubuh anak. Baik kesehatan kuku, wadah makanan, juga makanan serta minuman yang dikonsumsi. Jangan jajan sembarangan.

Jenis Diabetes Pada Anak

Pada dasarnya mencegah diabetes sejak dini dan pada orang dewasa dan anak sama saja. Ada dua tipe yaitu diabetes melitus tipe satu yang terjadi disebabkan tubuh kekurangan hormon insulin. Penyebabnya kelenjar pankreas sulit memproduksi hormon insulin. Sedangkan pada tipe dua, tubuh anak tidak bisa merespon hormone insulin yang diproduksi. Dengan demikian kadar gula dalam tubuh pun tidak dapat dikontrol.

Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini

Konsumsilah makan sehat yang tidak terlau banyak mengdung gula, mengandung banyak serat vitamin, dan mineral. Selain itu ajak anak berolahraga. Biasakan dia berjalan atau bersepeda, jangan kesana sini dijemput naik motor dan mobil. Jagalah kebersihan diri anak. Minumlah ramuan tradisional untuk mencegah penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Edukasi anak agar mengerti tentang penyakit diabetes sehingga ia dapat melakukan self protection.

Sangat disayangkan ya bila saat usia belia, anak-anak sudah terserang diabetes. Dengan menderita penyakit diabetes, maka kualitas hidup anak akan berkurang. Seharusnya mereka bisa lebih berbahagia bertumbuh dan berkembang tanpa tergantung obat-obatan, kini harus terganggu dengan konsumsi obat-obatan. Itulah sebabnya sebagai orang tua perlu proaktif mencegah diabetes sejak dini. Juga tentu saja mendampingi gaya hidup anak agar lebih sehat.

 

Post a comment for "Lebih Baik Mencegah Diabetes Sejak Dini Daripada Mengobati"