Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Latihan Skoliosis Agar Punggung Dapat Lebih Nyaman

Qsehat.com - Latihan skoliosis merupakan suatu upaya penyembuhan tanpa operasi. Seperti yang kita ketahui bahwa skoliosis adalah salah satu kelainan tulang yang banyak dialami. Jenis penyakit ini dapat dialami oleh anak-anak dalam usia 10-15 tahun. Skoliosis ini sangatlah serius untuk diperhatikan karena dikhawatirkan penderitanya akan mengalami kecacatan hingga kematian.

Selain itu, pertumbuhan dan perkembangannya pun sangat cepat sehingga mengharuskan penderitanya menghubungi dokter sesegera mungkin. Skoliosis ini disebabkan oleh beberapa hal. Di antara penyebabnya adalah komposisi hormonal yang ada di dalam tubuh. Penyebab lainnya adalah karena seseorang memiliki posisi duduk yang salah, sehingga beban yang ditumpunya tidak seimbang.

latihan skoliosis
latihan skoliosis
Inilah Latihan Skoliosis yang Perlu Anda Terapkan

Jika Anda mengalami gejala di atas, maka Anda harus melakukan beberapa latihan skoliosis agar punggung Anda kembali terasa nyaman. Diantara latihan tersebut adalah:

1. Penekanan perut

Tekanan dari otot punggung dapat dihilangkan dengan bantuan dari otot perut yang kuat. Anda juga dapat menciptakan postur tubuh yang baik dengan latihan skoliosis model ini. Langkah-langkah dari latihan ini cukuplah mudah, di antaranya adalah:
  • Berbaring secara telentang. Tekuklah lutut dan ratakanlah kedua kaki.
  • Netralkanlah posisi tulang belakang dan bebaskan dari ketegangan.
  • Angkatlah kedua kaki sehingga sudut 90 derajat dapat dijangkau dengan baik.
  • Gerakkanlah otot perut dan tariklah lutut ke arah tangan dengan bersamaan.
  • Tahanlah napas kemudian lakukan relaksasi. Latihan ini dapat dilakukan selama dua set 10.
2. Bird-dog

Latihan skoliosis selanjutnya adalah bird-dog. Jenis latihan ini dipercaya dapat meringankan gejala skoliosis. Dengan begitu, langkah-langkah yang dapat dilakukannya adalah:
  • Buatlah posisi tangan dan lutut dengan lurus.
  • Setelah itu, tempatkan tangan di bawah bahu, kemudian lutut diletakkan di bawah pinggul.
  • satu lengan direntangkan dengan lurus ke depan dan panjangkanlah kaki secara berlawanan lurus ke belakang.
  • Aturlah napas dengan normal selama 15 detik
  • Ulangilah dengan mengayun lengan dan kaki berlawanan.
  • Latihan skoliosis ini dapat diulang selama 10-15 kali di setiap harinya.

3. Pelvic tilts

Otot-otot yang terasa tegang di bagian pinggul dan punggung bawah dapat diregangkan dengan jenis latihan skoliosis yang satu ini. Selain itu, latihan ini dapat menguatkan otot di bagian perut. Gerakan dalam latihan skoliosis ini tergolong ke dalam gerakan halus sehingga dapat menguatkan otot-otot pendukung yang ada di sekitar punggung bawah, khususnya di bagian perut. Anda dianjurkan untuk melakukan latihan skoliosis ini secara rutin setiap hari agar dapat bentuk tubuh Anda kembali normal.

4. Cat-camel 

Latihan skoliosis model ini serupa dengan pose yoga dengan gambaran postur tubuh unta dan kucing. Gerakan dari latihan ini diklaim dapat membantu upaya dalam penjagaan tulang belakang dan membebaskannya dari rasa sakit. Langkah-langkahnya pun terbilang mudah. Di antaranya adalah:
  • Memulai dengan  lutut dan tangan. Buatlah posisi seperti kucing dengan menumpu lutut dan juga kedua telapak tangan. Anda harus memastikan punggung rata dan juga  kepala dan lehernya agar terasa nyaman.
  • Tariklah napas dalam-dalam, kemudian tariklah otot perut ke bawah dan ke atas sehingga dapat membuat punggung melengkung.
     Setelah itu, buanglah napas dan juga lepaskan otot perut sehingga Anda dapat menjatuhkan punggung, kemudian biarkanlah perut jatuh, dan yang terakhir adalah angkat kepala ke langit-langit.
  • Anda dapat melakukan latihan skoliosis ini sebanyak dua kali set sebanyak 10.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai latihan skoliosis. Dapat disimpulkan bahwa latihan-latihan tersebut sangatlah membantu penderita dalam upaya menyembuhkan skoliosis yang dideritanya. Lakukanlah latihan-latihan tersebut secara rutin agar skoliosis dapat segera disembuhkan dan Anda pun dapat melakukan kegiatan-kegiatan lainnya secara lancar dan tidak terhambat oleh apa pun.

Post a comment for "4 Latihan Skoliosis Agar Punggung Dapat Lebih Nyaman"