Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil Muda di Trimester Pertama

Latihan Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil Muda di Trimester Pertama - Olahraga ketika mengandung memiliki banyak manfaat bagi ibu,  terutama meningkatkan mood baik, mengurangi stres dan cemas, menurunkan resiko sembelit, diabetes gestasional, serta resiko hipertensi. Aktifitas gerak ini juga mampu menjadikan kualitas tidur semakin membaik, hingga mengurangi terjadinya mual muntah saat pagi hari.

Olahraga ini sangatlah penting, terutama bagi ibu yang sedang hamil muda atau trimester pertama. Bagi calon ibu yang ingin olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda, sebaiknya pilihlah durasi olahraga selama 10 - 20 menit tiap harinya. Intensitas gerak yang dilakukan juga haruslah relatif ringan, serta hindari olahraga dengan intensitas menengah hingga berat.

 olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda

Bagi anda yang sudah rutin olahraga sebelum hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter apakah olahraga anda sebelumnya masih tetap bisa dilakukan.  Tetapi bila anda belum terbiasa olahraga atau tidak rutin melakukannya konsultasikan jenis olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda apa saja yang bisa anda jalankan saat memasuki hamil muda. Nah, sebagai referensi, beberapa latihan olahraga ini dapat dilakukan saat hamil muda.

Latihan Olahraga yang Sehat Saat Hamil Muda

Senam kegel

Senam kegel adalah salah satu senam yang bisa dibilang aman bagi kehamilan, yang memiliki fungsi dalam menguatkan otot daerah panggul dan jalan lahir. Latihan olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda ini sangat penting bagi jalannya persalinan, pasalnya otot panggul yang kuat dan elastis akan memudahkan kelahiran bayi.

Yoga

Olahraga yang direferensikan bagi ibu hamil muda selanjutnya yaitu latihan yoga. Lewat latihan ini calon ibu melatih pernafasan selama kehamilan yang penting seiring bertambahnya beban tubuh, serta melancarkan mengejan saat persalinan. Tentu hal ini sangatlah penting bagi ibu yang melahirkan secara  normal. Namun yang terpenting, pastikan anda melakukan latihan dengan di bawah petunjuk instruktur yoga yang tepat.

Posisi Jongkok

Anda bisa melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda ini melalui senam dengan posisi berdiri dan punggung yang lurus. Secara pelan pelan turunkan badan hingga posisi jongkok, lalu tahanlah 10 detik lamanya dan kembalilah pada posisi berdiri. Gerakan jongkok berdiri bisa menguatkan otot paha dan juga meregangkan otot panggul yang akan berpengaruh pada kemudahan proses bersalin.

Berjalan-jalan

Berjalan- jalan bagi ibu hamil bisa dilakukan dengan mengayunkan lengan dalam gerakan ritmis yang lebar sambil berjalan. Aktifitas ini memicu peningkatan denyut jantung yang sedang, sehingga selalu lakukan secara bertahap. Anda pun dapat berjalan-jalan di lingkungan yang tenang, asri, dan hijau untuk meningkatkan ketenangan pikiran dan sebagai relaksasi.

Pilates

Ternyata, latihan senam ilates juga memiliki banyak manfaat jika dijadikan olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda. Olahraga ini mampu mengurangi rasa sakit punggung bagian bawah akibat bertambahnya berat badan selama hamil, terlebih lagi beban perut. Hal penting yang harus diperhatikan saat memilih pilates adalah lakukan latihan ini dengan arahan dari instruktur pilates.

Senam ibu hamil

Senam ibu hamil sepertinya menjadi olahraga yang banyak disukai, serta direkomendasikan setiap ibu hamil memeriksakan kondisinya. Sehingga pastinya, olahraga senam ini sangatlah aman dilakukan di setiap usia kehamilan terutama trimester pertama. Senam ini dapat membantu meningkatkan stamina, kekuatan, dan kelenturan tubuh ibu selama hamil yang akan bermanfaat dalam menghadapi masa persalinan.

Ada banyak jenis olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda dan bisa anda lakukan selama masa kehamilan. Namun selama melakukan latihan olahraga untuk ibu hamil, sebaiknya jangan olahraga terlalu keras hingga lemas dan kelelahan. Langsung berhenti dan beristirahatlah jika sudah merasa mulai merasa lelah, serta jangan terlalu memaksakan diri karena dapat berbahaya bagi kondisi kesehatan calon ibu maupun janin.

 

Post a comment for "Latihan Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil Muda di Trimester Pertama"

Berlangganan via Email