Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Tepat Pertolongan Pertama sebagai Cara Mengatasi Biduran pada Anak

Langkah Tepat Pertolongan Pertama sebagai Cara Mengatasi Biduran pada Anak - Anda mungkin panik saat menemukan buah hati mengalami biduran yang hampir terjadi di seluruh bagian tubuh. Biduran atau kaligata adalah suatu kondisi bentol bentol dan tampak kemerahan yang gatal pada permukaan kulit, serta gejalanya sangatlah mengganggu. Tapi anda tak perlu bingung dan cemas, lantaran anda bisa memberikan pertolongan pertama pada anak biduran. Anda perlu melakukannya dengan tepat dan cepat, supaya tidak kembali terjadi kondisi yang demikian.

Sebenarnya kondisi biduran merupakan hal yang umum terjadi, bahkan sekitar 1 dari 5 orang di dunia pernah mengalaminya. Sehingga Anda tidak perlu kaget, karena biduran merupakan tanda reaksi alergi tubuh akan alergen atau zat pemicu alergi tertentu. Anak sering kali mengalami biduran setelah terpapar dengan pemicunya. Hal yang sering menjadi pemicu tersebut seperti mengonsumsi makanan, ketidakcocokan obat, terkena tumbuhan atau zat tertentu, sengatan serangga, kepanasan, hingga kedinginan.

Penyakit biduran ini juga bisa saja muncul ketika anak tengah mengalami sakit, seperti saat demam, pilek ataupum diare. Sebagai orang tua, anda bisa mengatasi biduran dengan cepat dan tepat demi mengurangi gejala yang mengganggu kenyamanan anak. Berikut ini langkah pertolongan pertama sebagai cara mengatasi biduran pada anak.

cara mengatasi biduran

Cara Mengatasi Biduran

Jauhkan anak dari alergen

Alergen adalah zat penyebab atau pemicu alergi, terutama jika biduran disebabkan akibat reaksi alergi yang muncul. Misalnya saja jika anak Anda biduran karena berada di suhu panas, segeralah membawanya ke tempat yang lebih sejuk. Namun jika biduran dikarenakan rasa gerah akibat baju terlalu ketat, cobalah melonggarkan atau mengganti bajunya.

Sama halnya jika biduran akibat tersengat serangga atau terkena tumbuhan tertentu yang memunculkan gejala tersebut. Anda bisa langsung membasuh area tersebut dengan sabun dan air bersih, hingga yakin alergan menghilang. Intinya jika anak Anda terpapar zat tertentu dan mengalami biduran, segera jauhkanlah zat pemicu dari anak sebagai pertolongan pertama cara mengatasi biduran.

Atasi rasa gatal akibat biduran

Langkah mengatasi biduran pada anak selanjutnya yaitu dengan meringankan rasa gatal yang timbul di permukaan kulit. Para orang tua bisa melakukan 2 cara seperti mengoleskan lotion calamine pada area biduran dan membiarkannya hingga kering. Selain itu pakaikanlah baju anak yang longgar dan terbuat dari bahan halus yang menyerap keringat.

Cegah anak menggaruk area kulit yang biduran

Cara mengatasi biduran selanjutnya yaitu dengan mengusahakan supaya anak tidak menggaruk area biduran meski merasakan gatal yang mengganggu. Menggaruk hanya akan membuat kondisi kulit memburuk, sehingga cobalah untuk memasangkan sarung tangan berbahan lembut dan halus di kedua tangan anak. Tujuannya adalah guna mencegah supaya anak tidak menggaruk area biduran tersebut.

Mengonsumsi antihistamin

Obat antihistamin juga dapat menjadi langkah pertolongan pertama pada kondisi kulit biduran, namun jangan asal memberikannya pada anak. Sebaiknya konsultasikan pada dokter anak terlebih dulu agar hasilnya lebih efektif dan membantu pengobatan. Dokter akan memberikan dosis sesuai usia dan berat badan anak, serta tingkat keparahan biduran yang dialami, sehingga mempercepat penyembuhan.

Langkah pertama di atas bisa anda jadikan sebagai cara mengatasi biduran pada anak. Anda perlu menghubungi dokter anak, jika ke 4 langkah pertolongan pertama di atas tidak memberikan hasil yang efektif. Periksakan juga jika gejala yang dialami tidak mereda, serta anak mengalami kondisi-kondisi yang semakin parah.

Post a comment for "Langkah Tepat Pertolongan Pertama sebagai Cara Mengatasi Biduran pada Anak"