Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Sukses Olahraga Sehat Puasa

Kunci Sukses Olahraga Sehat Puasa - Bila saja semua orang mengetahui manfaat yang didapatkan saat berolahraga dalam kondisi berpuasa, maka mereka akan berlomba-lomba melakukannya agar mendapatkan manfaatnya. Kesehatan jantung dan pembuluh darah adalah hal yang paling mendapat sorotan. Organ utama ini merupakan organ paling vital. Kesehatan organ ini didukung oleh kondisi dari dalam dan luar, salah satunya dengan berolahraga. Begitu juga fungsi pembuluh darah dapat terganggu bila seseorang lalai berolahraga. Terganggunya dua organ ini bisa mengancam keselamatan jiwa. Jadi bagaimana tips agar tidak malas olahraga saat puasa?

olahraga sehat puasa

Tips Agar Berhasil Olahraga Sehat Puasa

Ketahui manfaat olahraga saat puasa

Salah satu resep sukses dalam melakukan sesuatu adalah dengan mengetahui manfaat yang kita dapat bila melakukannya. Sama halnya dengan berolahraga saat puasa. Masih banyak orang yang meninggalkan kegiatan olahraga saat berpuasa karena belum paham mengenai pentingnya olahraga saat berpuasa. Padahal sebenarnya banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika seseorang berolahraga dalam kondisi puasa.

Lakukan secara bertahap

Setelah mengetahui manfaat olahraga sehat puasa, bagi orang-orang yang tidak terbiasa olahraga secara rutin, juga mereka yang berolahraga hanya saat mood dating, tampaknya kurang bijak bila tiba-tiba melakukan olahraga saat puasa dengan intensitas tinggi. Sebaiknya bila ingin mendapatkan manfaat optimal dari olahraga saat puasa, mulailah dengan melakukan olahraga yang ringan terlebih dahulu. Ketika tubuh sudah mulai nyaman dengan intensitas ringan, maka tingkatkan lagi sampai intensitas yang diinginkan atau sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Sesuaikan kemampuan

Pertimbangkan dengan baik olahraga apa yang sebaiknya dilakukan saat berpuasa. Terutama bagi orang yang tidak rutin olahraga. Dalam kondisi berpuasa maka harus lebih memperhatikan olahraga yang sekiranya sesuai dengan kemampuan. Jangan tiba-tiba melakukan olahraga ekstrim karena ingin mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari olahraga dalam kondisi puasa. Yang dikhawartrikan adalah tubuh menjadi kaget dan bisa mengalami trauma atau malah menjadi sakit dan membatalkan puasa.

Perhatikan asupan makanan

Jangan lupakan bahwa energi yang didapatkan saat berpuasa didapatkan dari lemak dan glukosa yang terdapat dalam tubuh. Selain itu bila lemak yang ada di dalam tubuh sudah terbakar semua, maka yang akan dijadikan energi adalah asupan makanan yang masuk saat sahur. Itulah sebabnya jika memang merencanakan olahraga sehat puasa, perhatikan benar-benar asupan makanan saat sahur dan berbuka. Saat berolahraga nanti tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Dengan demikian tentunya sangat memerlukan cairan agar tidak dehidrasi.

Iman ditingkatkan

Di samping hal-hal di atas yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk berolahraga saat berpuasa adalah hal terakhir ini. Sesungguhnya hal terakhir inilah yang paling penting dilakukan. Seperti yang dikatakan oleh seorang pebasket internasional yang prestasinya tidak diragukan lagi yaitu Hakeem Olajuwon. Olajuwon terkenal dengan kebiasaannya berpuasa sunah. Tidak pernah ia meninggalkan puasa sunah apalagi wajib, meskipun saat itu sedang terlibat dalam pertandingan yang amat penting. Disebutkan olehnya bahwa sesungguhnya hal yang paling menguatkannya berolahraga berat saat berpuasa adalah tingkat keimanan.

Dengan keimanan tinggi, maka saat harus melakukan sesuatu yang berat seperti yang dia lakukan saat bertanding basket sambil berpuasa, justru badan terasa lebih kuat. Stamina luar biasa yang didapatkan, didukung oleh tingkat keimanan yang tinggi. Ditambah kasih sayang Allah yang membuat seseorang sanggup melakukan hal-hal yang amat berat sekali pun. Bagaimana sekarang, sudah tidak ragu olahraga sehat puasa?

So pasti sudah lebih yakin dong olahraga sehat puasa dan jangan lupa bahwa alam bawah sadar berperan penting dalam berhasilnya olahraga saat berpuasa. Tingkat keyakinan yang tinggi merupakan kunci tertinggi berhasilnya olahraga saat berpuasa. Jadi bersemangatlah dalam berolahraga meskipun sedang dalam kondisi berpuasa. Jangan sampai hanya karena malas maka dilewatkan kesempatan emas ini. Yuk olahraga saat puasa. Stamina kuat, badan sehat, iman pun meningkat.


Post a comment for "Kunci Sukses Olahraga Sehat Puasa"