Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat-Kiat dan Manfaat Olahraga Sehat Puasa

Kiat-kiat dan manfaat olahraga sehat puasa. Puasa merupakan suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan umat Islam dalam menjalankan syariat agamanya. Selain puasa wajib yang dilakukan pada bulan Ramadhan, banyak orang muslim yang melakukan kegiatan berbagai macam puasa sunah pada waktu tertentu. Kegiatan puasa ini secara otomatis akan merubah pola makan seseorang. Dan perubahan ini tentunya dapat berpengaruh terhadap fungsi tubuh seseorang tersebut.

Olahraga merupakan kegiatan yang memberikan pengaruh positif pada fungsi tubuh seseorang.  Untuk itu dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar pada saat menjalankan puasa sebaiknya Anda tetap melakukan kegiatan olahraga. Olahraga yang dianjurkan pada saat puasa ini adalah olahraga yang tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga. Anda harus memperhatikan beberapa hal dalam menjalankan olahraga saat puasa agar olahraga ini tidak menggangu kegiatan puasa Anda.

olahraga sehat puasa

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Olahraga Sehat Puasa

Waktu Olahraga

Waktu olahraga yang baik saat puasa adalah pagi hari, karena pada waktu ini Anda Masih memiliki tenaga yang cukup. Akan tetapi harus tetap diingat bahwa olahraga yang dilakukan sebatas olahraga ringan sampai sedang saja, karena jika Anda melakukan olahraga berat badan akan terasa lemas sepanjang hari. Selain pagi hari olahraga sehat puasa bisa dilakukan 1 sampai 2 jam menjelang berbuka puasa, waktu ini bisa Anda jadikan pengalih perhatian sambil menunggu berbuka puasa.

Jenis Olahraga

Olahraga yang baik dilakukan pada saat puasa yaitu seperti jalan santai, yoga, bersepeda dan berenang. Olahraga ini bisa dilakukan dengan intensitas ringan sampai sedang. Karena apabila dilakukan dengan intensitas yang tinggi dikhawatirkan tubuh tidak mampu melakukannya. Sedangkan olahraga yang harus dihindari pada saat puasa adalah olahraga yang kardio yang berat seperti sepak bola, senam aerobic, jogging, tenis dan lainnya.

Asupan Makan dan Minum

Asupan makan dan minum yang cukup sangat diperlukan oleh tubuh jika Anda berolahraga saat puasa. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya makanan bergizi yang mengandung karbohidrat, vitamin dan protein tinggi. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh yang dapat mengembalikan kadar glukosa dalam darah. Makanan yang mengandung vitamin dan protein tinggi dapat meperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika olahraga sehat puasa. Sedangkan minum yang cukup bisa mengurangi dehidrasi saat olahraga.

Manfaat Olahraga Sehat Puasa

Menjaga Berat Badan

Karena perubahan pola makan pada saat berpuasa, hal ini dapat dapat berpengaruh pula terhadap kestabilan berat badan seseorang. Ada beberapa orang yang memanfaatkan momen puasa ini sebagai salah satu cara diet. Akan tetapi banyak juga orang yang berat badannya cenderung meningkat pada saat puasa. Oleh karena itu olahraga bisa digunakan sebagai alternatif dalam menjaga kestabilan berat badan saat berpuasa.

Meningkatkan Stamina dan Sistem Kekebalan Tubuh

Stamina dan sistem kekebalan tubuh yang menurun akan membuat seseorang rentan terserang berbagai macam jenis penyakit terutama pada saat seseorang tersebut sedang berpuasa. Untuk itu perlu upaya agar stamina dan kekebalan tubuh bisa terjaga dengan baik selama puasa. Dan olahraga sehat puasa bisa menjadi salah satu upaya seseorang dalam meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh mereka.

Meningkatkan Semangat

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan hormon endorfin yang bisa memberikan rasa bahagia pada seseorang. Selain itu olahraga juga bisa membuat seseorang bisa teralih dari rasa lesu dan letih pada saat puasa. Dengan berolahraga sejenak saat berpuasa sudah mampu mengubah suasana hati seseorang yang sedang berpuasa, sehingga puasa bisa dijalankan dengan penuh semangat.

Dari berbagai kiat- kiat dan manfaat olahraga sehat puasa diatas dapat Anda ketahui bahwa puasa bukanlah menjadi halangan atau alasan seseorang untuk meninggalkan olahraga. Justru dengan berolahraga Anda bisa memperoleh banyak manfaat yang berguna bagi tubuh Anda , sehingga dengan melakukan kegiatan olahraga saat puasa ini kualiatas puasa Anda pun ikut meningkat. Jadi jika Anda ingin tetap sehat bugar saat berpuasa, tetap olahraga ya.


Post a comment for "Kiat-Kiat dan Manfaat Olahraga Sehat Puasa"