Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Manfaat Olahraga Sehat Puasa

Ketahui Manfaat Olahraga Sehat Puasa - Sudah banyak yang mengetahui manfaat olahraga saat sedang berpuasa, namun juga banyak yang mengabaikan. Kondisi tubuh yang lemas dan tidak bertenaga sering dijadikan alasan utama. Padahal manfaat yang didapatkan sangat besar bagi tubuh. Salah satunya adalah mengoptimalkan kinerja hormon. Selain itu bisa meningkatkan kepadatan tulang dan membuat harapan hidup lebih tinggi.

Melakukan olahraga ketika puasa sama pentingnya dengan kegiatan makan dan minum. Bedanya pada intensitas aktivitas olahraga yang harus disesuaikan agar tubuh tidak terlalu lelah dan dehidrasi. Untuk itu ketahui jenis olahraga yang bisa dilakukan ketika berpuasa dan waktu yang tepat.

olahraga sehat puasa

Jenis olahraga sehat puasa yang cocok dilakukan

Saat menjalani puasa, tubuh  tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman. Ketika olahraga sehat puasa, glikogen dan karbohidrat yang disimpan kemungkinan besar akan habis. Sehingga bisa membakar lemak lebih banyak dari biasanya. Untuk itu ada beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan ketika berpuasa.

Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang cocok dilakukan ketika berpuasa. Manfaatnya pun sangat luar biasa, yaitu mengencangkan otot dan menyehatkan jantung. Selain itu, bersepeda ketika puasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas. Karena dengan bersepeda membuat pikiran tenang dan suplai oksigen yang masuk dalam tubuh bisa terkontrol dengan baik.

Jalan santai

Ketika olahraga sehat puasa, hindari yang membuat tubuh berkeringat. Salah satu alternatif yang bisa Anda pilih adalah olahraga jalan santai. Dengan melakukan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga. Terutama kesehatan jantung, otot, serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat lebih banyak. Pilihlah waktu yang tepat ketika melakukan olahraga jalan santai. Misalnya ketika sore hari menjelang buka puasa. Tujuannya untuk menghindari lemas yang terlalu lama.

Yoga

Sejak zaman dahulu, yoga termasuk olahraga ringan yang bisa Anda lakukan ketika berpuasa. Bahkan olahraga ini bisa dilakukan di dalam rumah. Anda tinggal menyalakan video pelatihan olaheaga yoga dari internet, dan ikuti gerakan dari instruktur. Pilihlah olahraga yoga dengan intensitas rendah. Misalnya Sukhsana (menaruh kedua tangan di atas lutut dengan duduk bersila), hingga Tadasana (berdiri tegak sambil menaruh tangan di sisi badan).

Jogging

Olahraga sehat puasa selanjutnya adalah jogging. Olahraga jogging hampir sama dengan jalan kaki, tapi ritmenya lebih cepat. Tidak perlu terlalu jauh dari rumah ketika melakukan jogging. Anda bisa lakukan di halaman rumah. Manfaat dari olahraga joging sangat banyak. Seperti meningkatkan kesehatan tulang, menyehatkan jantung, menguatkan otot, dan menjaga berat badan.

Itulah jenis-jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan ketika berpuasa. Namun perlu diingat, ketika melakukan olahraga, tubuh akan mengeluarkan cadangan gula dan lemak. Dan itu menyebabkan mual dan pusing. Pilihan waktu yang tepat adalah menjelang puasa untuk berolahraga. Sehingga energi yang terbuang ketika olahraga akan tergantikan oleh makanan saat berbuka puasa. Hindari olahraga fisik yang berat yang bisa menghabiskan energi dalam jumlah yang besar dan mengakibatkan dehidrasi. Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan dan nutrisi ketika berbuka puasa.

Jangan jadikan puasa untuk alasan bermalas-malasan. Karena olahraga sehat puasa memiliki banyak manfaat. Diantaranya lebih mudah membakar lemak di dalam tubuh, lebih mudah membentuk otot, membuat tubuh tampak lebih mudah, mengurangi depresi, meningkatkan produksi hormon testoteron, mengembalikan waktu biologis bagi otot dan otak, dan meningkatkan kemampuan atletis. 


Post a comment for "Ketahui Manfaat Olahraga Sehat Puasa"