Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Eye Strain

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Eye StrainBagi Anda yang bekerja di depan layar terus menerus pasti pernah mengalami eye strain atau disebut juga dengan mata lelah. Kondisi ini biasanya ditandai denganrasa lelah/pegal pada mata, penglihatan menjadi kabur, mata merah, mata kering dan terasa panas. Selain itu mungkin Anda kerap kali merasakan sakit kepala, punggung, leher, daa pundak. Cara mencegah  eye strain ini, yaitu dengan mengistirahatkan mata selama beberapa ment atau bila keadaan mata terlihat parah, maka segerakan untuk periksa ke dokter.

Penyebab dari eye strain dikarenakan ketika menatap layar, maka mata akan terus bergerak dari titik satu ke titik yang lain dan membutuhkan fokus lebih lama. Sehingga otot mata bercegah keras. Huruf-huruf komputer yang tidka setajam dengan media cetak. Kerlipan atau cahaya yang lauar yang membuat silau membuat mta bekerja lebih keras dan frekuensi kedipan mata berkurang. Hal inilah yang menjadi penyebab mata Anda kembali menyala.

Cara mencegah  eye strain

Cara Mencegah eye strain

Diketahui, sekitar 50-90% orang yang beerja di depan layar ini mengalami gejala eye strain. Berikut ini akan dpaparkan mengenai cara mencegahnya.

Menyesuaikan cahaya sekitar

Pertama yaitu mnyesuaikan cahaya sekitar. Ini merupakan cara mencegah eye strain yang sering terlewati oleh banyak orang. Hal yang perlu dilakukan antara lain; dengan duduk menghindari menghadap dan membekali jendela secara langsung. Hal ini dikarenakan akan mengganggu penglihatan ke arah layar. Akan lebih baik bila tira jendela ditutup untuk menghindari sinar matahari yang terlalu menyilaukan mata.

Selanjutnya yatu dengan menyesuaikan posisi layar komputer agar refleksi cahaya dari jendela maupun lampu berkurang. Dan yang terakhir yaitu mengatur posisi lampu meja Anda dan tidka langsung mengarah ke mata.

Susun meja kerja sebaik mungkin

Cara mencegah eye strain, yatu dengan menyesuaikan letak layar komputer agar pandangan mata Anda tepat untuk mengarah ke inti layar. Atur jarak wajah dengan layar komputer sejauh 50-70 cm. Tapi bila menggunakan komputer laptop, aka yang harus dilakukan yaitu dengan menggunakan stand book yang berguna untuk mengurangi grakan menduduk ataupun menengadah secara berulang-ulang.

Ganti pengaturan layar komputer

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk mencegah eye strain yaitu dnegan mengatur tingkat keterangan layar, kontras layar dan ukurn huruf. Anda tidka lagi perlu menggunakan screen flter yang berguna untuk menyaring atau mengurangi cahay yang mausk ke mata.

Batasi penggunaan kompyter

Cara mencegah eye strain selanjutnya ialah dengan membatasi pengunaan komputer. Selama Anda bekerja dnegan menggunakan komputer dan butuh waktu yang lama, cbalah untuk melakukan poin berikut ini: kedipkan mata Anda sesering mungkin agar mata menjadi lembab. Selain itu alihkan mata Anda setiap 20 menit untuk melihat ke arah lan.

Gunakna obat tetes mata

Bila diperlukan, Anda bisa meneteskan obat tetes mata yang saat diteteskan miripdnegan ar mata. Banyak orang menyebutnya dengan, air mata buatan. Anda bisa menggunakna obat ini dengan resep dokter. Anda juga dapat membelinya ke apotek terdekat. Namun perhatikan terlebih dahulu tentang bahan aktif yang terdapat pada obat tersebut.

Atasi kondisi mata lain

Gunakan kacamata bagi Anda yang mengalami kelainan pada mata. Ini merupakan cara mencegah eye strain yang brbahaya. Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata.

Setelah membaca paparan cara mencegah eye strainb, yang mankah yang sudah Anda mencoba untuk kembali merelaksasikan mata Anda? Jaga kondis mata Anda dari eye strain. Karena gejala Eye strain merupakan kondisi mata yang cukup berbahaya.

Post a comment for "Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Eye Strain"

Berlangganan via Email