Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Kenali  Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui - Minyak zaitun dikenal sebagai minyak yang kaya akan antioksidan dan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak inilah yang dianggap sebagai lemak sehat yang baik untuk tubuh. Sedangkan zat antioksidannya mampu membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel sehingga menyebabkan berbagai macam penyakit dan kondisi tubuh yang tidak baik.

Manfaat minyak zaitun

Manfaat Ajaib Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Jika pernah merasakan ekstra virgin minyak zaitun, rasanya pasti sedikit pahit. Akan tetapi, justru pahitnya inilah yang menunjukkan bahwa minyak tersebut memiliki kualitas terbaik. Dengan kualitas yang demikian zat yang terkandung dalam minyak zaitun dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan radikal  bebas. Kerusakan tersebutlah yang dapat memicu pengembangan penyakit dan kanker jenis tertentu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dari minyak zaitun, bisa disimak di bawah ini;

Mengurangi Kemungkinan Penyakit Kardiovaskular

Manfaat minyak zaitun sangat baik untuk tubuh. Minyak tersebut merupakan sumber lemak utama dalam makanan dalam kawasan Mediterania. Menurut penelitian yang telah dilakukan, orang yang mengkonsumsi minyak zaitun akan memiliki usia harapan hidup lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsinya. Manfaat lainnya adalah orang tersebut memiliki kemungkinan lebih rendah meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Dapat Menanggulangi Penyakit Alzheimer

Minyak zaitun tidak saja bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular, khasiat berharga minyak zaitun yang lain adalah dapat menanggulangi penyakit Alzheimer. Penyakit ini adalah penyakit yang mematikan yang dipicu oleh plak beta-amyloid. Minyak zaitunlah yang diduga mampu menghilangkan plak tersebut.  Meskipun penelitian yang dilakukan baru pada tikus bukan manusia, tetap saja manfaat dari minyak ini tidak bisa diabaikan.

Mencegah Penyakit Stroke

Minyak zaitun sejak dahulu telah dikenal sebagai minyak yang mempunyai banyak manfaat. Baik untuk kesehatan tubuh atau kecantikan. Para Ratu jaman dahulu bahkan telah menggunakan minyak ini untuk menjaga kecantikan kulit. Untuk kesehatan, manfaat minyak zaitun adalah untuk mencegah penyakit stroke. Riset telah membuktikan bahwa orang yang rajin mengkonsumsi minyak zaitun risiko terkena stroke akan lebih rendah.

Menjaga Kesehatan Hati

Banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh tubuh ketika mengkonsumsi minyak zaitun. Molekul dalam minyak zaitun dipercaya dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan hati. Hal itu tidak terlepas dari peran kandungan asam oleat dan senyawa fenolik yang membantu mencegah terjadinya peradangan, resistensi insulin, stress dan perubahan lain yang dapat memicu kerusakan hati.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah berkaitan dengan berat badan. Ingin punya badan yang langsing dengan berat yang ideal, maka bisa mencoba mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin. Minyak zaitun adalah salah satu daftar makanan sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan.  Banyak yang beranggapan bahwa minyak dapat memicu peningkatan berat badan, tapi hal tersebut tidak berlaku pada minyak zaitun yang justru bersifat sebaliknya.

Mengurangi Risiko Depresi

Minyak zaitun juga berhubungan erat dengan depresi. Jika lemak trans yang biasanya dikonsumsi dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami depresi, sebaliknya menurut penelitian minyak zaitun justru bermanfaat turunnya risiko depresi. Orang yang rajin mengkonsumsi minyak zaitun akan mengalami depresi lebih rendah yaitu sebesar 48 persen. Lebih rendah dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi lemak trans.

Setelah mengetahui manfaat minyak zaitun yang begitu bagus untuk tubuh, sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsinya secara rutin. Minyak zaitun juga bisa ditambahkan pada hidangan. Menimbulkan rasa yang berbeda dan menjadikan tubuh selalu fit dari hari ke hari. Jadi, sebenarnya minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan saja. Dunia kesehatan juga benar-benar merasakan manfaat dari minyak yang satu ini.

Post a comment for "Kenali Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui"

Berlangganan via Email