Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali 7 Tanda Harus Berhenti Lakukan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Kenali 7 tanda harus berhenti lakukan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda. sebenarnya, olahraga dalam kondisi hamil adalah hal yang sah-sah dan aman-aman saja dilakukan. Namun dengan catatan bahwa olahraga yang dilakukan adalah olahaga yang aman bagi ibu hamil dan dilakukan tidak dengan memaksa tubuh supaya kuat berolahraga.

Hal ini karena meski olahraga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan si janin dalam kandungan. Beberapa jenis olahraga seperti olahraga kontak, olahraga yang melibatkan ketinggian, kedalaman, dan keseimbangan sebaiknya tidak dilakukan. Selain itu, beberapa kondisi di bawah ini membuat ibu harus segera hentikan olahraga.

olahraga sehat untuk ibu hamil muda 

7 Tanda Harus Berhenti Lakukan Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Olahraga memang menyehatkan, tapi ada beberapa kondisi ibu hamil harus berhenti olahraga. Berikut adalah 7 tanda yang jadi sinyal untuk segera hentikan olahraga sehat untuk ibu hamil muda.

Pusing dan mata berkunang-kunang

Munculnya rasa pusing dan pandangan yang kabur hendaknya ibu hamil pahami sebagai tanda ia harus hentikan olahraga dan beristirahat. Sebab kondisi ini merupakan tanda bahwa tubuh sudah sangat lelah. Pada dua trisemester petama memang seringkali ibu hamil muda mengalami kekurangan darah. Keadaan alamiah tersebut akan bisa diperburuk dengan kelelahan karena olahraga yang berlebihan.

Merasa kepanasan dan dehidrasi

Pandangan berkunang-kunang, kepanasan, kram, mual, dan tidak beraturnya detak jantung adalah beebrapa tanda tubuh tidak bisa mengondisikan dengan temperatur sekitarnya. Jika tanda-tanda tersebut muncul, maka langkah bijak ibu adalah segera hentikan berbagai aktivitas yang mungkin menyebabkan kondisi demikian, termasuk olahraga sehat untuk ibu hamil muda.

Minimnya pergerakan si kecil dalam perut

Tanda ibu harus berhenti olahraga berikutnya adalah berkurangnya gerakan si kecil dalam perut. Ini karena biasanya, gerakan atau tendangan kecil janin dalam perut menandakan ia dalam keadaan sehat. tapi jika penurunan gerakan tersebut terjadi ketika ibu hamil berolahraga, maka sebaiknya segera hentikan oleharaga sehat untuk ibu hamil tersebut.

Terjadinya pembengkakan

Secara umum, munculnya pembengkakan pada kaki maupun tangan setelah olahraga sehat untuk ibu hamil muda adalah hal yang wajar. Ini karena ketika berolahraga, seluruh bagian tubuh akan digerakkan. Namun jika pembengkakan yang muncul disertai dengan warna merah dan rasa nyeri, ini adalah tanda adanya penyimbatan pembuluh darah vena yang bisa berbahaya.

Detak jantung cepat dan tidak normal

Manfaat olahraga di antaranya yakni dapat mengatur napas dan detak jantung. akan tetapi, jantung yang berdebar kencang dan rasa ceas yang muncul merupakan tanda ibu hamil segera hentikan olahraga. Kondisi demikian itu adalah sinyal bahwa tubuh butuh istirahat dan cairan. Tapi dalam kondisi yang parah, gejala ini bisa hadi merupakan tanda ibu hamil punya gangguan hati atau tiroid.

Rasa sakit diperut atau dada

Rasa sakit di perut dan dada pada ibu hamil bisa jadi merupakan dampak dari perenggarangn otot dan sendi saat berolahraga. Meski pun wajar, sebaiknya ibu segera hentikan olahraga sehat untuk ibu hamil ini jika sudah menemui gejala ini. Sebab kondisi ini bisa dapat menjadi gejala kontraksi yang dialami ibu pada saat masa kehamilan sudah tua.

Kelelahan hingga napas tersenggal-senggal

Kelelahan karena berolahraga memang hal yang lumrah. Ini bisa jadi merupakan cara tubuh memberi tahu bahwa ia kekurangan air dan oksigen. Namun bagi ibu hamil, kelelahan hingga napas ngos-ngosan sebaiknya dihindari. sebab dapat bahayakan kandungan. Jika ibu hamil sudah merasa sangat lelah ketika olahraga, maka demi kesehatan si jani dalam kandungan, ibu hamil harus segera berhenti.

7 tanda harus berhentu lakukan olahraga sehat untuk ibu hamil muda sebenarnya muncul karena ibu hamil kekurangan oksigen dan air. Inilah yang mmebuat ibu hamil tidak terhidrasi. Karenanya, ketika olahraga pun ibu hamil harus cukupi nutrisi dan cairan tubuh.

Post a comment for "Kenali 7 Tanda Harus Berhenti Lakukan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda"