Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali 5 Tanaman Obat-obatan Populer Di Indonesia Ini

Kenali 5 tanaman obat-obatan populer di Indonesia ini. Waalupun dunia medis sudah mumpuni, tetap saja pengobatan tradisional masih diminati masyarakat. Banyak alasan seseorang menggunakan tanaman obat untuk menangani penyakit yang diderita, apalagi tak buat ketagihan atau mengalami efek samping akibat mengkonsumsinya.

Tanaman Obat yang Populer Di Indonesia

Sejatinya, menurut WHO, tanaman obat didefinisikan sebagai bahan asli pembuatan obat herbal loh. Selain itu kebanyakan tanaman obat dapat ditanam di rumah karena mudah tumbuh, mulai dari akar, daun sampai batangnya berfungsi untuk kesehatan. Berikut ada daftar tanaman obat yang wajib diketahui, antara lain:

tanaman obat-obatan populer di Indonesia

1.      Belimbing Wuluh

Anda pasti mengenal belimbing wuluh karena dijadikan bahan utama pembuatan sayur asem, siapa sangka belimbing wuluh termasuk tanaman obat-obatan populer di Indonesia. Buah asam tersebut kaya asam folat, saponin, peroksidase, vitamin C dan flavoid. Selain itu kaya akan asam oksalat yang bagus untuk penderita ginjal.

Sementara khasiatnya untuk meredakan batuk, mengatasi sakit gigi dan sariawan, gusi berdarah, rematik, memperbaiki fungsi pencernaan dan penyakit lainnya. Anda bisa mengkonsumsinya dijadikan sayur, jus, rujak atau berbentuk buah.

2.      Bunga Matahari

Bukan Cuma tampilannya yang cantik saja, bunga matahari juga menjadi obat tradisional beberapa penyakit. Nggak heran menjadi tanaman obat-obatan populer di Indonesia karena bisa menjaga kesehatan anda dan keluarga, mengatasi diabetes, mencegah osteoporosis, diet, proses antiinflamasi dan penyakit lainnya.

Bunga matahari mengandung berbagai vitamin seperti vitamin B1, kalium, magnesium, kalsium. Semua vitamin tersebar ke seluruh bagian tanaman, diantaranya dari biji, minyaknya. Intinya, konsumsilah sesuai aturan agar khasiatnya dapat dirasakan.

3.      Kemuning

Kebanyakan orang menganggap kemuning hanyalah tanaman hias, padahal termasuk tanaman obat-obatan populer di Indonesia loh. Apalagi kemuning memiliki senyawa minyak atsiri yang melimpah di bagian daunnya, ada juga kandungan saponin, kumarin, glikosida jantung, alkaloid indol dan kandungan lain.

Bunga kemuning dapat digunakan untuk menghindari pembekuan darah atau disebut koagulasi. Sementara saat bunga kemuning di ekstrasi dapat dijadikan penurun jumlah glukosa di dalam darah, dengan kata lain menjadi obat tradisional penderita diabetes.

4.      Kencur

Sementara kencur juga menjadi tanaman obat-obatan populer di Indonesia karena dapat menambah nafsu makan. Melancarkan haid, mengobati radang lambung, sakit kepala, batuk, diare maupun mengobati flu. Bahkan menurut penelitian, kencur dapat mengurasi stress atau cemas karena memiliki sifat antidepresan.

Kandungan pada kencur pun beragam, seperti asam cinnamic, alkaloid, bomeol, ethyl aster, minyak atsiri dan berbagai kandungan lain yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu cara penggunaannya mudah, cukup parut kencur yang dicampur dengan kunyit dan berikan 1 sendok makan madu untuk diminum. Minum 2 kali sehari sampai penyakit yang diderita sembuh.

5.      Kangkung

Orang awam mungkin tak tahu kangkung yang biasa dijadikan sayur menjadi tanaman obat-obatan populer di Indonesia. Padahal khasiat kangkung untuk kesehatan sangat besar loh karena mengandung zat besi tinggi, alhasil kangkung mampu mengatasi sakit gigi, sembelit, wasir, insomnia, cacar air, sariawan dan sakit kepala.

Indonesia kaya akan tanaman obat, pasalnya dari zaman dahulu obat tradisional menjadi pengobatan tetap nenek moyang. Nggak heran tanaman obat-obatan populer di Indonesia sangat banyak, anda tinggal memilih tanaman obat mana yang dirasa cocok dilidah dan sesuai penyakit yang diderita.

Post a comment for "Kenali 5 Tanaman Obat-obatan Populer Di Indonesia Ini"