Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Olahraga yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Jenis Olahraga yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda. Olahraga adalah cara yang mudah untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik, baik selama atau setelah kehamilan. Jenis olahraga yang ringan seperti berjalan, yoga, dan berenang, cenderung aman pada tahap apa pun. Untuk itu, dalam ulasan kali ini, kami akan membahas tentang aktivitas olahraga yang aman pada trimester pertama kehamilan. Kami juga akan membahas tentang berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk masing-masing olahraga tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan berikut ini.

olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda

Rekomendasi Olahraga yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Berjalan dan jogging

Berjalan di atas permukaan datar yang rata adalah salah satu bentuk latihan yang ringan dan tidak berbahaya, sehingga sangat ideal untuk ibu hamil. Mengayunkan lengan dalam gerakan ritmis yang lebar sambil berjalan, dipercaya dapat menghasilkan peningkatan denyut jantung yang moderat. Selain itu, berjalan di lingkungan yang tenang dan alami juga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan dan relaksasi.

Seseorang yang tidak terbiasa berjalan harus memulai olahraga ini selama 10 menit tiap minggu. Sementara ketika Anda sudah terbiasa, maka bisa beralih dari berjalan ke jogging selama trimester pertama. Namun pastikan olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda ini dilakukan di permukaan yang datar dan rata. Selain itu, jangan lupa alas kaki yang tepat dan mendukung selama olahraga. Jangan lupa juga untuk meregangkan otot tubuh Anda ketika merasa sudah aktif dan hangat.

Berenang dan aerobik air

Olahraga ringan dan tidak berbahaya lainnya untuk ibu hamil adalah berenang dan aerobik air. Jenis olahraga ini dipercaya dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen. Selain itu, ini juga dapat mendorong perkembangan otot dan fleksibilitas, dengan risiko ketegangan atau cedera yang sangat rendah. Jika Anda terbiasa renang atau melakukan aerobik air sebelumnya, maka Anda bisa meneruskan aktivitas ini selama trimester pertama. Namun jika Anda masih pemula, maka Anda bisa mengikuti kelas ini setidaknya 2-3 kali dalam seminggu (masing-masing selama 30 menit).

Yoga

Yoga adalah jenis olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda, yang memungkinkan tubuh untuk meregang dan mengembangkan kekuatan dengan lembut. Ini juga dapat mendorong keterampilan yang sangat membantu selama persalinan, seperti pernapasan dan meditasi yang terkontrol. Untuk itulah, banyak tempat yang menawarkan kelas yoga bagi orang hamil. Biasanya pendatang baru akan ditawarkan untuk menghadiri satu sesi 30 menit per minggu. Namun cobalah untuk menghindari yoga bikram, backbends, dan segala jenis yoga lainnya yang bisa membahayakan kehamilan.

Pilates

Pilates dipercaya dapat meningkatkan kekuatan dan keseimbangan inti, yang dapat mengurangi risiko keguguran. Ini juga dapat meringankan sakit punggung bagian bawah yang terkait dengan penambahan berat badan, terutama di bagian depan. Untuk Anda yang masih baru, maka bisa mencoba olahraga ini secara bertahap, mulai dari beberapa sesi seminggu (masing-masing selama 50-10 menit). Jika sudah terbiasa maka Anda bisa melanjutkan sesi hingga 30-60 menit sekali atau dua kali seminggu.

Latihan beban dengan intensitas rendah

Umumnya, Anda masih bisa melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda seperti angkat berat ringan. Jenis olahraga ini dapat membantu mempertahankan berat badan Anda yang sehat dan dapat meningkatkan kekuatan secara keseluruhan. Memiliki inti yang lebih kuat juga dapat membantu meningkatkan stabilitas dan mengurangi risiko keguguran. Namun saat melakukan latihan beban, cobalah untuk menghindari mengangkat beban di atas perut atau mengangkat beban yang terlalu berat.

Banyak orang percaya mitos bahwa ketika hamil mereka harus menghindari olahraga. Padahal olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda masih dianggap aman. Ini bisa mengeluarkan keringat ringan dan dapat meningkatkan denyut jantung. Selain itu, olahraga yang ringan juga bisa menjadi latihan yang baik untuk mempersiapkan persalinan.

Post a comment for "Jenis Olahraga yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda"