Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Masker Rambut untuk Rambut Kering

Jenis Masker Rambut Untuk Rambut Kering – Rambut adalah mahkota wanita. Oleh karena itu, penting sekali memperhatikan kesehatan rambut. Kesehatan rambut yang tidak terjaga menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah rambut kering. Rambut kering adalah kondisi rambut yang sulit diatur. Rambut kering disebabkan karena penggunaan alat catokan atau pengering rambut. Suhu panas dari alat catokan dan pengering rambut dapat membuat rambut menjadi kering.

Rambut kering tentu menjadi masalah serius, jika tidak segera ditangani. Selain berdampak pada kesehatan rambut, rambut kering juga akan mengurangi penampilan Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan masker rambut. Masker rambut banyak dijual di supermarket, namun membuat masker rambut dengan bahan alami tentu menjadi tantangan tersendiri. Masker rambut alami dibuat dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.

masker rambut untuk rambut kering

Masker Rambut untuk Rambut Kering

Masker rambut dari bahan alami mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Nutrisi tersebut dapat digunakan untuk mengembalikan kelembapan rambut. Saat diaplikasikan pada rambut, nutrisi dalam masker rambut akan menyerap ke dalam pori-pori rambut. Rambut yang sudah diberi masker didiamkan beberapa saat, kemudian rambut dibilas dengan air hingga bersih. Hasil penggunaan masker rambut untuk rambut kering dapat terlihat setelah beberapa kali pemakaian. 

1.       Minyak Almond

Minyak almond mengandung zat anti peradangan. Zat ini diyakini bermanfaat untuk mengatasi masalah, seperti ketombe, eksim, dan psoriasis. Zat lain yang terdapat pada minyak almond adalah emolien, yaitu zat yang dapat melembutkan dan menenangkan kulit yang kasar dan kering. Untuk mendapatkan manfaat dari kedua zat ini, minyak almond dapat digunakan secara langsung pada rambut yang kering. Anda juga dapat mencampurkan minyak almond dengan minyak kelapa dan buah avokad. Minyak almond atau campurannya dioles ke seluruh bagian kulit rambut hingga ujung rambut. Sebelum dibilas, diamkan rambut selama kurang lebih 40 menit!

2.       Minyak Kelapa

Masker rambut untuk rambut kering dapat dibuat dari minyak kelapa.  Selain karena harganya yang murah, minyak kelapa juga mudah ditemukan di sekitar kita. Minyak kelapa mengandung protein yang tinggi dan dapat melembapkan rambut. Minyak kelapa juga mengandung zat antiperadangan yang dapat mengatasi ketombe. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak kelapa ini, Anda dapat mengoleskan dua sendok minyak kelapa yang sudah dihangatkan ke seluruh bagian rambut secara merata. Rambut, kemudian didiamkan selama 1-2 jam baru setelah itu dibilas dengan air hingga bersih dan lanjutkan dengan pemakaian kondisioner untuk mendapatkan hasil maksimal.

3.       Campuran Madu dengan Minyak Zaitun

Madu mempunyai banyak manfaat kesehatan termasuk kesehatan rambut. Selain karena zat emoliennya yang dapat melembutkan, rambut juga mengandung zat humektan. Gabungan dua zat ini, menjadikan rambut lembap, halus, dan berkilau. Madu yang digunakan untuk masker rambut, biasanya dicampurkan dengan bahan lain seperti minyak zaitun. Caranya mudah, dengan mencampurkan setengah cangkir madu dan seperempat cangkir minyak zaitun. Campuran, kemudian diaduk dan dihangatkan. Aplikasikan campuran ini pada rambut Anda. Setelah didiamkan selama 30 menit,  rambut bisa dibilas dan dilanjutkan dengan penggunaan sampo. 

Bahan masker rambut untuk rambut kering terdapat di sekitar kita. Jika bahan-bahan di atas sulit ditemukan, Anda bisa menggunakan pisang. Pisang mengandung silika yang diyakini dapat mengembalikan kolagen rambut dan menguatkan akar rambut. Rambut yang kuat meminimalkan resiko rambut kering. Rambut kering juga dapat dicegah dengan mengurangi frekuensi keramas serta mengurangi penggunaan catokan dan pengering rambut.     

 

 

 

 

 

  

 

Post a comment for "Jenis Masker Rambut untuk Rambut Kering"