Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Sepelekan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil, Ini Manfaatnya bagi Ibu dan Janin

Jangan sepelekan olahraga sehat untuk ibu hamil, ini manfaatnya bagi ibu dan janin. Hamil seharusnya tidak menjadi alasan untuk ibu bermalas-malasan. Ini karena tidur-tiduran sepanjang hari akan membuat ibu hamil muda merasa cepat bosan lelah. Karena itu, sangat disarankan bagi ibu untuk aktif bergerak.

Di antara cara yang dapat membuat ibu aktif bergerak yakni dengan berolahraga. Olahraga yang disarankan pun bukan olahraga yang berat. Namun olahraga ringan yang bahkan bisa ibu hamil muda lakukan di rumah. Di antaranya yakni yoga, kegel, berenang, bersepeda dalam ruangan, dan lain sebagainya.

 

olahraga sehat untuk ibu hamil muda

Ini Manfaat bagi Ibu dan Janin dengan Melakukan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil

Olahraga memberikan dampak positif bagi ibu dan calon bayinya. Berikut adalah manfaat olahraga sehat untuk ibu hamil muda dan janinnya.

Manfaat bagi si janin

Olahraga sehat untuk ibu hamil muda jika rutin dilakukan akan memberikan banyak manfaat. tidak hanya bagi ibu hamil saja, tapi juga bagi si janin. Hal ini karena rutinnya ibu hamil berolahraga dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Sehingga nantinya, si kecil akan memiliki kemampuan lebih baik untuk menerjemahkan suara yang diulangi.

Manfaat olahraga sehat untuk ibu hamil muda ini didukung dengan studi yang disampaikan Society for Neuroscience di San Diego, bahwa pada usia 10 hari si bayi yang ibunya rajin berolahraga selama masa kehamilan akan memiliki kematangan otak lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Karena itu, masih ragu untuk melakukan olahraga?

Manfaat bagi ibu hamil

Banyak manfaat yang didapatkan oleh ibu hamil. di antaranya yakni dapat mengatur tekanan, gula darah, dan dapat mengontrol kenaikan berat badan. Selain manfaat yang dapat dirasakan pada fisik, olahraga pada kenyataannya juga memberikan manfaat pada kondisi psikologis ibu.

Hal ini karena berolahraga secara rutin bagi ibu hamil dapat meningkatkan produktifitas hormon endorfin. Hormon ini adalah hormon yang dapat menghindarkan ibu dari rasa depresi dan stres. Salah stau bukti nyata olahraga sehat untuk ibu hamil muda yakni dapat membuat ibu terhindar dari masalah atau gangguan tidur ketika malam hari.

Meski begitu, ada beberapa hal yang secara khusus harus diperhatikan ibu hamil ketika melakukan olahraga. Mulai dari memilih jenis olahraga yang aman bagi kehamilan, serta hal-hal lain berikut ini.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan ketika Melakukan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Berikut ini adalah hal-hal yang mesti cermat diperhatikan supaya olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang dilakukan tetap aman bagi kehamilan.

Peka sinyal lelah yang diberikan tubuh

Tujuan utama melakukan olahraga yakni untuk menjaga tubuh tetap fit sepanjang hari. Meski begitu, ibu hamil muda sebaiknya juga tahu kemampuan diri sendiri dengan tidak memaksa tubuh berolahraga keras. Dengan kata lain, jika tubuh sudah menunjukkan gejala kelelahan, maka wajib untuk ibu hamil beristirahat.

Cukupi kebutuhan cairan

Dengan berolahraga, tentunya tubuh mengeluarkan banyak cairan. Karena itu, wajib bagi ibu hamil muda menyiapkan bekal air ketika berolahraga. Hal ini karena dehidrasi yang dialami tubuh dapat berdampak buruk pada kesehatan ibu dan janin. Selain untuk memenuhi kebutuhan minum air harian tubuh, bekal air ini dapat digunakan sebagai pengganti cairan yang hilang ketika melakukan olahraga sehat untuk ibu hamil muda.

Demikian adalah paparan mengenai manfaat yang bisa diperoleh ibu dan si janin ketika melakukan olahraga sehat untuk ibu hamil muda. Meski pada dasarnya olahraga yang dilakukan adalah kegiatan yang positif, menimbang dalam kandungan ibu hamil muda ada janin yang sedang dalam masa pertumbuhan, maka ibu hamil sebaiknya memperhatikan pula kemampuan dan kebutuhan tubuh lainnya.

Post a comment for "Jangan Sepelekan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil, Ini Manfaatnya bagi Ibu dan Janin"

Berlangganan via Email