Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Diremehkan! Ketahui Gejala Penyakit Huntington

Jangan Diremehkan! Ketahui Gejala Penyakit Huntington – Pernahkah Anda mendengar penyakit huntington? Penyakit ini merupakan penyakit yang menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan dalam berpikir, bergerak sampai gangguan kejiwaan. Penyakit huntington merupakan penyakit keturunan dengan pengobatan yang bertujuan untuk meredakan gejalanya. Gejala penyakit huntington yang ditimbulkan dari beberapa penderitanya bermacam-macam.

Gejala penyakit huntington

Gejala Akibat Terganggunya Kemampuan Berpikir (Kognitif)

Gejala yang dari penyakit huntington ini meliputi:

·         Mengalami kesulitan bicara atau lambat mengetahui maksud dari pembicaraan

·         Mengalami kesulitan untuk mengatur, mengutamakan dan fokus terhadap pekerjaan

·         Mengalami kesulitan dalam mempelajari suatu informasi

·         Tidak menyadari perilaku dan kemampuan dirinya sendiri

·         Selalu larut dalam memikirkan suatu hal dan tindakan

·         Sulit mengontrol diri terhadap suatu tindakan

Gejala Penyakit Huntington Akibat Gangguan Bergerak

Selain terganggu kemampuan berpikirnya, gejala dari penyakit huntington yang ditimbulkan yaitu mengalami gangguan untuk bergerak:

·         Pergerakan mata yang lambat

·         Sulit untuk berbicara dan menelan

·         Gangguan terhadap keseimbangan

·         Otot akan terasa kaku

·         Mengalami chorea (suatu gerakan menyentak dan menggeliat yang terjadi diluar kendali)

Gejala Akibat Gangguan Kejiwaan

·         Tidak suka bersosialisasi/menarik diri dari lingkungan

·         Mengalami gangguan obsesf kompulsif

·         Mengalami gangguan bipolar

·         Insomnia

·         Percaya diri yang berlebihan

·         Seringkali merasa sedih, marah bahkan tidak peduli dengan sekitar

·         Seringkali ingin bunuh diri dan bicara tentang kematian

Pada umumnya, gejala penyakit huntington muncul ketika si penderita telah berusia 30-40 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan gejala ini muncul saat usia anak dan remaja dengan usia dibawah 20 tahun. Pada kondisi ini disebut juga dengan juvenile huntington. Gejala yang basanya muncul antara lain:

·         Kejang-kejang

·         Otot terasa kaku dan mempengaruhi cara si penderita berjalan

·         Prestasi disekolah mengalami penurunan

·         Mengalami perubahan pada tulisan tangan

·         Mengalami perasaan gemetar atau tremor

·         Kemampuan akademik menghilang

Gejala yang muncul ini memang tidka bisa diremehkan. Bila kerabat atau teman Anda mulai mengalaminya, segerakan untuk dibawa ke dokter untuk didiagnosis. Agar dokter bisa menangani dengan segera.

Pengobatan Penyakit Huntington

Setelah mengetahui gejala penyakit huntington, langkah selanjutnya yaitu mengetahui diagnosis dari dokter dan akan melalui proses pengobatan. Perngobatan pada penyakit ini agar gejala yang muncul bisa ditangani. Penanganan pun berbeda-beda dari setiap gejala yang muncul.

Oleh karena itu hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter syaraf agar dapat ditangani dengan tepat dan cepat. Misalnya: pasien dengan gejala gangguan bergerak akan diberikan obat seperti, antipsikotik, levetiracetam dan clonazepam. Berbeda dengan pasien yang emngalami gejala gangguan kejiwaan.

Bagi pasien gejala penyakit huntington yang satu ini akan diberkan obat seperti, antidepresan (escitalopram, fluoxetine, dan srtraline), atipsikotik (quetiapine, risperindone, dan olanzapine) dan antikonvulsan (carbamazepine dan lamotrigine).

Pada masing-masing obat yang diberikan ini dapat menimbulkan efek samping yang akan dapat memperburuk kondisi si pasien. Oleh karena itu obat-obatan yang diberikan harus sesuai dengan resep dan anjuran dokter. Hal ini dikarenakan dokter bisa mendiagnosis pasien dibanding kita.

Selain melalui pengobatan, gejala penyakit huntington dapat ditangani dengan melakukan terapi. Banyak pilihan terapi yang bisa dialkukan untuk pasien penderita huntington yang memiliki manfaat sesuai dengan gejala yang ditimbulkan. Maka dengan ini dokter akan menentukan jenis terapi untuk si pasien sesuai dengan gejala yang dialami.

Dari rangkain pengobatan yang dapat dilakukan untuk pasien penderita huntington sebenarnya belum ada pengobatan tersebut belum pasti untuk menyembuhkan penyakit huntington sepenuhnya. Oleh karena itu si pasien harus sabar dalam menjalani proses pengobatan ini. Selain itu, penyakit huntington dapat dicegah dengan bayi tabung dan analisis genetik.

Nah, bagi Anda yang telah mengalami gejala penyakit huntington, segerakan untuk konsultasi ke dokter syaraf agar cepat mendapat penanganan. Jangan pernah menyerah dan terus bersabar dalma menjalani proses pengobatan yang panjang. Semoga cepat pulih!

Post a comment for "Jangan Diremehkan! Ketahui Gejala Penyakit Huntington"