Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Tips Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Tahu

Inilah Tips Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Tahu - Menjaga diri tetap sehat dan fit selama kehamilan merupakan hal terbaik yang dapat ibu lakukan bagi calon bayi di dalam kandungannya. Meskipun ketika awal kehamilan ibu akan merasakan beberapa ketidaknyamanan seperti mual dan muntah, nyeri, mudah capek, dan lain sebagainya.

Meski begitu, ibu haruslah tetap aktif bergerak agar badan terasa lebih segar dan fit serta meningkatkan kondisi kesehatannya. Aktifitas gerak ini bisa dilakukan dengan cara lahraga yang akan membantu ibu dalam mengatur kenaikan berat badan dan membuatnya lebih siap untuk melahirkan. Selain itu, mencukupi kebutuhan Olahraga yang sehat untuk ibu hamil juga baik untuk memperbaiki suasana hati dan kualitas tidur sang calon ibu agar selalu bahagia dan pikiran lebih tenang.

Olahraga yang sehat untuk ibu hamil

Olahraga yang sehat untuk ibu hamil memang sangatlah penting, asal dilakukan secara tepat dan tidak berlebihan. Akan lebih baik juga jika ibu bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan tempat biasanya melakukan kontrol. Supaya memudahkan dalam melakukan olahraga, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut.

Tips Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil

Perhatikan jenis olahraga

Tips pertama dalam melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil yaitu memperhatikan jenis olahraga selama masa kehamilan. Anda bisa tetap melakukan olahraga, asal memperhatikan jenis olahraga yang akan dilakukan sesuai kondisi tubuh. Sehingga anda bisa terlebih dulu konsultasi pada dokter tentang jenis olahraga yang tepat dengan kondisi kehamilan dan kesehatan ibu. Bila diketahui aman dan sehat, beberapa olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan-jalan, aerobik ringan, yoga dan pilates.

Lamanya durasi olahraga

Durasi olahraga yang disarankan untuk dilakukan sebagai latihan ibu hamil yaitu sekitar 30 menit setiap harinya. Hindari berolahraga terlalu lama dan berlebihan, supaya ibu mendapatkan manfaat dari olahraga dan meminimalisir resiko kehamilan. Pastikan ibu agar segera menghentikan aktifitas tersebut jika mulai merasa kelelahan, lemas, atau pusing, serta gejala lain yang mengganggu kesehatan.

Kenakanlah pakaian yang nyaman

Tips selanjutnya dalam melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil yaitu memilih pakaian yang nyaman untuk dikenakan. Pakaian olahraga yang disarankan tersebut adalah berukuran longgar dan sesuai ukuran tubuh selama kehamilan. Pastikan pula pakaian olahraga yang digunakan memiliki bahan menyerap keringat, sehingga tidak akan membuat ibu kepanasan dan tidak nyaman. Dan yang terpenting, selalu gunakan celana panjang yang nyaman dengan lingkar pinggang berbahan karet elastis sehingga menyesuaikan ukuran perut yang makin membesar.

Pilih sepatu sesuai ukuran

Gunakan sepatu yang paling tepat dan pas untuk ukuran kaki Anda, demi menghindari sepatu yang terlalu sempit, dan memicu nyeri maupun bengkak. Karena hal ini akan memberikan ketidaknyamanan bagi calon ibu, serta membuat ibu kesulitan untuk beraktifitas. Hal ini bisa beresiko membuat ibu kurang aktif bergerak dan malas berolahraga. Meski terlihat sepele, tetapi tips ini tidak boleh anda lewatkan ketika tengah mempersiapkan olahraga yang akan dilakukan.

Empat tips tersebut perlu anda perhatikan sebelum memulai olahraga yang sehat untuk ibu hamil. Tips lain yang wajib Anda lakukan sebelum berolahraga yaitu seperti konsumsi air putih sebelum, saat, dan setelah berolahraga supaya terhindar dari dehidrasi. Pastikan juga Anda sudah makan setidaknya 1 jam sebelum olahraga agar tidak lemas karena kurangnya asupan. Dan yang terakhir, jangan lupa juga untuk mengonsultasikan dengan dokter kandungan sebelum memulai olahraga yang akan dilakukan. Terlebih bila Anda mempunyai beberapa riwayat kehamilan seperti perdarahan, plasenta letak rendah, riwayat melahirkan dini, dan lain lain.


Post a comment for "Inilah Tips Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Tahu"