Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Berbagai Jenis Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil

Inilah Berbagai Jenis Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil - Memelihara kebugaran saat hamil, tentunya sangat diperlukan demi menjaga janin tetap sehat dan kondisi ibu senantiasa bugar. Hanya saja tidak semua jenis olahraga disarankan untuk wanita hamil, sehingga Anda perlu memilih beberapa yang tepat. Apalagi mengingat olahraga untuk ibu hamil sangatlah dianjurkan secara teratur, supaya selama hamil dapat memperbaiki postur tubuh dan mengurangi berbagai resiko maupun keluhan.

Misalnya saja seperti keluhan adanya sakit punggung dan kelelahan karena perut yang makin membesar. Ketahuilah juga bahwa latihan fisik terbukti cukup ampuh dalam mencegah diabetes gastasional yang sering kali terjadi di masa kehamilan. Selain itu, olahraha ini juga mampu menghilangkan stres, meningkatkan lebih banyak stamina, serta kondisi tubuh yang lebih baik sebagai persiapan untuk persalinan. Beberapa jenis olahraga yang bisa ibu hamil coba seperti berikut.

olahraga yang sehat untuk ibu hamil

Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil

Latihan jongkok dan memiringkan bagian panggul

Jenis olahraga yang sehat untuk ibu hamil yang perlu Anda perhatikan yaitu jongkok dan memiringkan bagian panggul. Kedua gerakan latihan ini sebagai selingan olahraga untuk ibu hamil yang berguna untuk persiapan tubuh menjelang persalinan yang semakin dekat. Kedua jenis olahraga ini biasanya disarankan dokter untuk melakukannya secara teratur disaat Anda sedang santai.

Berjalan-jalan

Olahraga yang satu ini bisa menjadi olahraga sehat secara fisik, demi melatih jantung janin agar lebih sehat. Namun beberapa wanita mungkin akan mengalami kaki bengkak jika kebanyakan berjalan, sehingga perlu dilakukan secara bertahap. Setelah terbiasa, Anda bisa jalan-jalan sekitar 30 menit setiap hari sebagai kebiasaan yang dijadikan rutinitas.

Menari

Olahraga yang sehat untuk ibu hamil selanjutnya, yaitu aktifitas menari. Aktifitas ini merupakan bentuk latihan yang paling menyenangkan, serta memiliki efek baik bagi kesehatan mental ibu hamil. Anda tak perlu khawatir asalkan tidak menari berlebihan dan memperhatikan kondisi kandungan dan fisik ibu. Dengan begitu, kandungan akan selalu aman dan terjaga kondisinya.

Pilates

Melakukan pilates selama kehamilan akan membantu ibu hamil tetap rileks saat melahirkan, serta membantu mengurangi nyeri pada otot perut, sakit punggung dan melancarkan proses persalinan. Sebaiknya lakukan pilates dengan bimbingan instruktur yang berpengalaman dan profesional.

Yoga

Latihan olahraga yang sehat untuk ibu hamil dengan melakukan yoga, dapat mengurangi ketegangan, meningkatkan perasaan bahagia, serta melancarkan proses persalinan. Namun pastikan agar latihan supaya didampingi instruktur yoga, sehingga tahu mana gerakan yang bisa dilakukan saat hamil dan tidak.

Aerobik atau Zumba

Latihan aerobik atau zumba memang memerlukan gerakan yang aktif, namun tidak bagi ibu hamil yang ingin ikut latihan aerobik. Mereka hanya akan melakukan beberapa gerakan yang nyaman dan tidak memerlukan gerakan cepat dan terlalu aktif.

Kegel

Latihan kegel menjadi salah satu olahraga yang sehat untuk ibu hamil, guna memperkuat otot-otot di dasar panggul. Ketahuilah bahwa tubuh Anda memproduksi hormon yang disebut relaksin selama kehamilan yang berfungsi melembutkan sendi dan ligamen yang membuat proses kelahiran lebih mudah. Itulah sebabnya Anda disarankan melakukan latihan senam kegel ini selama kehamilan.

Renang

Berenang adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko kecelakaan saat hamil, namun terlebih dahulu konsultasikan kondisi kesehatan pada dokter kandungan Anda. Berenang bisa jadi pilihan tepat, lantaran tekanan di air memberikan kemudahan bagi ibu untuk bergerak tanpa merasakan kelelahan yang berarti.

Beberapa gerakan olahraga yang sehat untuk ibu hamil tersebut bisa Anda aplikasikan jika kehamilan dalam kondisi normal. Namun jika memiliki kendala tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko dalam melakukan aktifitas olahraga bagi ibu hamil.


Post a comment for "Inilah Berbagai Jenis Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil"