Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Manfaat Olahraga Agar Tetap Sehat Saat Puasa

Inilah 5 Manfaat Olahraga Agar Tetap Sehat Saat Puasa. Dengan mengetahui manfaat olahraga saat puasa tentunya akan lebih enjoy menjalani puasa. Saat berpuasa tubuh merasa lemas, lemah, dan lesu, sehingga menjadi malas untuk melakukan aktifitas, seperti berolahraga. Aktifitas olahraga dianggap melelahkan dan menguras energi sering dihindari ketika sedang berpuasa. Padahal, olahraga saat puasa akan melatih otot untuk tetap bekerja dengan baik dan tubuh pun lebih bugar.

 

Puasa bukanlah dijadikan alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga sebab kalau tubuh berdiam diri tanpa ada gerakan fisik akan berdampak negatif, yaitu menurunnya kekuatan dan kebugaran tubuh. Untuk itu, tetap melakukan olahraga akan berdampak positif terhadap tubuh dengan tetap merasa sehat.


olahraga sehat saat puasa  


Berolahraga saat puasa tentu intensitas dan waktunya harus diperhatikan agar manfaat olahraga dirasakan oleh tubuh. Bukan malah membuat tubuh menjadi drop. Waktu yang tepat ketika lakukan olahraga sehat saat puasa adalah setelah sahur dan sebelum berbuka. Dengan konsisten melakukan olahraga tentu akan membawa manfaat bagi kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

 

Manfaat olahraga agar tetap sehat saat puasa


Imun tubuh tetap terjaga kekebalannya


Adanya perubahan aktifitas harian selama puasa, seperti makan, minum, dan tidur berpengaruh terhadap sistem imun. Dalam sebuah penelitian melaporkan bahwa konsentrasi immunoglobulin G dan immunoglobulin A sebagai penyusun sistem imun selama bulan puasa mengalami penurunan. Akan tetapi, kadarnya tetap dalam kisaran normal.

 

Sistem imun tidak menurun drastis, namun kebiasan buruk selama berpuasa tentu bisa menyebabkan mudah sakit. Dengan tetap melakukan olahraga sehat saat puasa dapat meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh menjadi kuat untuk melawan virus dan bakteri penyebab infeksi.

 

Lemak akan lebih banyak yang terbakar


Puasa bisa menyebabkan kenaikan berat badan jika selama puasa tidak dapat mengontrol pola makan. Membiasakan berolahraga saat puasa akan membantu membakar lemak lebih banyak karena saat berpuasa simpanan karbohidrat bernama glikogen akan habis dikonversi menjadi energi. Hal itu disebabkan oleh cadangan karbohidrat tubuh habis sehingga tubuh akan lebih banyak membakar lemak.Tubuh yang bergerak melakukan olahraga akan memperlancar metabolisme tubuh bekerja secara maksimal.

 

Sensitivitas insulin meningkat


Melakukan olahraga sehat saat puasa secara rutin dapat meningkatkan kinerja hormon meningkat. Salah satunya adalah hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Pada saat puasa rutin konsumsi makanan manis tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh, sehingga hormon insulin sangat membantu dalam mengelola penggunaan glukosa dalam tubuh yang diubah menjadi energi. Olahraga secara konsisten selama puasa juga memicu produksi hormon pertumbuhan yang berperan membentuk jaringan otot, membakar lemak, dan meningkatkan kepadatan tulang.

 

Stres/depresi berkurang secara efektif


Dengan menahan rasa lapar, haus, dan memikirkan hal lain bisa menimbulkan stres atau depresi yang berpengaruh bagi kesehatan saat berpuasa. Untuk itu, melakukan aktifitas olahraga akan menjadi sibuk dan lupa waktu sehingga puasa menjadi tidak terasa. Puasa yang disertai dengan olahraga juga merangsang produksi hormon endorfin sebagai hormon yang dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagia sehingga mengurangi stres atau depresi.

 

Meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi


Tubuh merasa lelah dan mengantuk pada waktu siang hari saat berpuasa menyebabkan  terganggunya konsentrasi ketika bekerja dan belajar. Melakukan  gerakan olahraga sehat saat puasa membantu untuk mengatasi konsentrasi yang terganggu sebab komunikasi hippocampus dan daerah otak kortikal menjadi meningkat. Dengan demikian hasil konsentrasi dan daya ingat akan jadi terasah.

Dengan mengetahui manfaat olahraga agar tetap sehat saat puasa, maka tidak ada alasan untuk bermalas-malasan selama menjalankan ibadah puasa. Olahraga yang dilakukan saat puasa pun harus yang ringan dan tidak membebani tubuh supaya terhindar dari dehidrasi.

 


Post a comment for "Inilah 5 Manfaat Olahraga Agar Tetap Sehat Saat Puasa"