Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asam Urat

Ini Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asam Urat - Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat. Sayangnya, sering kali masih banyak orang yang keliru mengidentifikasi penyakit asam urat dengan rematik. Padahal asam urat dan rematik adalah dua penyakit yang berbeda, yang tentunya juga memerlukan penanganan yang berbeda. Rematik sendiri merupakan istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Apa Itu Penyakit Asam Urat?

Asam urat atau dalam bahasa medis disebut juga gout merupakan suatu kondisi medis yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, peradangan, serta adanya rasa panas di area persendian yang dikarenakan adanya peningkatan kadar  asam urat dalam tubuh. Sendi yang paling sering dikeluhkan terserang asam urat adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Meskipun, pada dasarnya semua sendi di tubuh memiliki risiko yang sama. Biasanya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki- laki, terutama yang berusia di atas 30 tahun.

asam urat

Pada umumnya, penyakit asam urat ini muncul pada wanita yang telah menopause. Rasa sakit yang dikeluhkan penderita asam urat juga dapat berlangsung selama jangka waktu 3-10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat meski hanya dalam hitungan beberapa jam sja. Gout yang kronis (jangka panjang) pada akhirnya dapat menurunkan fungsi ginjal hingga membentuk batu ginjal.

Faktor Risiko Penyakit Asam Urat

Beberapa faktor yang dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam darah seseorang misalnya adalah memiliki anggota keluarga dengan riwayat medis  mengidap asam urat. Bisa juga karena mengalami cedera atau setelah pembedahan. Lalu gemar mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis seafood (misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna), ternyata menjadi faktor penyebabnya.

Selain itu, gaya hidup tidak sehat dengan mengkonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula juga turut menjadi penyebab asam urat. Kemudian, penggunaan obat-obatan jenis tertentu yang dapat memicu asam urat. Memiliki gangguan kesehatan yang meningkatkan peluang risiko terkena asam urat, misalnya diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Sebenarnya, belum ada obat yang bisa membuat seseorang terbebas dari penyakit ini selamanya. Meski demikian, obat tertentu dapat mengendalikan dan meringankan gejala yang muncul. Nah, untuk meringankan gejala asam urat ini, anda dapat menempelkan kantong atau kain berisi es pada bagian sendi yang terasa sakit. Anda juga bisa mengkonsumsi obat pereda sakit dan obat-obatan golongan steroid yang telah diresepkan oleh dokter.

Pencegahan Penyakit Asam Urat

Pencegahan terharap penyakit asam urat ini, bisa dilakukan dengan menghindari makanan memiliki zat purin tinggi. Perbanyak juga minum air putih. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan kopi. Dalam keseharian hendaknya konsumsi buah yang memiliki antioksidan tinggi serta melakukan olah raga secara teratur secara konsisten.

Pengobatan Asam Urat Dengan Bahan Alami

Berikut merupakan berapa pilihan obat alami untuk mengobati asam urat,  antara lain dengan rutin kosumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C, seperti jambu, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, semangka, bayam, kembang kol, brokoli, kentang, tomat, dan paprika. Bisa juga dengan jahe. Karena memiliki kandungan antiradang, bertujuan untuk meringankan rasa nyeri yang diakibatkan oleh pembengkakan akibat asam urat. Lalu ada kunyit, yang memiliki kandungan curcumin sebagai antiradang, yang dapat mengatasi nyeri sendi akibat asam urat.

Namun tentu saja jika anda memiliki beberapa gejala asam urat seperti yang disebutkan di atas dan  berlangsung selama lebih dari beberapa minggu atau menjadi semakin parah, segera kunjungi dokter. Penanganan yang cepat dan tepat akan menghindarkan anda dari berbagai komplikasi berbahaya. Semoga bermanfaat.

Post a comment for "Ini Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asam Urat"

Berlangganan via Email