Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ini 5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang dapat anda terapkan sehari-hari bersama keluarga di rumah. Seperti yang kita ketahui bersaa, kesehatan gigi dan mulut memang harus dijaga dengan baik. Karena gigi dan gusi yang tidak terawat dapat menyebabkan gigi berlubang, gusi bengkak, sariawan, bahkan dapat menimbulkan berbagai kompilkasi penyakit yang membahayakan. 

Bagaimana Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Mudah?

Selama ini sebagian besar orang beranggapan bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut memerlukan biaya yang besar. Padahal, merawat kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana tanpa biaya perawatan yang mahal. Anda hanya perlu konsisten melakukan 5 tips mudah merawat kesehatan gigi dan mulut berikut ini.

menjaga kesehatan gigi dan mulut
menjaga kesehatan gigi dan mulut

 Menyikat gigi dengan teratur

Sikat gigi secara teratur 2-3 kali sehari sudah cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda. Jangan terlalu sering sikat gigi karena hanya akan merusak email gigi dan membahayakan gusi. Selain itu, anda juga tidak perlu menggosok gigi terlalu kencang maupun terlalu cepat. Beri waktu setidaknya 30 detik untuk menyikat tiap sisi deretan gigi samping kanan, samping kiri, juga bagian depan.

 

 Gunakan benang gigi dan obat kumur

    Setelah menyikat gigi anda dapat membersihkan sela gigi dengan benang gigi (dental flossing) dan obat kumur (mouthwash). Benang gigi dapat digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menyebabkan gigi anda berlubang. Sedangkan untuk obat kumur, anda bisa menggunakan yang mengandung ekstrak teh hijau, daun mint, siwak, dan daun thyme. Kandungan tesebut diketahui lebih efektif menghambat pertumbuhan kuman di dalam mulut. Tak hanya itu, penggunaan obat kumur juga membuat napas anda lebih segar selama kurang lebih 12 jam.

 

Terapkan gaya hidup sehat

    Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan, tidak merokok dan minum minuman beralkohol. Biasakanlah memakan makanan yang segar dan tinggi serat, seperti, sayuran dan buah. Kurangi makanan dan minuman asam, juga makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi seperti minuman soda, yoghurt, dan jeruk asam. Semua jenis makanan dan minuman ini dapat mengikis sebagian email dan dapat meningkatkan risiko gigi berlubang dan abses gigi.

 

Kebiasaan merokok dan minum alkohol sendiri dapat merusak sel-sel di gusi, mengganggu aliran darah ke gusi, serta memengaruhi tulang dan jaringan lunak di sekitar gigi. Selain itu, merokok dan alkohol juga membuat napas jadi tidak sedap, meningkatkan pembentukan plak, leukoplakia, hingga risiko kanker mulut. Sebaiknya perbanyak minum air putih yang juga berguna membersihkan sisa makanan yang asam dan lengket dari mulut.

 

Menggunakan pasta gigi berflourida

Fluorida adalah unsur alami yang juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi. Sel-sel yang bertugas untuk membangun struktur gigi memanfaatkan unsur ini untuk menguatkan enamel gigi. Fluorida bekerja dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan kerusakan, serta menyediakan perlindungan alami untuk gigi Anda. Oleh karena itu, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

 

Rutin memeriksa gigi

Melakukan pemeriksaan gigi secara rutin memungkinkan pendeteksian masalah gigi dan gusi dalam tahap awal yang memungkinkan dokter melakukan perawatan pada gigi seperti menambal lubang yang masih kecil sebelum gigi pasien mengalami kerusakan yang lebih parah. Penanganan dini justru akan menghemat biaya pengobatan dibandingkan pada saat kondisi gigi sudah parah.

 

Nah, itu tadi 5 tips mudah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang dapat anda terapkan. Cukup mudah bukan? Namun jika saat ini Anda sedang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut, segera konsultasikan ke dokter gigi untuk menjalani pemeriksaan dan mendapatkan penanganan yang tepat. Ayo menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik.

 

 

Post a comment for "Ini 5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut"